Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Wuza (Wujud Zat dan Perubahannya) Berbasis Pixton untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Bela Rusdiana Program Studi Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Arip Febrianto Program Studi Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1414

Keywords:

Media Komik Digital, Motivasi Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik digital IPAS yang layak dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Kalikuning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan subjek uji coba lapangan sebanyak 18 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini didorong oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang cenderung pasif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital IPAS sangat layak dan efektif digunakan. Validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,6 dan validasi ahli media memperoleh skor 4,5, keduanya dalam kategori sangat layak. Uji coba pada siswa memperoleh skor 96,60% dan pada guru 4,3, juga dalam kategori sangat layak. Tes pre-test dan post-test menunjukkan skor N-Gain rata-rata 0,74 (kategori efektif) dan peningkatan skor rata-rata 9,50, membuktikan peningkatan motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amna, E. (2017). Kedudukan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel belajar (kompilasi konsep).

Arifah, H. (2020). Pengembangan Media Komik Interaktif dalam Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 1-13.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Aunurrahman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bakar, R. (2014). The effect of learning motivation on students productive competencies in vocational high school, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722-732.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Brown, T. L., LeMay, H. E., & Bursten, B. E. (2006). Chemistry: The Central Science. Upper Saddle River, NJ: Pearson/Prentice Hall.

Chang, R. (2007). Chemistry. New York: McGraw-Hill.

Dasi, N. L. K. D., & Putra, D. K. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran- Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 354- 362.

Djamarah, Bahri & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Feldman, E. B. (1967). Art as Image and Idea . Prentice-Hall Inc

Gagne.(1985). The Condition of Learning, Third Edition. New York: Halt Penehort and Winstone.

Gerlach, V.S., & Ely, D.P. (1980). Teaching & Media: A Systematic Approach (2nd ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall Incorporated.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Score.

Hasan, M., Milawati, M. P. I., Darodjat, M. P. I. D., & Khairani, M. A. I. D. T. (2021). Media pembelajaran. Penerbit Tahta Media Group.

Hamalik, O.(1990). Media Pendidikan. Penerbit Alumni : Bandung.

Heinich, R, dan Molenda . (1990). Instructional Media and The New Technologies of Instruction. New York: Harper dan Row

Hidayat, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2016). Pengaruh Karakteristik Gender Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 32.

M, Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Hosler, J dan Boomer, K.B. (2011). Are Comic Books an Effective Way to Engage Nonmajors in Learning and Appreciating Science. CBE-LifeScience Educational. 10: 309-317.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: teori jean piaget. Intelektualita, 3(1). Maswan, Muslimin. (2017). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Maharsi I, (2011), Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas, Yogyakarta: Kata Buku.

Irham & Wiyani. (2014). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56-64.

Cloud, M, dan Scott. (2001). Understanding Comics, Memahami Komik. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).

Masdiono, T. (2007)14 Jurus Membuat Komik. Kreatif Media.

M. M. (2021). Media Pembelajaran IPA Di SD/MI (Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, Dan Jenis Media Pembelajaran). Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan, 5(1).

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran.

Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation And Conceptual Learning Gains In Physics: A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores. American Journal Of Physics.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran efikasi diri dan motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran

Moore, J. W., Stanitski, C. L., & Jurs, P. C. (2008). Chemistry: The Molecular Science. Belmont, CA: Brooks/Cole Cengage Learning.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Muslimin. (2017). Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang Sistematis.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ngobut, P., & Lenny, W. J. M. (2017). Deskripsi Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 1(2)

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkaji Fiksi.

Kustandi, C & Sutjipto, B (2013). Media Pembelajaran (Manual dan Digital). Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurdin. (2016). Pengaruh motivasi belajar dan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Ocvirk, O. G. (1968). Art fundamentals: Theory and practice. (No Title).

Paradila, Selvy Yulia, Nurwidodo M, and Eka Susi Lestari. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL Pada Siswa Kelas 4 Di SDN Junrejo 01.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 4: 471–81.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Palupi, R. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru Dalam Mengelola Kegiatan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pribadi, B. A., & Putri, D.A.P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Banten: Universitas Terbuka.

Primadiati, I. D., & Djukri, D. (2017). Pengaruh Model Collaborative Learning terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD The Effects of Collaborative Learning Model on the Increase of Student ’ s Motivation And Achievement of the Fourth Grade Of Elementary School.

Petrucci, R. H., Herring, F. G., Madura, J. D., & Bissonnette, C. (2011). General Chemistry: Principles and Modern Applications. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Novianti, Syaichudin. (2010). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Bentuk Soal Cerita Bab Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Ngembung. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Rohman, Amri.(2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran.

Jakarta: Prestasi Pustakarya

Roswati, N., Rustaman, N. Y., & Nugraha, I. (2019). The development of Science Comic in Human Digestive System Topic for Junior High School Students. Journal of Science Communication.

Rohani A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sriwiyana, H., & Akbar, S. D. (2010). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM. Siswoyo, D. T. Sulistyono; Achmad D.; Arif R.; L. Hendro Wibowo; Suryati S.;(2013).Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., dan Russell, J. D. (2012). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Kencana

Suprahatiningrum,Jamil.(2013).StrategiPembelajaran Teori danAplikasi.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media .

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain komunikasi visual teori dan aplikasi. Yogyakarta:

Susanti, L. (2015). Pemberian Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik Sebagai Bentuk Aplikasi Dari Teori-Teori Belajar. Pelita BangsaPelestari Pancasila, 10(2).Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Tønnessen, F. E., & Uppstad, P. H. (2015). Can we read letters? Reflections on fundamental issues in reading and dyslexia research. Rotterdam, Boston, Taipei: Sense Publishers.

Triana, Prita, Hening Widowati, and Achyani Achyani. 2021. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan.” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 12(2): 163.

Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara Bandung, PT Remaja Rosdaka Karya.

Wahono, Satria, R. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran.

Nirmala. 7 (1): 45-55.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Grasindo. Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Zulfiah, I. A., Hidayah, N., & Negara, H. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Virtual pada Kelas V SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar9(1), 59

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Rusdiana, B., & Febrianto, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Wuza (Wujud Zat dan Perubahannya) Berbasis Pixton untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD . Journal of Education Research, 5(3), 3187–3198. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1414

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check