Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Tiga Capaian Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Fitri Fitri Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Molli Wahyuni Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.842

Keywords:

Aspek Sikap, Keterampilan, Pengetahuan, Realistic Mathematics Education,, RME

Abstract

Realistic Mathematics Education sangat penting untuk dilakukan pada tingkat pendidikan dasar, karena perkembangan siswa pada usia pendidikan dasar masih berpikir operasional nyata.  Tujuan riset ini adalah mengukur tingkat signifikansi berpengaruh atau tidaknya Realistic Mathematics Education terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sekolah dasar.  Metode riset kuasi eksperimen diadopsi pada riset ini. Populasi riset berjumlah 200 siswa. Sampel kelas eksperimen terdiri atas 20 siswa sekolah dasar kelas 4, dan sampel kelas kontrol juga terdiri atas 20 siswa. Hasil riset menunjukan bahwa berdapat pengaruh signifikan implementasi Realistic Mathematics Education terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa sekolah dasar. Realistic Mathematics Education harus lebih sering diterapkan di sekolah dasar tersebut. Hal ini bisa juga meningkatkan literasi numerik siswa sekolah dasar.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardina, F., N., Fajriyah, K., & Budiman, M., A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Dewi, N., P., A., R. (2020). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 212–220. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/26811

Gaja, A., B., Lumbantobing, M., T., & Siriat, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Methematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas VI SD Negeri 122332 Jl. Jend Sudirman Pematang Siantar. Journal on Education, 06(01), 1860–1872.

Hartiningsih, S., D., S., Abda’u, M., J., Sutriyani, W., & Budi, E., S. (2022). Peran Model RME Berbantuan Media LINCAH terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III SDN 1 Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(2), 511–523. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3543

Hidayanthi, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10667–10672.

Khairani, N., & Mariani. (2022). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Media Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Inspiratif, 8(1), 23–35.

Mulyati, A. (2022). Studi Literatur Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 4(2), 1–8. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/index

Ningsih, T., & Qur’a, U. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Cijanjantung 01 Jakarta Timur. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 6(2), 425–433. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.6854

Nur’aini, E., S., Irawati, R., & Julia. (2016). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Menyederhanakan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 691–700.

Nurrohmah, S., & Mardiyana, I., I. (2023). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V UPTD SDN Tanjungbumi 3. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(4), 225–233. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2379

Pratiwi, R., J., Djumhana, N., & Fitriani, A., D. (2019). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(I), 195–204.

Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2018). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3735

Rodiat, Y., Handayani, H., & Nurdiansyah, N. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 1(3), 57–65.

Rodiyana, R., Cahyaningsih, U., & Halimah, N. (2019). Pentingnya Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 1, 577–584. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/83

Saniati, & Witarsa, R. (2023). Analisis Pembelajaran Planet pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 283–289.

Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233.

Setyarianti, A., M., & Budiyono. (2023). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Pemahaman Konsep Matematika Geometri Peserta Didik Kelas II SD. JPGSD, 11(08), 1647–1656.

Syamsi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 3 Tapa Bone Bolango. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, XI, 174–181.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Fitri, F., Witarsa, R., & Wahyuni, M. (2024). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Tiga Capaian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(1), 445–449. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.842

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>