Implementasi Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Islam pada Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1275Keywords:
Hasil Belajar, Pendidikan Islam, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi hasil belajar siswa dalam pendidikan islam pada kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Pekanbaru dan factor-faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dianalisis secara kualitatif dengan menganalisis dan menginterpretasi secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi hasil belajar siswa dalam pendidikan islam pada Kurikulum Merdeka dari segi pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum Merdeka secara umum berada dalam kategori cukup efektif/sedang, sementara dari segi pelaksanaan kurikulum Merdeka berada dalam kategori baik dan hasil belajar siswa dalam implementasi kurikulum Merdeka berada dalam kategori sangat baik. Faktor pendukung implementasi hasil belajar siswa dalam pendidikan islam pada Kurikulum Merdeka pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Pekanbaru adalah Pelatihan dan Pengembangan Profesional Guru, Motivasi dan Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Kolaboratif, Pengakuan atas Keberagaman Siswa, Ketersediaan Sumber Daya Pembelajaran, Dukungan Kepemimpinan Sekolah dan Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat. Sementara faktor penghambat implementasi yaitu Kurangnya kesiapan Guru, Minat dan Motivasi Belajar Siswa yang Rendah, Ketidakmampuan Siswa dalam Berkolaborasi, Kesulitan Siswa dalam Mengatur Waktu dan Tugas, Keterbatasan perangkat teknologi pembelajaran, Kondisi Lingkungan Pembelajaran yang tidak mendukung, dan Keterbatasan Waktu.
Downloads
References
Abdussamad, Z., 2021. Metode Penelitian Kualitatif. 1 ed. Makassar: Syakir media Ekspres.
Ahmad Abdullah, H. N. D., 2020. Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamic Resource, Volume Vol.17 (2), p. H. 79.
AM Mahasneh, A. A., 2018. The Effect of Project-Based Learning on Student Teacher Self-Efficacy and Achievement.. International Journal of Instruction.
Arsyi Mirdanda, 2020. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Jornal elementaria edukasi, Volume 1, p. h. 34.
Barlian, U. C., 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,”. Jurnal of Educational, 10(1).
Caliskan, M. &. A. M., 2011. The effects of learning strategies instruction on metacognitive knowledge, using metacognitive skills and academic achievement (primary education sixth grade turkish course sample).. Educational Sciences:Theory and Practice, 11(1)(148-153).
Daradjat, Z., 2014. Ilmu Pendidikan Islam. cet,11 ed. Jakarta: Bumi Aksara.
Evi Susilowati, d., 2020. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Sience Education,, Volume 1, p. 29.
Hanafi, 2017. Urgensi Pendidikan Adab dalam Islam. h.36 ed. Banten: IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
H, U., 2015. Teori Motivasi dan Pengukuran.. Gorontalo: Bumi Aksara.
ismail, R. a. F., 2023. MPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Volume 1, p. 74.
Ismanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).. . Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 9 (2),(2), p. h. 60.
Maghfiroh, N. &. S. M., 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 09 (05).. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 09 (5), p. 24.
Mahmud H., 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Makbul, M. &. F. F., 2022. Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Hadis Maudhu’i,. El Sunnah, Jurnal Kajian Hadis dan Integrasi Ilmu, p. 148.
Marlina, M., 2020. Marlina, M.Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Bandung: Rineka Cipta.
Moleong, L. J., 2003. Metode Penelitian Kualitatif. h. 103 ed. Bandung: Rosda Karya.
Muhaimin, 2013. Wacana Penegembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mulyadi, 2010. Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Jurnal online, UIN-Maliki Press.. Jurnal online UIN-Maliki Press..
Mulyasa, H., 2021. Mulyasa, H. E., 2021, Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurlaila, 2018. Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. h.78 ed. (Palembang: Perpusnas: s.n.
Nurlaila, 2018. Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,. (Palembang:: Perpusnas..
Rahman, A. A., 2016. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada”. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada”. Jurnal Pendidikan Almuslim. Volume IV, Nomor 2., Volume 1, p. H. 36.
Rusdiana, E. R. &., 2013. Evaluasi Pembelajaran.. h. 45 ed. (Bandung: : Pustaka Setia.
Saputra, D. H. I. F. &. A., 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, Volume Vol. 18 (1)., p. h. 16.
Sirait, E. D., 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif, 6(1).
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susilowati, Y., 2020. Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom,. Jurnal Silogisme,, pp. h. 62-71.
Syafri, Z., 2016. Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Rambatan-Tanah Datar,. al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan,, Vol 4(2), p. 1990.
Tiraswati, d., 2018. Starategi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Jurnal Pendidikan, Vol. 2.. Jurnal Pendidikan,, Volume 2.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Zamsiswaya Zamsiswaya, Baidarus Baidarus, Radhiyatul Fithri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).