Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Daya Serap Siswa pada Pelajaran Akuntansi

Elisa Haryani(1Mail), Syarwani Ahmad(2), Riswan Aradea(3),
(1) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Elisa Haryani, Syarwani Ahmad, Riswan Aradea

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v2i2.51

Download Full Text:   [File Size  : 155KB]  Language : id

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya daya serap siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Prabumulih dengan menganalisis hasil dari penyebaran angket kepada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Prabumulih. Teknik dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa daya serap siswa dipengaruhi oleh faktor sekolah dengan jumlah 8 pernyataan yaitu kemampuan guru dalam menguasai materi, kemampuan guru di dalam pengelolaan kelas, metode mengajar guru yang disenangi siswa, kondisi gedung sekolah dan ruang kelas, relasi siswa, guru yang bersahabat, alat belajar dan pembelajaran, penyediaan media belajar yang mencukupi sebesar 58,5% dengan kategori kurang, faktor psikologis sebesar 36,9% termasuk kategori sangat kurang dengan jumlah 5 pertanyaan yaitu minat belajar siswa, daya ingat siswa, IQ siswa, motivasi, dan persiapan dalam proses belajar, faktor fisik sebesar 30,55% termasuk kategori sangat kurang dengan jumlah 4 pertanyaan yaitu kesehatan jasmani, kesehatan mata, kesehatan telinga, dan keoptimalan dalam belajar, dan faktor keluarga sebesar 22,5% termasuk kategori sangat kurang dengan jumlah 4 pertanyaan yaitu pemilihan waktu belajar, pemanfaatan waktu yang baik dalam belajar, dan lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif

Keywords


Faktor-faktor; Penyebab rendahnya daya serap siswa; Pelajaran Akuntansi

References


Ahmad, F. (2016). Daya Serap Terhadap Pembelajaran Taksonomi. Jurnal Pustaka, 52.

Aris, K. (2015). Pengertian Analisis Menurut Para Ahli. Jurnal.

Arnike, A. M. (2013). Kecerdasan Emosi Mahasiswa . Jurnal Emba, 903.

Dimyati. (2012). Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: PT. Asdi Mahasa.

Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.

Karyatomo. (2019). Buku Ajar Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish.

Najahah. (2015). Potensi Daya Serap Anak Didik Terhadap Pelajaran . Jurnal Lentera, 163,167.

Lestari, N. D . (2018). Analisis Penggunaan Sarana dan Prasarana untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mahasiswa di Universitas PGRI Palembang Tahun 2016/2017. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, 46.

Prasetyo, N. F. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Sentolo. Jurnal Daya Serap Siswa,13

Sardiman. (2012). Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Raja Grafindo Raja.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sochib. (2018). Buku Ajar Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Statiska Untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Syofian, S. (2010). Statiska Deskriptif Untuk Penelitian . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wasty, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Article Metrics

 Abstract Views : 50 times
 PDF Downloaded : 48 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.