Pengaruh Pendampingan Individu terhadap Kemampuan Baca Al-Quran Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar

Authors

  • Asmiyanti Asmiyanti Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.156

Abstract

Siswa-siswa pada jenjang pendidikan dasar yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik menjadi latar belakang penelitian. Tujuan riset ini adalah untuk mengukur berapa besar pengaruh pendampingan individu terhadap kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada jenjang pendidikan dasar. Metode riset yang digunakan metode riset kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes pretes dan postes. Hasil riset menunjukan bahwa pendampingan individu berpengaruh signifikan terhadap kemampuan baca Al-Qur’an siswa pada jenjang pendidikan dasar. Pendampingan individu harus secara rutin dilakukan baik untuk siswa sekolah dasar dan siswa sekolah menengah pertama. Pendampingan individu merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan guru agama agar kemampuan baca Al-Qur’an siswa dapat meningkat. Minimnya kemampuan baca Al-Qur’an siswa jenjang pendidikan dasar terjadi salah satunya diakibatkan oleh pendampingan guru dan/atau orang tua yang tidak maksimal. Apabila hal ini dibiarkan, maka akan timbul keengganan untuk mempelajarinya di jenjang pendidikan lanjut. Guru, orang tua dan sekolah jenjang pendidikan dasar harus berusaha keras agar kemampuan baca Al-Qur’an siswa dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Asmiyanti, A., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pendampingan Individu terhadap Kemampuan Baca Al-Quran Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 258–266. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.156

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)