Kedisiplinan Guru Jenjang Pendidikan Dasar dalam Mengimplementasikan Peraturan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.467Keywords:
kedisiplinan guru, pendidikan dasar, peraturan sekolahAbstract
Guru-guru pada jenjang pendidikan dasar masih terdapat guru yang memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah dalam mentaati peraturan sekolah. Riset ini bertujuan mendeskripsikan kedisiplinan guru dalam menjalankan peraturan sekolah pada jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan metode kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Subjek riset berjumlah sembilan orang guru sekolah dasar, dengan komposisi delapan guru berstatus aparatur sipil Negera dan satu guru berstatus non aparatur sipil Negara. Hasil riset menunjukan kedisiplinan guru dalam menjalankan peraturan sekolah pada jenjang pendidikan dasar berada pada kategori sedang. Guru-guru SD harus lebih distimulus dan dimotivasi agar dapat meningkatkan kedisiplinannya untuk mentaati peraturan sekolah melalui pemberian reward dan punishment. Kendala-kendala yang dihadapi guru saat perjalanan menuju sekolah harus bisa diatasi bersama kepala sekolah, guru, dan orang tua yang ada di komite. Riset berikutnya bisa dianalisis tentang efektivitas pemberian reward dan punishment yang dilakukan sekolah, apakah pemberian penghargaan dan hukuman efektif dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah dasar.
Downloads
References
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.
Ayu, P., D., & Wibowo, B., K. (2022). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 29–40. https://doi.org/http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php
Bariroh, S. (2015). Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, III(2), 33–51. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.898
Girsang, E. (2021). Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Kinerja Guru pada SD Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162–169. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122
Ibrahim, R., Salim, A., Wismanto, & Abunawas. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082–1088.
Jumriah, Akib, H., & Darwis, M. (2016). Disiplin Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Jurnal Office, 2(1), 155–162.
Kusumaningtyas, F. (2018). Kedisiplinan Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(7), 1519–1526.
Nensi, Hastati, S., & Fitri, R. (2023). Analisis Strategi Guru dalam Menanakan Karakter Disiplin pada Siswa Kelas Rendah di UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar. Alena: Journal of Elementary Education, 1(2), 155–163.
Nurhani, Y., D., Sugiaryo, & Supeni, S. (2023). Strategi Guru Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin melalui Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Global Citizen, XII(1), 98–111. https://doi.org/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/
Putra, R., A., W., Suyahman, & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 1(1), 106–127. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361
Rahmat, Y. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPN 23 Pekanbaru. Jurnal Eko Dan Bisnis, 10(2), 236–243.
Ramadhani, A. (2023). Dampak Kehadiran Guru di Kelas terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Proses Pembelajaran di UPT SDN Laiyolo No . 52 Kepulauan Selayar. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(2), 162–175. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.448
Rasyid, S., R., Mahfud, H., & Matsuri. (2022). Analisis Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Selama Pandemi pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 45–50. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/63073
Rosdiana. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Melaksanakan Tugas melalui Penerapan Reward di SD Negeri 050745 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 15(1), 95–110. https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10409
Sari, M., K., M., Bohari, & Kusnoto, Y. (2020). Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. MASA: Journal of History, 2(1), 29–39. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/masa/article/download/2044/1312
Suciyana. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Penerapan Reward and Punishment SDN Sarang Tiung Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 279–290. https://doi.org/http://doi.org/10.33659/cip.v10i2.241
Sukaesih. (2019). Kedisiplinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 77–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2950
Syafrizal. (2023). Penegakan Disiplin Guru PIAUD dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Tarbiyatul Aulad: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 9(01), 125–144. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/5784
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Yusup, M., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Kedisiplinan Waktu Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 937–943.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Fatmawati Fatmawati, Ramdhan Witarsa, Masrul Masrul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).