Pembelajaran Menulis Laporan Bahasa Indonesia Siswa Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Syafril Efendi Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.165

Abstract

Kemampuan menulis siswa jenjang pendidikan dasar masih sangat memprihatinkan. Perlu upaya guru untuk mengatasi kurangnya kemampuan menulis siswa dengan pertimbangan jumlah siswa, media, dan motivasi siswa yang rendah untuk menulis. Pendeskripsian pembelajaran menulis laporan bahasa Indonesia siswa jenjang pendidikan dasar sebagai tujuan dari riset ini. Metode deskriptif kuantitatif diadopsi pada penelitian. Pembelajaran menulis laporan versi bahasa Indonesia menunjukan hasil kemampuan menulis laporan siswa pada kategori sedang. Kemampuan menulis laporan mereka terlatih karena kemampuan guru merancang pembelajaran menulis laporan, memberi teori, keleluasaan, dan waktu yang cukup untuk menulis laporan. Siswa-siswa berkembang saat menulis laporan karena mereka juga diberi kesempatan yang cukup untuk diskusi dan menggunakan media laptop untuk mencari inspirasi lain untuk menulis laporannya. Jumlah siswa yang dikelompokan menjadi keunggulan dalam pembelajaran ini. Keunggulan lainnya adalah diskusi dan penggunaan media laptop berinternet. Guru bahasa Indonesia harus bisa lebih kreatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriyani, I., N., & Subrata, H. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan melalui Metode Karya Wisata Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 01(02), 1–10. ejournal.unesa.ac.id/article/5183/18/article.pdf

Hanifa, Y., N., & Mindaudah. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS. Journal of Education Research, 3(4), 167–176. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99

Harjayanti, M., D., & Nartani, C., I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Sederhana melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Tema 4 “Hidup Bersih dan Sehat” Siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 462–468.

Holiyani. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas VI SD Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243

Ismaiyati. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi melalui Pembelajaran di Luar Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Palembang. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.741

Langoday, I. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer, and Think) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Journal of Education Action Research, 2(2), 115–122. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Nurfitriana, N., & Sari, E. (2021). Analisis Praktik Sosial dalam Berita Pembelajaran Jarak Jauh pada Surat Kabar Daring detik.com edisi Juli 2020. Journal of Education Research, 2(4), 141–146. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.66

Nurjannah, A., & Suhara, A., M. (2019). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di Kelas IX SMPN 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 255–262.

Prayuda, J., & Febriyanto, B. (2022). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Two Stay Two Stray pada Menulis Cerpen Abad 21. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 1–9. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/2783%0Ahttps://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/download/2783/1651

Putri, A., L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449

Ramadi, & Fadliana, N., R. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan menggunakan Kombinasi Model Explicit Instructions, Problem Based Learning, dan Word Square Siswa Kelas 5 SDN Tanjung Rema Martapura. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 5(1), 49–60.

Satria, B., Alif, M., N., Cahya, R., B., & Putri, A., M., S. (2023). Upaya Pencegahan Potensi Radikalisme dengan Penanaman Ideologi Pancasila di Lingkup Sekolah. Journal of Education Research, 4(1), 1–6.

Setyawan, B. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan melalui Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V SDN 1 Blimbing Karangnongko Klaten. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 249–254.

Wahyuningsih, N. (2023). Peningkatan Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia melalui Aplikasi Google Classroom dalam Ujian Satuan Pendidikan. Journal of Education Research, 4(1), 240–248.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1–6. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip.

Downloads

Published

2023-03-24

How to Cite

Efendi, S., & Witarsa, R. (2023). Pembelajaran Menulis Laporan Bahasa Indonesia Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 333–338. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.165

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>