Implementasi Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Islam pada Kurikulum Merdeka

Authors

  • Zamsiswaya Zamsiswaya Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Suska Riau, Indonesia
  • Baidarus Baidarus Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia
  • Radhiyatul Fithri Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Muhammadiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1275

Keywords:

Hasil Belajar, Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi hasil belajar siswa dalam pendidikan islam pada kurikulum merdeka di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Pekanbaru dan factor-faktor pendukung dan penghambat implementasinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dianalisis secara kualitatif dengan menganalisis dan menginterpretasi secara kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi hasil belajar siswa dalam pendidikan islam pada Kurikulum Merdeka dari segi pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum Merdeka secara umum berada dalam kategori cukup efektif/sedang, sementara dari segi pelaksanaan kurikulum Merdeka berada dalam kategori baik dan hasil belajar siswa dalam implementasi kurikulum Merdeka berada dalam kategori sangat baik. Faktor pendukung implementasi hasil belajar siswa dalam pendidikan islam pada Kurikulum Merdeka pada Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Pekanbaru adalah Pelatihan dan Pengembangan Profesional Guru, Motivasi dan Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Kolaboratif, Pengakuan atas Keberagaman Siswa, Ketersediaan Sumber Daya Pembelajaran, Dukungan Kepemimpinan Sekolah dan Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat. Sementara faktor penghambat implementasi yaitu Kurangnya kesiapan Guru, Minat dan Motivasi Belajar Siswa yang Rendah, Ketidakmampuan Siswa dalam Berkolaborasi, Kesulitan Siswa dalam Mengatur Waktu dan Tugas, Keterbatasan perangkat teknologi pembelajaran, Kondisi Lingkungan Pembelajaran yang tidak mendukung, dan Keterbatasan Waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z., 2021. Metode Penelitian Kualitatif. 1 ed. Makassar: Syakir media Ekspres.

Ahmad Abdullah, H. N. D., 2020. Pendidikan Humanis dalam Perspektif Pendidikan Islam. Islamic Resource, Volume Vol.17 (2), p. H. 79.

AM Mahasneh, A. A., 2018. The Effect of Project-Based Learning on Student Teacher Self-Efficacy and Achievement.. International Journal of Instruction.

Arsyi Mirdanda, 2020. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Jornal elementaria edukasi, Volume 1, p. h. 34.

Barlian, U. C., 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,”. Jurnal of Educational, 10(1).

Caliskan, M. &. A. M., 2011. The effects of learning strategies instruction on metacognitive knowledge, using metacognitive skills and academic achievement (primary education sixth grade turkish course sample).. Educational Sciences:Theory and Practice, 11(1)(148-153).

Daradjat, Z., 2014. Ilmu Pendidikan Islam. cet,11 ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Evi Susilowati, d., 2020. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Sience Education,, Volume 1, p. 29.

Hanafi, 2017. Urgensi Pendidikan Adab dalam Islam. h.36 ed. Banten: IAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

H, U., 2015. Teori Motivasi dan Pengukuran.. Gorontalo: Bumi Aksara.

ismail, R. a. F., 2023. MPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Volume 1, p. 74.

Ismanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).. . Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 9 (2),(2), p. h. 60.

Maghfiroh, N. &. S. M., 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 09 (05).. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 09 (5), p. 24.

Mahmud H., 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Makbul, M. &. F. F., 2022. Kecerdasan Emosional Dalam Perspektif Hadis Maudhu’i,. El Sunnah, Jurnal Kajian Hadis dan Integrasi Ilmu, p. 148.

Marlina, M., 2020. Marlina, M.Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Bandung: Rineka Cipta.

Moleong, L. J., 2003. Metode Penelitian Kualitatif. h. 103 ed. Bandung: Rosda Karya.

Muhaimin, 2013. Wacana Penegembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyadi, 2010. Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Jurnal online, UIN-Maliki Press.. Jurnal online UIN-Maliki Press..

Mulyasa, H., 2021. Mulyasa, H. E., 2021, Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurlaila, 2018. Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. h.78 ed. (Palembang: Perpusnas: s.n.

Nurlaila, 2018. Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan,. (Palembang:: Perpusnas..

Rahman, A. A., 2016. “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada”. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada”. Jurnal Pendidikan Almuslim. Volume IV, Nomor 2., Volume 1, p. H. 36.

Rusdiana, E. R. &., 2013. Evaluasi Pembelajaran.. h. 45 ed. (Bandung: : Pustaka Setia.

Saputra, D. H. I. F. &. A., 2018. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, Volume Vol. 18 (1)., p. h. 16.

Sirait, E. D., 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Jurnal Formatif, 6(1).

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, Y., 2020. Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom,. Jurnal Silogisme,, pp. h. 62-71.

Syafri, Z., 2016. Analisis Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Rambatan-Tanah Datar,. al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan,, Vol 4(2), p. 1990.

Tiraswati, d., 2018. Starategi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, Jurnal Pendidikan, Vol. 2.. Jurnal Pendidikan,, Volume 2.

Downloads

Published

2024-11-08

How to Cite

Zamsiswaya, Z., Baidarus, B., & Fithri, R. (2024). Implementasi Hasil Belajar Siswa dalam Pendidikan Islam pada Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(4), 5281–5293. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1275

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check