Peningkatan Motivasi Belajar melalui Implementasi Problem Based Learning di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.750Keywords:
Model pembelajaran, Motivasi belajar, PBL, Sekolah DasarAbstract
Model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa pada level analisis sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu model yang bisa diterapkan dalam rangka meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Tujuan riset ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah di kelas IV. Metode riset yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah mengidentifikasi dan merumuskan masalah; menganalisis masalah; merumuskan hipotesis tindakan; membuat rencana tindakan dan pemantauannya; melaksanakan tindakan dan mengamatinya; mengolah dan menafsirkan data; dan melaporkan. Hasil riset menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari prasiklus ke siklus satu sebesar tujuh belas persen, dan dari siklus satu ke siklus dua sebesar sepuluh persen. Pembelajaran berbasis masalah harus terus ditingkatkan penerapannya di kelas tinggi sekolah dasar.
Downloads
References
Amir, R., Marzuki, K., Jumiati, & Gaffar, F. (2022). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar Pendidikan Keaksaraan Berbasis Life Skill. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 615–620.
Aras, L., Irfan, M., & Amran, M. (2023). Analisis Gambaran Lingkungan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(3), 478–485.
Arrahim, & Azis, D., A. (2023). Implementasi Penggunaan Media Learning Videos terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(2), 317–321.
Azizi, D., G., R., Kurniawati, R., P., & Setyowati, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Media Pohon Literasi untuk Meningkatkan Kosa Kata Baru Siswa Kelas 5 SD. Journal of Education Research, 4(3), 1046–1053. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.222
Kalsum, U., & Taufiq, M. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Maharah Istima’ melalui Metode Storytelling pada Siswa Kelas X. Journal of Education Research, 4(3), 1251–1258. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.314
Kandia, I., W., Suarningsih, N., M., Wahdah, Arifin, Jenuri, & Suwarma, D., M. (2023). The Strategic Role of Learning Media in Optimizing Student Learning Outcomes. Journal of Education Research, 4(2), 508–514.
Lestari, S., Masfuah, S., & Oktavianti, I. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Diorama Bulusan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(1), 90–97.
Mujahidah, Isnar, M., Kadir, A., & Patta, R. (2021). Pengaruh Motivasi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 447–455. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20912
Ni’mah, N., Suminar, T., & Sarwi. (2021). Desain Komik Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Konservasi untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Peduli Lingkungan. JIKAP: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3), 395–406.
Refanda, F., R., & Dzarna. (2023). Penerapan Metode Student Centered Learning pada Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Kaliwates Jember. Journal of Education Research, 4(4), 2050–2057.
Rejeki, S., & Nisa, A., F. (2023). Pembelajaran Berbasis Bumedi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 7(3), 499–504.
Rosmalah, Amran, M., & Cahyani, I., G. (2022). Hubungan Lingkungan Belajar di Sekolah dengan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 117–121.
Sartika, A., D., & Razak, N., K. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Rekaman Meletusnya Gunung Berapi Krakatau dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembang, Kabupaten Pinrang. Journal of Education Research, 4(3), 1468–1475. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/413%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/413/285
Siregar, N., Mariani, S., & Asikin, M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Bermuatan Etnomatematika melalui Model PBL Berbantuan Geogebra Ditinjau dari Minat Belajar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 203–209.
Suci, C., & Ginting, N. (2023). Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 7 Karang Baru. Journal of Education Research, 4(3), 1429–1433.
Yogi, N., D., M., Mardi, & Pratama, A. (2023). Pengembangan Pembelajaran Daring dan Media Online terhadap Kemandirian Belajar yang Dimediasi Motivasi Belajar Siswa SMA. Journal of Education Research, 4(3), 1101–1118. http://jurnaledukasia.org
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Herlina Herlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).