Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Yunita Ratnasari Endrayanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1068

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam meningkatkan potensi di semua jenjang, sehingga pendidikan berkualitas dapat menghasilkan input dan output yang sesuai dengan perkembangan, banyak hal yang mempengaruhi kulaitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terkait kedisiplinan, motivasi, dan dukungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini empat SMPN di Kabupaten Magetan, sampel dalam penelitian ini siswa SMP Negeri kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pengambilan sampel yang dilakukan berdasarkan pertimbangan khusus untuk dijadikan sampel dengan seratus lima belas siswa. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data dengan uji deskriptif data, uji normalitas, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan hasil penelitian tentang kedisiplinan, motivasi dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar dengan program SPPS menjelaskan bahwa kedisiplinan, motivasi, dan dukungan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, A., & Syaifuddin, M. I. (2017). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 147–167. https://doi.org/10.32923/edugama.v3i2.727

Azizah, A., & Winarti, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2714

Breda, M. J. van. (2015). Understanding Learners’ Perceptions of Chaotic Family aspects affecting School Truancy and Non-School Attendance: A South African Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 190(November 2014), 10–16. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.909

Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogik, 1(2), 119–130.

Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5, 177–185.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 25–33.

Khajehpour, M., & Ghazvini, S. D. (2011). The role of parental involvement affect in children’s academic performance. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 1204–1208. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.263

Khan, R. M., & Chohan, M. B. I. (2017). Impact of parental support on the academic performance and self concept of the student. Journal of Research and Reflections, 4(1), 14–26.

Kusumaningrum, M. D., & Sukartono, S. (2022). Analisis Pengaruh Disiplin Belajar Serta Rasa Ingin Tahu Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5259–5267. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3013

Murtiningsih. (2015). pengaruh motivasi belajar , sarana belajar, dan percaya diri terhadap hasil belajar ips siswa penerima BSM smpn di surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(November), 1689–1699.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan Disiplin Belajar Dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 100–105. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.905

Njoroge, P. M., & Nyabuto, A. N. (2014). Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(1), 289–308. https://doi.org/10.5901/jesr.2014.v4n1p289

Payung, L. M., Ramadhan, A., & Made, I. (2016). Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Parigi. E-Jurnal Mitra Sains : Universitas Tadaluko, 4, 183–191.

Peterria, V., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Cara Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 860–873.

Siahaan C, D. & P. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, lingkungan sekolah, dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 831–843.

Sukmanasa, E. (2016). Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Kreatif, 7(1), 11–24.

Umar Munirwan. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 108–139. https://doi.org/10.24239/msw.v12i1.591

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Endrayanti, Y. R., Khamidi, A., Murtadlo, M., Hariyanti, N., & Setyowati, S. (2024). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi, dan Dukungan Keluarga terhadap Hasil Belajar. Journal of Education Research, 5(3), 2530–2539. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1068

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>