Pengaruh Sudut Baca dan Kelas Kaya Teks terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Studi Kuasi-Eksperimen
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1934Keywords:
Kelas kaya teks, Kemampuan membaca, Sudut bacaAbstract
Implementasi sudut baca dan kelas kaya teks masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukan dengan sudut baca yang tidak terawat dan kelas minim karya siswa, terutama pada bagian teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sudut baca dan kelas kaya teks terhadap kemampuan membaca siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut baca dan kelas kaya teks memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca siswa, dengan peningkatan rata-rata N-Gain sebesar 49,93% pada kelompok eksperimen dibandingkan 19,86% pada kelompok kontrol. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sudut baca dan kelas kaya teks secara konsisten untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Sudut baca dan kelas kaya teks hanya bisa berjalan apabila guru rajin dan kreatif. Kerajinan dan keuletan gurulah yang menjadi salah satu faktor pendukung terbesar terhadap kemampuan membaca siswa di sekolah dasar.
Downloads
References
Anugrah, W., D., Saufa, A., F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859
Arianti, R., Ningsih, A., R., Nofrita, M., Nuratika, Minallah, F., & Wulandari, D. (2023). Pengembangan Literasi melalui Pojok Baca di SD Negeri 004 Rambah Samo Desa Langkitin Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 4(1), 283–289. https://e-jurnal.rokania.ac.id/index.php/jmnr/article/view/214/141
Aryani, W., D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682
Dewi, F., F., E., F., & Amalia, N. (2023). Pembudayaan Literasi Membaca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDIT Baiturrahman Sepat. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1624–1634. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7169
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.
Fatonah, N., Syaodih, E., & Hanfyah, L. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah, xx(x), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/j pi.v6i1
Indriani, A., P., Hermadianti, A., Oktobriani, B., T., Lestari, D., A., P., & Jannah, Z. (2022). Pembentukan Pojok Baca sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589
Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R., E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–709. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813
Mansyur, U., Rusdiah, Hidayat, T., & Annisa, A. (2024). Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(3), 2630–2638. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3300
Nurfani, Mardati, A., & Anggraeni, Y., M. (2022). Analisis Literasi terhadap Minat Baca pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1067–1072.
Rianti, P. (2024). Pengaruh Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN Baru 07 Pagi Jakarta Timur. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Daerah, 14(1), 1–6. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/9056/5048
Rumakway, S., M., Soumokil, A., & Hatala, R. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9286–9294.
Sagita, N., P., Passiri, H., Y., & Avicenna, A. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Membaca dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 68–81. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.329
Salsabila, S. (2023). Analisis Peran Pojok Baca terhadap Literasi Siswa di SDN 238 Palembang. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.17509/jppd.v10i1.57067
Sinaga, E., S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Erna Wilis, Ramdhan Witarsa, Nurmalina Nurmalina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).