Pengaruh Sosialisasi Berbahasa Santun terhadap Pencegahan Perundungan pada Jenjang Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.155Abstract
Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh maraknya perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Tujuan riset ini untuk mengukur seberapa besar pengaruh sosialisasi berbahasa santun terhadap pencegahan perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Hasil riset menunjukan bahwa sosialisasi berbahasa santun berpengaruh signifikan terhadap pencegahan perundungan pada jenjang pendidikan dasar. Sosialisasi berbahasa santun harus secara continue dilakukan pada jenjang pendidikan dasar baik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Sosialisasi cara berbahasa santun merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan guru agar perundungan bisa dikurangi. Perundungan terjadi salah satunya diakibatkan oleh penggunaan bahasa yang tidak baik diantara siswa pada jenjang pendidikan dasar. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan berkembang di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Perundungan yang dibiarkan akan menjadi semakin besar dan tidak terkendali. Guru dan sekolah-sekolah jenjang pendidikan dasar harus berusaha keras agar perundungan ini bisa diatasi dimasa pendidikan dasar.
Downloads
References
Aisyah, E., N., Hardika, & Yuniawatika. (2019). Kesantunan di Dunia Pendidikan “Pergeseran Nilai Kesantunan di Era Kekinian” (N. Widyaningrum (ed.); Pertama). UM.
Anandha, Pratamanti, E., D., & Transinata, T. (2021). Kesantunan Bahasa dalam Literasi Media Sosial pada Peserta Didik SMK Perdana Semarang. Seminar Nasional UNIMUS, 2351–2355.
Arwiny, S., K., & Amrullah, M. (2023). Analysis of Child Protection from Bullying at Muhammadiyah Elementary School 1 Candi Labschool UMSIDA. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 5(5), 1–9. https://doi.org/10.21070/jims.v5i0.1575
Farhatilwardah, Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja: Pengaruh Metode Sosialisasi Orang Tua dan Kontrol Diri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konseling, 12(2), 114–125. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2019.12.2.114
Kurnia, M., D., Rosmaya, E., & Rasyad, S. (2021). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa di Media Sosial pada Pelajar SMA Islam Al Azhar 5 Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.32
Lohy, M., H., & Pribadi, F. (2021). Kekerasan dalam Senioritas di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 5(1), 159–171. https://doi.org/10.38043/jids.v5i1.2938
Ma’rufah, R., & Pristiwiyanto. (2021). Peran Sekolah dalam Menanggulangi Perilaku Bullying; (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gresik). Fatawa: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 18–28. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fatawa/article/view/313
Marasaoly, S., & Umra, S., I. (2013). Pencegahan Perundungan (Bullying) terhadap Siswa SD dan SMP dalam Implementasi Kota Peduli HAM di Kota Ternate. POLITICA: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, IX(II), 94–112.
Mubarok, Y., Nur, A., M., Risnawati, E., & Washadi. (2019). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa dalam Penggunaan Sosial Media di Kalangan Siswa SMP Negeri 8 Tangerang Selatan. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 86–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/jpm.v2i1.806
Niswariyana, A., K., Untari, T., Darmurtika, L., A., & Bilal, A., I. (2020). Sosialisasi dan Pengajaran tentang Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar berdasarkan Etika Kesantunan Berbahasa pada Anak Didik di Yayasan Tanah Bintang Desa Kerandangan Kecamatan Batu Layar Lombok Barat. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 674–678.
Prasetyo, E. (2022). Sosialisasi Kesantunan Berbahasa dalam Penggunaan Aplikasi Whatsapp di Kalangan Remaja Desa Sawangan Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo. Abdibaraya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 54–64.
Santosa, A., B., & Zuhaery, M. (2021). Membangun Karakter Siswa melalui Kesantunan Bahasa. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, XII(2), 84–89.
Setiawan, H., H. (2018). Pengembangan Sistem Peringatan Dini Perundungan pada Pelajar di Kota Pangkal Pinang. Jurnal Sosio Konsepsia, 7(02), 62–78. https://doi.org/10.33007/ska.v7i2.1199
Suryaningsih, Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 218–225.
Susanti, E. (2016). Kajian Sosiologi Hukum terhadap Problematika Bullying dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keadilan Progresif, 7(1), 1–18. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/8872
Syaripudin, Witarsa, R., & Masrul. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184.
Wahyuningsih, S., Jumeri, & Sudrajat, T. (2020). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Sekolah Dasar. In Y. Utami, A. (Ed.), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pertama). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. https://book4you.org/book/11644157/104025
Wijayanti, C., P., & Uswatun, A., T. (2019). Perangi Tindak Perundungan (Bullying) dengan Penanaman Pendidikan Karakter Sejak Dini pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019, 1(1), 16–26.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Kamsiah Kamsiah, Ramdhan Witarsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).