Identifikasi Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Adhyaksa 1 Jambi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.895Keywords:
Motivasi, BelajarAbstract
Motivasi belajar merupakan kekuatan yang memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih giat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini ada tiga yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa dilihat dari minat belajar, untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dilihat dari tujuan yang ingin dicapai, dan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dilihat dari menciptakan suasana yang menyenangkan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Adhyaksa satu Jambi dengan jumlah sampel enam puluh tiga siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara dengan model skla liket dengan alternatif lima pilihan jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data mengunakan rumus Formula C dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase. Hasil penelitian menunjukan siswa di SMP Adhyaksa satu Jambi secara keseluruhan memiliki motivasi belajar tingkatan tinggi. indikator membangkitkan minat belajar siswa memiliki presentse sebesar tujuh puluh koma delapan persen berada pada tingkatan tinggi, indikator memperjelas tujuan yang ingin dicapai tujuh puluh tiga koma lima puluh delapan persen berada pada tingkatan tinggi. indikator menciptakan suasana menyenangkan memiliki presentase sebesar tujuh puluh dua koma delapan puluh tiga persen berada pada tingkatan tinggi.
Downloads
References
Arie Styawan Muhammad. (2014). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Aspirasi Siswa tehadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Bidang Keahlian Akuntansi SMK N 1 Wonosari Gunung Kidul Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.
Ari Widayat & Rani Rahmayanthi. (2015). Hubungan Aspirasi Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII. Vol 4 No 3
Arum Zulakha. (2015). Pengaruh Aspirasi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.
Daniel Cervone & Lawrence.A Pervin. (2012). Kepribadian (teori dan penelitian). Jakarta: Salemba Humanika.
Eveline Siregar. (2010). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, Vol.5 No.2 , 93-196.
Hamzah B. Uno. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. John W. Santrock. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Martini Jamaris. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Martinis Yamin. (2013). Kiat Membelajarkan Siswa. Ciputat: Referensi CIP PressGroup Ngalim Purwanto. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Posdakarya.
Oemar Hamalik. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Purwa Atmaja Prawira. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media..
Sutja, Akmal. Dkk.2017. Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Penerbit Writing Revolution
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Adila Zullia, Rasimin Rasimin, Rully Andi Yaksa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).