Peningkatan Keterampilan Psikomotorik melalui PBL di SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.163Abstract
Rendahnya keterampilan psikomotorik siswa pada pembelajaran sains menjadi latar belakang riset. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan psikomotorik siswa kelas IV melalui problem based learning PBL menjadi tujuan penelitian. Metode riset tindakan kelas diadopsi pada pelaksanaan riset ini. Riset dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek riset siswa kelas IV sebanyak enam belas orang. Dokumentasi, observasi, dan tes dilakukan untuk mengumpulkan data. Model PBL meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa kelas IV sekolah dasar. Guru sebaiknya menerapkan model problem based learning secara konsisten dalam meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa. Guru hendaknya dapat membiasakan siswa untuk terbiasa dalam kegiatan yang lebih aktif.
Downloads
References
Asriningtyas, A., N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Astono, W., D., D., & Wibawa, S., C. (2019). Pengembangan Media 3D pada Pembelajaran Crimping Kabel UTP Menggunakan Platform Android untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMK Negeri 1 Kemlagi. Jurnal IT-Edu, 04(01), 112–120. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/29163/26706
Cahyono, E., Susetyarini, E., & Nurrohman, E. (2021). Hubungan Kesiapan Orang Tua dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2453
Furi, L., M., I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Mengingkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654
Isnaini, A., I., & Utami, L. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 24–30. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.9054
Kurniawan, R., Lestari, F., Batubara, A., S., Nazri, M., Z., A., Rajab, K., & Munir, R. (2021). Indonesian Lexicon-Based Sentiment Analysis of Online Religious Lectures Review. International Congress of Advanced Technology and Engineering (ICOTEN), 1–5. https://doi.org/10.1109/ICOTEN52080.2021.9493530
Kusumastuti, Y., D. (2020). Peningkatan Psikomotorik Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Sampok Gunungwungkal Pati Semester 1 Materi Membuat Rangkaian Listrik Sederhana dengan Model Project Based Learning Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Dimensi Pendidikan, 16(2), 98–112. https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7308
Maret, M., & Syarifuddin, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 106–112. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8746
Maulida, Y., N., Eka, K., I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521
Megawati, & Rochman, C. (2019). Strategy to Improve Psychomotoric Skills of Students in Islamic Religion Education Lessons Review of Students’ Al-Quran Reading Ability. Jurnal Pedagogik, 06(01), 172–194.
Murti, S., Muhibbuddi, & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 6(1), 1–8.
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Sabaria. (2019). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Autis di SLB Negeri Curup Rejang Lebong. Jurnal An-Nizom, 4(2), 169–183.
Setiowati, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1), 21–27. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879
Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 166–176. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/642
Winingsih, L., H., Hariyanti, E., & Sari, L., S. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik bagi Siswa Sekolah Dasar. In I. Kintamani (Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pertama, Vol. 1, Issue 1). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Witarsa, R., Rahayu, G., D., S., Sriningsih, N., Nurhayati, Tellusa, S., & Parwati. (2017). Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar melalui Hands on Activity di Kota Cimahi. Jurnal Basicedu, 1(1), 62–72. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.15
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Monica Dwi Putri, Ramdhan Witarsa, Musnar Indra Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).