Penerapan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kemampuan Menulis RPP dan Kedisiplinan Guru pada Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Siti Aisah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Masrul Masrul Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.225

Abstract

Kemampuan kepala sekolah dalam memimpin guru menjadi latar belakang penelitian. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran manajemen kepala sekolah terhadap kemampuan menulis rencana pembelajaran dan kedisiplinan guru pada jenjang pendidikan dasar. Metode penelitian yang diadopsi metode penelitian kombinasi yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sumber data terdiri dari lima orang guru laki-laki dan enam orang guru perempuan. Teknik pengumpulan data dengan instrumen lembar penilaian RPP dan kedisplinan guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan kepala sekolah dalam manajemen memberikan makna terhadap kemampuan guru menulis rencana pembelajaran dan kedisiplinan guru. Kemampuan guru menulis rencana pembelajaran menunjukan nilai 82 dengan kategori baik, sementara kedisiplinan guru menunjukan nilai tujuh puluh lima dengan kategori cukup. Kemampuan manajemen kepala sekolah harus terus dipertahankan dan harus ditingkatkan agar kemampuan guru dan kedisiplinan guru dapat bermakna. Peneliti berikutnya dapat melanjutkan penelitian terhadap kemampuan guru lainnya yang berkaitan dengan manajemen kepala sekolah yang lebih spesifik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bejo. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(3), 440–445.

Bera, L. (2023). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Katolik Maumere 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2384–2390. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5570

Dewi, R. (2020). Kinerja Guru dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran pada MIN Mesjidraya Baiturrahman Banda Aceh. Journal Informatic, Education and Management, 2(1), 11–21.

Fahlevi, R., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Pengaruh Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 7 Insit. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 153–160.

Helma, C. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 melalui Pendampingan. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 37–55.

Jaliah, Fitria, H., & Martha, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 146–153. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.14

Karyawati, T., Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Kepala Sekolah terhadap Budaya Siswa Suku Akit di Sekolah Dasar Negeri. Journal of Education Research, 4(1), 134–141.

Kurnia, H., & Akmalia, R. (2021). Problematika Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 di SMP Binajaya, Bantul. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(2), 288–300. https://doi.org/https://doi.org/10.21210/xxx

Mukaddamah, I. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(9), 3677–3690.

Rozalina, Fitria, H., & Rohana. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banyuasin III. Journal of Education Research, 1(2), 165–176. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.17

Samili, A., O., Saibi, N., Ibrahim, F., Adjam, S., & Hasim, J. (2022). Peran Kepala Sekolah terhadap Kedisiplinan Guru di SMK Negeri 3 Halmahera Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 501–515. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6972507

Sirmanto, Rohiat, & Aliman. (2017). Pembinaan Disiplin Guru untuk Memperbaiki Pembelajaran. Jurnal Manajer Pendidikan, 11(5), 485–488. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/viewFile/3391/1787

Sudin, A. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMP Negeri 3 Sano Nggoang. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 552–561.

Syafrizal, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Pengaruh Supervisi Koordinator Wilayah Kecamatan terhadap Mutu Kepala Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 210–217.

Warmidianti, Asrori, A., & Imamah, Y., H. (2023). Fungsi Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(02), 511–520.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Yanti, E. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Akademik di SD Negeri Babakan Turi. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 61–68. http://www.i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/1065%0Ahttp://www.i-rpp.com/index.php/dinamika/article/viewFile/1065/371371561

Yuswanto, A., Zamroni, A., & Asy’ari, H. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengawasan Kinerja Guru dan Proses Pembelajaran. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(2), 87–95.

Zahro, S., U., Safitri, D., N., N., & Setiawan, E. (2022). Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum. Journal of Education Research, 3(1), 22–27.

Zulaikah, S. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Negeri 40 Purworejo. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(2), 193–218. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i2.253

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Aisah, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Penerapan Manajemen Kepala Sekolah terhadap Kemampuan Menulis RPP dan Kedisiplinan Guru pada Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 930–936. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.225

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>