Pengaruh Sosialisasi Berbahasa Santun terhadap Pencegahan Perundungan pada Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Kamsiah Kamsiah Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.155

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh maraknya perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Tujuan riset ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh sosialisasi berbahasa santun terhadap pencegahan perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Hasil riset menunjukan bahwa sosialisasi berbahasa santun berpengaruh signifikan terhadap pencegahan perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Sosialisasi berbahasa santun harus secara continue dilakukan pada jenjang pendidikan dasar baik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Sosialisasi cara berbahasa santun merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan guru agar perundungan bisa dikurangi. Perundungan terjadi salah satunya diakibatkan oleh penggunaan bahasa yang tidak baik diantara siswa pada jenjang pendidikan dasar. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan berkembang di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perundungan yang dibiarkan akan menjadi semakin besar dan tidak terkendali. Guru dan sekolah-sekolah jenjang pendidikan dasar harus berusaha keras agar perundungan ini bisa diatasi dimasa pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, E., N., Hardika, & Yuniawatika. (2019). Kesantunan di Dunia Pendidikan “Pergeseran Nilai Kesantunan di Era Kekinian” (N. Widyaningrum (ed.); Pertama). UM.

Anandha, Pratamanti, E., D., & Transinata, T. (2021). Kesantunan Bahasa dalam Literasi Media Sosial pada Peserta Didik SMK Perdana Semarang. Seminar Nasional UNIMUS, 2351–2355.

Arwiny, S., K., & Amrullah, M. (2023). Analysis of Child Protection from Bullying at Muhammadiyah Elementary School 1 Candi Labschool UMSIDA. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 5(5), 1–9. https://doi.org/10.21070/jims.v5i0.1575

Farhatilwardah, Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konseling, 12(2), 114–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114

Kurnia, M., D., Rosmaya, E., & Rasyad, S. (2021). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa di Media Sosial pada Pelajar SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.32

Lohy, M., H., & Pribadi, F. (2021). Kekerasan dalam Senioritas di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 5(1), 159–171. https://doi.org/10.38043/jids.v5i1.2938

Ma’rufah, R., & Pristiwiyanto. (2021). Peran Sekolah dalam Menanggulangi Perilaku Bullying; (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gresik). Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 18–28. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/313

Marasaoly, S., & Umra, S., I. (2013). Pencegahan Perundungan (Bullying) terhadap Siswa SD dan SMP dalam Implementasi Kota Peduli HAM di Kota Ternate. POLITICA: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, IX(II), 94–112.

Mubarok, Y., Nur, A., M., Risnawati, E., & Washadi. (2019). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa dalam Penggunaan Sosial Media di Kalangan Siswa SMP Negeri 8 Tangerang Selatan. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 86–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v2i1.806

Niswariyana, A., K., Untari, T., Darmurtika, L., A., & Bilal, A., I. (2020). Sosialisasi dan Pengajaran tentang Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar berdasarkan Etika Kesantunan Berbahasa pada Anak Didik di Yayasan Tanah Bintang Desa Kerandangan Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 674–678.

Prasetyo, E. (2022). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa dalam Penggunaan Aplikasi Whatsapp di Kalangan Remaja Desa Sawangan Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 54–64.

Santosa, A., B., & Zuhaery, M. (2021). Membangun Karakter Siswa melalui Kesantunan Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, XII(2), 84–89.

Setiawan, H., H. (2018). Pengembangan Sistem Peringatan Dini Perundungan pada Pelajar di Kota Pangkal Pinang. Jurnal Sosio Konsepsia, 7(02), 62–78. https://doi.org/10.33007/ska.v7i2.1199

Suryaningsih, Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 218–225.

Susanti, E. (2016). Kajian Sosiologi Hukum terhadap Problematika Bullying dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keadilan Progresif, 7(1), 1–18. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8872

Syaripudin, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184.

Wahyuningsih, S., Jumeri, & Sudrajat, T. (2020). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar. In Y. Utami, A. (Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pertama). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. https://book4you.org/book/11644157/104025

Wijayanti, C., P., & Uswatun, A., T. (2019). Perangi Tindak Perundungan (Bullying) dengan Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 16–26.

Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Kamsiah, K., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Sosialisasi Berbahasa Santun terhadap Pencegahan Perundungan pada Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 249–257. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.155

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>