Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Tiga Capaian Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.842Keywords:
Aspek Sikap, Keterampilan, Pengetahuan, Realistic Mathematics Education,, RMEAbstract
Realistic Mathematics Education sangat penting untuk dilakukan pada tingkat pendidikan dasar, karena perkembangan siswa pada usia pendidikan dasar masih berpikir operasional nyata. Tujuan riset ini adalah mengukur tingkat signifikansi berpengaruh atau tidaknya Realistic Mathematics Education terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sekolah dasar. Metode riset kuasi eksperimen diadopsi pada riset ini. Populasi riset berjumlah dua ratus siswa. Sampel kelas eksperimen terdiri atas dua puluh siswa sekolah dasar kelas empat, dan sampel kelas kontrol juga terdiri atas dua puluh siswa. Hasil riset menunjukan bahwa berdapat pengaruh signifikan implementasi Realistic Mathematics Education terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sekolah dasar. Realistic Mathematics Education harus lebih sering diterapkan di sekolah dasar tersebut. Hal ini bisa juga meningkatkan literasi numerik siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Ardina, F., N., Fajriyah, K., & Budiman, M., A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902
Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32
Dewi, N., P., A., R. (2020). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 212–220. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/26811
Gaja, A., B., Lumbantobing, M., T., & Siriat, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Methematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VI SD Negeri 122332 Jl. Jend Sudirman Pematang Siantar. Journal on Education, 06(01), 1860–1872.
Hartiningsih, S., D., S., Abda’u, M., J., Sutriyani, W., & Budi, E., S. (2022). Peran Model RME Berbantuan Media LINCAH terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 1 Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 511–523. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3543
Hidayanthi, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10667–10672.
Khairani, N., & Mariani. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Inspiratif, 8(1), 23–35.
Mulyati, A. (2022). Studi Literatur Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(2), 1–8. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/index
Ningsih, T., & Qur’a, U. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Cijanjantung 01 Jakarta Timur. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 6(2), 425–433. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.6854
Nur’aini, E., S., Irawati, R., & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 691–700.
Nurrohmah, S., & Mardiyana, I., I. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD SDN Tanjungbumi 3. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2379
Pratiwi, R., J., Djumhana, N., & Fitriani, A., D. (2019). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(I), 195–204.
Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2018). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735
Rodiat, Y., Handayani, H., & Nurdiansyah, N. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 1(3), 57–65.
Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., & Halimah, N. (2019). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 1, 577–584. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/83
Saniati, & Witarsa, R. (2023). Analisis Pembelajaran Planet pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 283–289.
Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233.
Setyarianti, A., M., & Budiyono. (2023). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika Geometri Peserta Didik Kelas II SD. JPGSD, 11(08), 1647–1656.
Syamsi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 3 Tapa Bone Bolango. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, XI, 174–181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Fitri Fitri, Ramdhan Witarsa, Molli Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).