Penerapan Pendampingan Individu terhadap Literasi Baca dan Tulis Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.285Abstract
Masih terdapat siswa kelas 2 sekolah dasar yang belum lancar membaca dan menulis. Penelitian ini bertujuan memberikan perlakuan terhadap siswa kelas 2 ini untuk mengukur berapa besar pengaruh pendampingan individu terhadap literasi baca dan tulis siswa. Kuasi eksperimen diadopsi pada penelitian ini. Populasi berjumlah 83 siswa, sementara sampel yang digunakan siswa kelas 2 berjumlah 12 siswa. Pendampingan individu berpengaruh signifikan terhadap literasi baca dan tulis siswa kelas 2 sekolah dasar negeri 5 Bengkalis. Literasi baca dan tulis merupakan salah satu literasi dasar yang harus dikuasai siswa dan harus benar-benar dimatangkan pada siswa kelas rendah. Pendampingan individu harus sering dilakukan guru kelas rendah agar dapat memantau kemajuan literasi baca dan tulis siswa. Lingkungan belajar guru melakukan pendampingan individu tidak harus kaku di ruang kelas, namun bisa di luar kelas. Perhatikan mood siswa saat pembelajaran akan dimulai. Peneliti berikutnya bisa melanjutkan penelitian mengenai literasi dasar lainnya yang harus dikuasai siswa kelas rendah.
Downloads
References
Asmiyanti, & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pendampingan Individu terhadap Kemampuan Baca Al-Quran Siswa pada Jenjang Pendidikan Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 258–266.
Cahya, A., N., Rosaliya, Oktaviana, Nurhidayah, Hidayat, A., Ernawati, Rahman, F., Dian, M., Ajie, M., F., Nurhasanah, Reni, Hartono, S., & Rahmat, S. (2022). Penguatan Literasi Anak di Desa Kuala Sempang Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v2i1.421
Dermawan, H., Malik, R., F., Suyitno, M., Dewi, R., A., P., K., Solissa, E., M., Mamun, A., H., & Hita, I., P., A., D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723
Hidayat, A., G., Haryati, T., & Rosdiana. (2021). Analisis Penerapan Program Literasi Al-Quran: Penguatan Karakter Religius Peserta Didik SDN Teke Palibelo Kab. Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 318–330. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.266
Isnawan, M., G. (2020). Kuasi Eksperimen (Sudirman (ed.); Pertama, Issue Januari). Nashir Al-Kutub Indonesia.
Janati, F., Safitri, D., Ramadhani, M., R., & Anisa. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 melalui Literasi Digital. Seminar Nasional PGMI, 622–637.
Junita, T., T., Wulandari, B., A., & Ali, M. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca dan Menulis di SD Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 763–776. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Muttaqin, M., F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.342
Nurhabibah, P., Subyantoro, & Pristiwati, R. (2022). Refleksi Kegiatan Kampus Mengajar terhadap Kemampuan dan Kesadaran Literasi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8062–8069. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4358
Nurmaya, A., L., Irsan, Sari, W., O., N., & Asrita. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pengelolaan Pojok Baca di Kelas. Jurnal Abdidas, 4(2), 179–184. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i2.788
Paulina, Y., Asiyah, S., Zakaria, J., & Yuniati, I. (2021). Pendampingan Budaya Literasi di Era Covid 19 pada Anak-Anak di Rumah Singgah Al-Ma’Un Kota Bengkulu. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2), 71–84. https://doi.org/10.52989/darmabakti.v1i2.24
Rafida, H., Samsudi, & Doyin, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Mengembangkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4745–4755. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2884
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/127/35
Sari, Z., I., N., & Supriyanto. (2020). Pengaruh Program Literasi Sekolah terhadap Motivasi Belajar dan Minat Baca Siswa di SMP Islam Terpadu At-Taqwa Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan, 08(03), 321–331.
Supartinah, Sumardi, & Adi, B., S. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Balanced Literacy Approach Bermuatan Nilai-nilai Karakter untuk Pembelajaran Literasi Dasar di Kelas Awal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 11–22. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989
Suryaningsih, Witarsa, R., & Daulay, M., I. (2023). Pengaruh Pendampingan Luring terhadap Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 218–225.
Syafira, A., T., A., & Aslamiyah, S. (2022). Peningkatan Pemahaman Membaca Berhitung melalui Literasi dan Numerasi pada Siswa. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 1(2), 158–176. https://doi.org/10.33369/kreativasi.v1i2.24296
Tuna, Y. (2021). Literasi Digital dalam Pembelajaran di SD sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 11(November), 388–397.
Witarsa, R. (2022). Penelitian Pendidikan (M. Lanjarwati (ed.); 1st ed.). Deepublish Publisher.
Yekti, W., N. (2022). Optimalisasi Strategi One Week One Book dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Meningkatkan Minat Baca dan Hasil Belajar pada Peserta Didik Kelas II di SDN Kemirirejo 1 Kota Magelang. Jurnal Paedagogie, 17(2), 71–78. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v17i2.8051
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Ade Irma, Ramdhan Witarsa, Masrul

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).