Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.138Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa saat membuat bangun tiga dimensi. Beberapa siswa kesulitan dalam membayangkan jaring bangun tiga dimensi tersebut. Tujuan riset ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran jaring bangun tiga dimensi pada siswa kelas lima sekolah dasar. Metode riset yang digunakan metode riset deskriptif kuantitatif. Hasil riset ini menunjukan bahwa pembelajaran jaring bangun lima dimensi yang dilakukan guru di kelas menunjukan hasil belajar dengan kriteria yang tinggi. Penggunaan media pembelajaran jaring bangun tiga dimensi sangat efektif dan efisien digunakan untuk materi jaring yang bersifat abstrak. Penggunaan media jaring tiga dimensi yang digunakan pada riset ini bisa diadopsi oleh guru kelas lainnya agar pemahaman siswa mengenai jaring bangun tiga dimensi bisa maksimal.
Downloads
References
Dini, E., D., N., Chamidah, A., & Roosyanti, A. (2019). Pemanfaatan Media Tiga Dimensi sebagai Sarana Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 183–195. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a9.2019
Erniza, Witarsa, R., & Marta, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menerapkan Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 1–9.
Fajari, U., N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071
Farika, N. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang melalui Media AR (Augmented Reality) Siswa Kelas VI SDN Junrejo 01 Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 119–145. https://jurnal.widyahumaniora.org/
Hakim, L., Markhamah, & Sutama. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(3), 564–574. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i3.1937
Heriawati, E. (2021). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). COLLASE: Journal of Elementary Education, 04(06), 988–995. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9728%0Ahttps://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/viewFile/9728/2868
Irmayanti, D., Muni, L., S., A., & Pratiwi, M. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Jurnal Nuansa Informatika, 16(2), 123–134. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i2.6004
Khairin, U., & Ariani, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Softwere Blender Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14317–14322.
Nursela, N., Rarasati, I., P., & Agustina, D., K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 1(3), 107–122.
Pratama, R., A., & Nurmeidina, R. (2021). Kesalahan Membuat Jaring-Jaring Bangun Ruang. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 217–229. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i2.11063
Rahayu, E., P., Salsabila, S., & Fitriah. (2022). Pengembangan Alat Peraga Putaran Jaring-jaring Bangun Ruang untuk Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 13–26.
Rahmawati, I. (2022). Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Materi Bentuk Pecahan. Journal of Education Research, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.77
Rahmi, A., Witarsa, R., & Noviardila, I. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example dan Non Example. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 484–493.
Rizal, S., & Yermiandhoko, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Berbasis Augmented Reality pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 06(06), 989–998.
Rohmawati, A. (2022). Penggunaan Media Cola Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Bulat Kelas VI. Journal of Education Research, 3(2), 48–61. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.76
Salsabila, D., N., & Safira, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Berbantu Geogebra 3D Grapics pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 144–164. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i2.11465
Suputra, I., K., A., Y., Sujana, I., W., & Darmawati, I., G., A., P., S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Research, 5(3), 423–431. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262
Widjayanto, D., & Budiyono. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jaring-Jaring Balok dan Kubus Menggunakan Media Karton Berpetak pada Siswa Kelas IV SDN Bandung 2, Kab. Mojokerto. JPGSD, 02(03), 1–10.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Arhalifi, Ramdhan Witarsa, Nurmalina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).