Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi

Authors

  • Diah Vitaloka Hartati Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia
  • Sulastriani Sulastriani Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia
  • Ahmad Ferdinan Nautika, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Indonesia
  • Muhammad Sapril Siregar Nautika, Politeknik Pelayaran Malahayati, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1775

Keywords:

Pembelajaran Discovery Learning, Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi

Abstract

Pembelajaran Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi akan terasa membosankan jika hanya menggunakan metode ceramah yang umum digunakan pada pelajaran lainnya. Discovery Learning adalah suatu model pembelajaran dimana aktivitas atau kegiatan belajar menitikberatkan pada peserta didik dan kemampuan belajar dari peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan mendorong siswa mencari jawaban sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pembelajaran Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi serta untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Lesson Study. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Peneliti memilih Cluster Random Sampling sebagai teknik sampling yang digunakan, Pengambilan sampel klaster (Cluster Random Sampling). Proses penerapan model pembelajaran discovery learning dilakukan melalui dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Efektivitas penerapan model pembelajaran discovery learning terbukti meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awaliah, I. R., Nurfauziah, A., Fauzan, F. A., & Mahfudin, D. (2023). Prinsip-Prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Suatu Kajian Lteratur. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1–10.

Azmi, N., AR, R. A., Mahmud, N., & Murtafiah, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Peluang. Journal of Health Education Economics Science and Technology (J-HEST), 5(2), 221–227.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.

Hartati, D. V., Yusrizal, Y., & Bahrun, B. (2021). English Learning Management of Maritim Taruna in Seamanship Education and Training Center of Malahayati Aceh. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(3), 580–586.

Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36–43.

Lestari, A. S. B. L. (2023). Lesson Study: Pembelajaran Berdiferensiasi Pasca Pandemi Covid-19. Global Education Journal, 1(3), 151–161.

Magdalena, I., Agustin, E. R., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(1), 1–10.

Matulessy, E. R., & Kilian, V. (2023). Statistika Deskriptif Implementasi Program Imunisasi Dasar Lengkap di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Manokwari Tahun 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3492–3499.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=ptjuDwAAQBAJ

Pertiwi, P. I., & Furnamasari, Y. F. (2023). Sikap Guru terhadap Anak yang Malas Belajar di Kelas. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Bahasa, 1(3), 125–134.

Rahman, M. H., & Ningrum, R. W. (2017). Penggunaan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan. Humano: Jurnal Penelitian, 8(1), 66–77.

Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling serta Pemilihan Partisipan Ditinjau dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

Tambunan, C., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Journal on Education, 6(2), 13875–13891.

Tumurun, S. W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Yani, E. A., & Widjajanto, H. (2023). Uang Kartal dalam Pendekatan Hukum Ekonomi dan Hukum Ekonomi Syariah. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 615–621.

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197–216.

Downloads

Published

2024-11-15

How to Cite

Hartati, D. V., Sulastriani, S., Ferdinan, A., & Siregar, M. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kepedulian Lingkungan dan Pencegahan Polusi. Journal of Education Research, 5(4), 5537–5544. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1775

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check