Kedisiplinan Guru Jenjang Pendidikan Dasar dalam Mengimplementasikan Peraturan Sekolah

Authors

  • Fatmawati Fatmawati Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Masrul Masrul Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.467

Keywords:

kedisiplinan guru, pendidikan dasar, peraturan sekolah

Abstract

Guru-guru pada jenjang pendidikan dasar masih terdapat guru yang memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah dalam mentaati peraturan sekolah. Riset ini bertujuan mendeskripsikan kedisiplinan guru dalam menjalankan peraturan sekolah pada jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan metode kombinasi kuantitatif dan kualitatif. Subjek riset berjumlah sembilan orang guru sekolah dasar, dengan komposisi delapan guru berstatus aparatur sipil Negera dan satu guru berstatus non aparatur sipil Negara. Hasil riset menunjukan kedisiplinan guru dalam menjalankan peraturan sekolah pada jenjang pendidikan dasar berada pada kategori sedang. Guru-guru SD harus lebih distimulus dan dimotivasi agar dapat meningkatkan kedisiplinannya untuk mentaati peraturan sekolah melalui pemberian reward dan punishment. Kendala-kendala yang dihadapi guru saat perjalanan menuju sekolah harus bisa diatasi bersama kepala sekolah, guru, dan orang tua yang ada di komite. Riset berikutnya bisa dianalisis tentang efektivitas pemberian reward dan punishment yang dilakukan sekolah, apakah pemberian penghargaan dan hukuman efektif dalam meningkatkan kedisiplinan guru di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 221–229.

Ayu, P., D., & Wibowo, B., K. (2022). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 29–40. https://doi.org/http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php

Bariroh, S. (2015). Analisis Pengaruh Kedisiplinan Kerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMA Negeri 1 Bumiayu Kabupaten Brebes. Jurnal Kependidikan, III(2), 33–51. https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.898

Girsang, E. (2021). Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Kinerja Guru pada SD Negero 007 Teluk Sebong Kecamatan Teluk Sebong. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(2), 162–169. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v4i2.43122

Ibrahim, R., Salim, A., Wismanto, & Abunawas. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082–1088.

Jumriah, Akib, H., & Darwis, M. (2016). Disiplin Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Barru. Jurnal Office, 2(1), 155–162.

Kusumaningtyas, F. (2018). Kedisiplinan Guru dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 16(7), 1519–1526.

Nensi, Hastati, S., & Fitri, R. (2023). Analisis Strategi Guru dalam Menanakan Karakter Disiplin pada Siswa Kelas Rendah di UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar. Alena: Journal of Elementary Education, 1(2), 155–163.

Nurhani, Y., D., Sugiaryo, & Supeni, S. (2023). Strategi Guru Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin melalui Tata Tertib Sekolah pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri 18 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Global Citizen, XII(1), 98–111. https://doi.org/http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/

Putra, R., A., W., Suyahman, & Sutrisno, T. (2019). Peranan Tata Tertib Sekolah dalam Membentuk Perilaku Kedisiplinan Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendangsari Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 1(1), 106–127. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i1.361

Rahmat, Y. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SMPN 23 Pekanbaru. Jurnal Eko Dan Bisnis, 10(2), 236–243.

Ramadhani, A. (2023). Dampak Kehadiran Guru di Kelas terhadap Kedisiplinan Siswa dalam Proses Pembelajaran di UPT SDN Laiyolo No . 52 Kepulauan Selayar. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(2), 162–175. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i2.448

Rasyid, S., R., Mahfud, H., & Matsuri. (2022). Analisis Kedisiplinan Belajar Peserta Didik Selama Pandemi pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 45–50. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/63073

Rosdiana. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Guru dalam Melaksanakan Tugas melalui Penerapan Reward di SD Negeri 050745 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 15(1), 95–110. https://doi.org/10.24114/jt.v15i1.10409

Sari, M., K., M., Bohari, & Kusnoto, Y. (2020). Analisis Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X di SMA Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. MASA: Journal of History, 2(1), 29–39. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/masa/article/download/2044/1312

Suciyana. (2022). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas melalui Penerapan Reward and Punishment SDN Sarang Tiung Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 279–290. https://doi.org/http://doi.org/10.33659/cip.v10i2.241

Sukaesih. (2019). Kedisiplinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 77–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2950

Syafrizal. (2023). Penegakan Disiplin Guru PIAUD dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Tarbiyatul Aulad: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 9(01), 125–144. https://ojs.serambimekkah.ac.id/AULAD/article/view/5784

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Yusup, M., Witarsa, R., & Masrul. (2023). Kedisiplinan Waktu Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(3), 937–943.

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Fatmawati, F., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Kedisiplinan Guru Jenjang Pendidikan Dasar dalam Mengimplementasikan Peraturan Sekolah . Journal of Education Research, 4(4), 2058–2063. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.467

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>