Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1775Keywords:
Pembelajaran Discovery Learning, Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan PolusiAbstract
Pembelajaran Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi akan terasa membosankan jika hanya menggunakan metode ceramah yang umum digunakan pada pelajaran lainnya. Discovery Learning adalah suatu model pembelajaran dimana aktivitas atau kegiatan belajar menitikberatkan pada peserta didik dan kemampuan belajar dari peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan mendorong siswa mencari jawaban sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi serta untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Lesson Study. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Peneliti memilih Cluster Random Sampling sebagai teknik sampling yang digunakan, Pengambilan sampel klaster (Cluster Random Sampling). Proses penerapan model pembelajaran discovery learning dilakukan melalui dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning terbukti meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Awaliah, I. R., Nurfauziah, A., Fauzan, F. A., & Mahfudin, D. (2023). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Suatu Kajian Lteratur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1–10.
Azmi, N., AR, R. A., Mahmud, N., & Murtafiah, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Peluang. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 5(2), 221–227.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.
Hartati, D. V., Yusrizal, Y., & Bahrun, B. (2021). English Learning Management of Maritim Taruna in Seamanship Education and Training Center of Malahayati Aceh. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3), 580–586.
Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36–43.
Lestari, A. S. B. L. (2023). Lesson Study: Pembelajaran Berdiferensiasi Pasca Pandemi Covid-19. Global Education Journal, 1(3), 151–161.
Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10.
Matulessy, E. R., & Kilian, V. (2023). Statistika Deskriptif Implementasi Program Imunisasi Dasar Lengkap di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Manokwari Tahun 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3492–3499.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ptjuDwAAQBAJ
Pertiwi, P. I., & Furnamasari, Y. F. (2023). Sikap Guru terhadap Anak yang Malas Belajar di Kelas. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 125–134.
Rahman, M. H., & Ningrum, R. W. (2017). Penggunaan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan. Humano: Jurnal Penelitian, 8(1), 66–77.
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling serta Pemilihan Partisipan Ditinjau dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.
Tambunan, C., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Journal on Education, 6(2), 13875–13891.
Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Yani, E. A., & Widjajanto, H. (2023). Uang Kartal dalam Pendekatan Hukum Ekonomi dan Hukum Ekonomi Syariah. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 615–621.
Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197–216.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Diah Vitaloka Hartati, Sulastriani Sulastriani, Ahmad Ferdinan, Muhammad Sapril Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).