Pembelajaran Menulis Laporan Bahasa Indonesia Siswa Jenjang Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.165Abstract
Kemampuan menulis siswa jenjang pendidikan dasar masih sangat memprihatinkan. Perlu upaya guru untuk mengatasi kurangnya kemampuan menulis siswa dengan pertimbangan jumlah siswa, media, dan motivasi siswa yang rendah untuk menulis. Pendeskripsian pembelajaran menulis laporan bahasa Indonesia siswa jenjang pendidikan dasar sebagai tujuan dari riset ini. Metode deskriptif kuantitatif diadopsi pada penelitian. Pembelajaran menulis laporan versi bahasa Indonesia menunjukan hasil kemampuan menulis laporan siswa pada kategori sedang. Kemampuan menulis laporan mereka terlatih karena kemampuan guru merancang pembelajaran menulis laporan, memberi teori, keleluasaan, dan waktu yang cukup untuk menulis laporan. Siswa-siswa berkembang saat menulis laporan karena mereka juga diberi kesempatan yang cukup untuk diskusi dan menggunakan media laptop untuk mencari inspirasi lain untuk menulis laporannya. Jumlah siswa yang dikelompokan menjadi keunggulan dalam pembelajaran ini. Keunggulan lainnya adalah diskusi dan penggunaan media laptop berinternet. Guru bahasa Indonesia harus bisa lebih kreatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis.
Downloads
References
Fitriyani, I., N., & Subrata, H. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan melalui Metode Karya Wisata Siswa Sekolah Dasar. JPGSD, 01(02), 1–10. ejournal.unesa.ac.id/article/5183/18/article.pdf
Hanifa, Y., N., & Mindaudah. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Aplikasi LMS. Journal of Education Research, 3(4), 167–176. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.99
Harjayanti, M., D., & Nartani, C., I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Sederhana melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray pada Tema 4 “Hidup Bersih dan Sehat” Siswa. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(1), 462–468.
Holiyani. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dengan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Investigasi Siswa Kelas VI SD Yayasan Iba Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v9i1.4243
Ismaiyati. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi melalui Pembelajaran di Luar Semester III Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiah Palembang. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 71–78. https://doi.org/10.32502/jbs.v1i2.741
Langoday, I. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran SCAIT (Select, Complete, Accept, Infer, and Think) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Journal of Education Action Research, 2(2), 115–122. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Nurfitriana, N., & Sari, E. (2021). Analisis Praktik Sosial dalam Berita Pembelajaran Jarak Jauh pada Surat Kabar Daring detik.com edisi Juli 2020. Journal of Education Research, 2(4), 141–146. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.66
Nurjannah, A., & Suhara, A., M. (2019). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di Kelas IX SMPN 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 255–262.
Prayuda, J., & Febriyanto, B. (2022). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Two Stay Two Stray pada Menulis Cerpen Abad 21. Journal of Innovation in Primary Education, 1(1), 1–9. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/2783%0Ahttps://ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/download/2783/1651
Putri, A., L., Yulistio, D., & Utomo, P. (2021). Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(1), 45–51. https://doi.org/10.33369/jik.v5i1.13449
Ramadi, & Fadliana, N., R. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan menggunakan Kombinasi Model Explicit Instructions, Problem Based Learning, dan Word Square Siswa Kelas 5 SDN Tanjung Rema Martapura. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 5(1), 49–60.
Satria, B., Alif, M., N., Cahya, R., B., & Putri, A., M., S. (2023). Upaya Pencegahan Potensi Radikalisme dengan Penanaman Ideologi Pancasila di Lingkup Sekolah. Journal of Education Research, 4(1), 1–6.
Setyawan, B. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan melalui Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas V SDN 1 Blimbing Karangnongko Klaten. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(1), 249–254.
Wahyuningsih, N. (2023). Peningkatan Penilaian Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan Bahasa Indonesia melalui Aplikasi Google Classroom dalam Ujian Satuan Pendidikan. Journal of Education Research, 4(1), 240–248.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1–6. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Syafril Efendi, Ramdhan Witarsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).