Pengaruh Sudut Baca dan Kelas Kaya Teks terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Studi Kuasi-Eksperimen

Authors

  • Erna Wilis Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Nurmalina Nurmalina Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1934

Keywords:

Kelas kaya teks, Kemampuan membaca, Sudut baca

Abstract

Implementasi sudut baca dan kelas kaya teks masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukan dengan sudut baca yang tidak terawat dan kelas minim karya siswa, terutama pada bagian teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sudut baca dan kelas kaya teks terhadap kemampuan membaca siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudut baca dan kelas kaya teks memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca siswa, dengan peningkatan rata-rata N-Gain sebesar 49,93% pada kelompok eksperimen dibandingkan 19,86% pada kelompok kontrol. Penelitian ini merekomendasikan penerapan sudut baca dan kelas kaya teks secara konsisten untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Sudut baca dan kelas kaya teks hanya bisa berjalan apabila guru rajin dan kreatif. Kerajinan dan keuletan gurulah yang menjadi salah satu faktor pendukung terbesar terhadap kemampuan membaca siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, W., D., Saufa, A., F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93–98. https://doi.org/10.31849/pb.v9i2.8859

Arianti, R., Ningsih, A., R., Nofrita, M., Nuratika, Minallah, F., & Wulandari, D. (2023). Pengembangan Literasi melalui Pojok Baca di SD Negeri 004 Rambah Samo Desa Langkitin Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 4(1), 283–289. https://e-jurnal.rokania.ac.id/index.php/jmnr/article/view/214/141

Aryani, W., D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71–82. https://doi.org/10.30599/jemari.v5i2.2682

Dewi, F., F., E., F., & Amalia, N. (2023). Pembudayaan Literasi Membaca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDIT Baiturrahman Sepat. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1624–1634. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7169

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69.

Fatonah, N., Syaodih, E., & Hanfyah, L. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah, xx(x), 14–27. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/j pi.v6i1

Indriani, A., P., Hermadianti, A., Oktobriani, B., T., Lestari, D., A., P., & Jannah, Z. (2022). Pembentukan Pojok Baca sebagai Upaya Pengaplikasian Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 6 Nagri Kaler. Jurnal Abmas, 22(1), 37–43. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i1.47589

Khasanah, U., Miyono, N., Utami, R., E., & Rachmawati, Y. (2023). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 703–709. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4813

Mansyur, U., Rusdiah, Hidayat, T., & Annisa, A. (2024). Penggunaan Pojok Baca dalam Mengoptimalkan Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(3), 2630–2638. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3300

Nurfani, Mardati, A., & Anggraeni, Y., M. (2022). Analisis Literasi terhadap Minat Baca pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah Pendowoharjo. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 1067–1072.

Rianti, P. (2024). Pengaruh Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SDN Baru 07 Pagi Jakarta Timur. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Daerah, 14(1), 1–6. https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/9056/5048

Rumakway, S., M., Soumokil, A., & Hatala, R. (2022). Peranan Pojok Baca dalam Meningkatkan Literasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Seram Bagian Timur, Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9286–9294.

Sagita, N., P., Passiri, H., Y., & Avicenna, A. (2024). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Membaca dalam Bentuk Pojok Baca Siswa di Sekolah Dasar Kelas IV UPT SDN 12 Arungkeke Kabupaten Jeneponto. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 68–81. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i1.329

Salsabila, S. (2023). Analisis Peran Pojok Baca terhadap Literasi Siswa di SDN 238 Palembang. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.17509/jppd.v10i1.57067

Sinaga, E., S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Wilis, E., Witarsa, R., & Nurmalina, N. (2024). Pengaruh Sudut Baca dan Kelas Kaya Teks terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Studi Kuasi-Eksperimen. Journal of Education Research, 5(4), 6184–6190. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1934

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>