Pengaruh Coaching Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah terhadap Pengelolaan Kelas dan Gaya Mengajar Guru di Sekolah Dasar: Studi Kuasi-Eksperimen

Authors

  • Ronita Yosie Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Ramdhan Witarsa Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Masrul Masrul Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1925

Keywords:

Coaching, Gaya Mengajar Guru, Pengelolaan Kelas, Supervisi Akademik

Abstract

Kepala sekolah jarang melakukan coaching terhadap guru-guru yang dipimpinnya, terutama dalam hal kemampuan guru saat mengelola kelas dan gaya mengajar yang dilakukan guru di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh Coaching Supervisi Akademik (CSA) oleh kepala sekolah terhadap pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan 14 guru, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (7 guru) dan kelompok kontrol (7 guru). Hasil menunjukkan bahwa CSA memiliki pengaruh signifikan terhadap pengelolaan kelas dan gaya mengajar guru dengan peningkatan N-Gain sebesar 38,57% pada kelompok eksperimen dibandingkan 7,14% pada kelompok kontrol. Penelitian ini menegaskan pentingnya implementasi CSA dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Gaya mengajar guru yang tidak monoton membuat suasana kelas lebih hidup dan siswa jauh lebih bersemangat belajar. Siswa yang semangat belajar menunjukan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik yang cenderung kearah positif.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habbah, E., S., M., Husna, E., N., Yantoro, & Setiyadi, B. (2023). Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas yang Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.62872/vf2gr537

Juhadira, Hasniati, Ririk, Lilianti, & Nasir. (2024). Implementasi Metode Coaching dalam Supervisi Akademik. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.51454/jimsh.v6i1.404

Kusumardi, A. (2023). Teknik Coaching untuk Memahami Karakteristik Siswa dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 11–24. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3133

Majid, A. (2018). Penerapan Coaching untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah dalam Supervisi Akademik pada SMP Binaan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.336

Maulani, F., A., Ravelina, R., Santoso, A., Harnum, E., M., & Sari, S., G. (2023). Pentingnya Variasi Gaya Mengajar Guru di Sekolah Dasar. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 7(1), 62–69. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v7i1.2585

Ningsih, E., M. (2023). Penerapan Metode Coaching Model Tirta untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah pada Rayon Kepengawasan Kota Baru. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(3), 1581–1605.

Putri, V., J., Subarno, A., & Susantiningrum. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Batik 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 3(1), 31–39.

Rahmadon. (2022). Pengelolaan Kelas oleh Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 8(02), 49–66.

Sandi, A., L., Amirudin, & Sitika, A., J. (2021). Peranan Gaya Mengajar Guru dalam Meningkatkan Motivasi Siswa terhadap Hasil Belajar Daring Pendidikan Agama Islam di SDN Sindangmulya IV Cibarusah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 265–274. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.217

Setianingsih, E., & Hanif, M. (2024). Supervisi Akademik dengan Coaching Model Tirta untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 4(2), 60–70. https://doi.org/10.51878/educational.v4i2.2891

Tumanggor, A., A., A., Neviyarni, & Nirwana, H. (2023). Pengelolaan Kelas sebagai Acuan Pembelajaran Aktif. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 215–225. https://doi.org/https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.737

Ulfah, M., & Noviansah, A. (2020). Supervisi Coaching: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru. Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 119–128.

Umar, N., & Anuli, W., Y. (2022). Gaya Mengajar Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Al Khairat Sospol Kota Manado. JEER: Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 22–28. http://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jeer

Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5), 469–476.

Wirnawati, Asiah, S., & Otaya, L., G. (2023). Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Islamic Education Management Research, 2(1), 69–75. https://ejournal.iaingorontalo.ac.id/index.php/AlMinhaj/article/download/686/537/2409

Downloads

Published

2024-12-12

How to Cite

Yosie, R., Witarsa, R., & Masrul, M. (2024). Pengaruh Coaching Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah terhadap Pengelolaan Kelas dan Gaya Mengajar Guru di Sekolah Dasar: Studi Kuasi-Eksperimen. Journal of Education Research, 5(4), 6207–6214. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1925

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>