Peningkatan Keterampilan Psikomotorik melalui PBL di SD

Authors

  • Monica Dwi Putri PGSD, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Musnar Indra Daulay Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.163

Abstract

Rendahnya keterampilan psikomotorik siswa pada pembelajaran sains menjadi latar belakang riset. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan psikomotorik siswa kelas IV melalui problem based learning PBL menjadi tujuan penelitian. Metode riset tindakan kelas diadopsi pada pelaksanaan riset ini. Riset dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek riset siswa kelas IV sebanyak enam belas orang. Dokumentasi, observasi, dan tes dilakukan untuk mengumpulkan data. Model PBL meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa kelas IV sekolah dasar. Guru sebaiknya menerapkan model problem based learning secara konsisten dalam meningkatkan keterampilan psikomotorik siswa. Guru hendaknya dapat membiasakan siswa untuk terbiasa dalam kegiatan yang lebih aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriningtyas, A., N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137

Astono, W., D., D., & Wibawa, S., C. (2019). Pengembangan Media 3D pada Pembelajaran Crimping Kabel UTP Menggunakan Platform Android untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa di SMK Negeri 1 Kemlagi. Jurnal IT-Edu, 04(01), 112–120. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/29163/26706

Cahyono, E., Susetyarini, E., & Nurrohman, E. (2021). Hubungan Kesiapan Orang Tua dengan Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2453

Furi, L., M., I., Handayani, S., & Maharani, S. (2018). Eksperimen Model Pembelajaran Project Based Learning dan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Mengingkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 49–60. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13886

Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654

Isnaini, A., I., & Utami, L. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Psikomotorik Siswa dalam Praktikum Laju Reaksi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 12(1), 24–30. https://doi.org/10.22437/jisic.v12i1.9054

Kurniawan, R., Lestari, F., Batubara, A., S., Nazri, M., Z., A., Rajab, K., & Munir, R. (2021). Indonesian Lexicon-Based Sentiment Analysis of Online Religious Lectures Review. International Congress of Advanced Technology and Engineering (ICOTEN), 1–5. https://doi.org/10.1109/ICOTEN52080.2021.9493530

Kusumastuti, Y., D. (2020). Peningkatan Psikomotorik Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Sampok Gunungwungkal Pati Semester 1 Materi Membuat Rangkaian Listrik Sederhana dengan Model Project Based Learning Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Dimensi Pendidikan, 16(2), 98–112. https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7308

Maret, M., & Syarifuddin, H. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 106–112. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8746

Maulida, Y., N., Eka, K., I., & Wiarsih, C. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521

Megawati, & Rochman, C. (2019). Strategy to Improve Psychomotoric Skills of Students in Islamic Religion Education Lessons Review of Students’ Al-Quran Reading Ability. Jurnal Pedagogik, 06(01), 172–194.

Murti, S., Muhibbuddi, & Nurmaliah, C. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Peningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotorik pada Perkuliahan Anatomi Tumbuhan. Jurnal Biologi Edukasi, 6(1), 1–8.

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Sabaria. (2019). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Autis di SLB Negeri Curup Rejang Lebong. Jurnal An-Nizom, 4(2), 169–183.

Setiowati, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 10(1), 21–27. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.3879

Sii, P., Verawardina, U., Arpan, M., & Sulistiyarini, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran KKPI terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 166–176. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/642

Winingsih, L., H., Hariyanti, E., & Sari, L., S. (2020). Penguatan Ranah Psikomotorik bagi Siswa Sekolah Dasar. In I. Kintamani (Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pertama, Vol. 1, Issue 1). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Witarsa, R., Rahayu, G., D., S., Sriningsih, N., Nurhayati, Tellusa, S., & Parwati. (2017). Meningkatkan Kemampuan Aspek Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar melalui Hands on Activity di Kota Cimahi. Jurnal Basicedu, 1(1), 62–72. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.15

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Putri, M. D., Witarsa, R., & Daulay, M. I. (2023). Peningkatan Keterampilan Psikomotorik melalui PBL di SD. Journal of Education Research, 4(1), 325–332. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.163

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>