Peningkatan Motivasi dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Think Pair and Share Terintegrasi STEM Muatan IPA
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1389Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan karakter WASAKA siswa pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi, aktivitas, karakter WASAKA dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Telawang empat Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru Sembilan puluh tujuh persen sangat baik, hasil belajar emosional siswa terbudaya seratus persen, dan hasil belajar psikomotorik siswa Sembilan puluh tujuh persen sangat baik. Sembilan puluh persen keterlibatan siswa masuk dalam kelompok sangat aktif, dan serratus persen motivasi belajarnya masuk dalam kategori sangat tinggi. Disimpulkan bahwa motivasi dan karakter siswa kelas V WASAKA pada materi IPA dapat ditingkatkan dengan penerapan metodologi gabungan STEM PBL dan TPS.
Downloads
References
Afani, A. D., Wahyuningtiyas, A. S., Pramudhita, E. N., & Dayu, D. P. K. (2022). Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI BANJARMASIN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL. 2(20), 89–95.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.
Annisa, M., Hamid, H., & -, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054
Annisa, M., Nanna, A. W. I., Sofyan, A., & Kusnadi, D. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Tes, Konstruksi Dan Analisis Butir Soal Di Wilayah 2T. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 46–51. https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.63
Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(1), 1–10. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/795
Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 76-87.
Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676
Cindrakasih, R. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Kuliah PIK dalam Pandangan Mahasiswa. Jurnal Public Relations-JPR, 1(1), 1–4. http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/165
Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 1–8. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/170
Desember, N., Ayun, Q., & Suriansyah, A. (2023). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Memecahkan Masalah Menggunakan Model LEARN GREAT Pada Muatan IPA. 2(4).
Effendi, A. (2021). Nilai Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Film Animasi Zootopia dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi. http://etheses.iainponorogo.ac.id/17285/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/17285/1/SKRIPSI 210617163 ARDY EFFENDI.pdf
Erikasari, E., Agustin, A., & Hidayat, D. (2021). Peranan Refleksi Guru dalam Upaya Meningkatkan Manajemen Kelas (The Role of Teacher’s Reflection in Effort to Improve Class Management). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 96–113. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/rt/metadata/2124/0
Fahri, F., Lubis, M. J., & Darwin. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364–3372. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2616
Fitriani Eka, S., Annisa, M. & Dedi, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Widyagogik, 6(1), 57–72. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/download/4562/3172
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Hidayat, Sukmawarti, & Fadilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD dengan Menggunakan Chip Bilangan. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(4), 160–167. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/38854
Jannah, Fathul; Fahlevi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan dengan Group Investigation dalam Hasil Belajar Siswa pada Materi Organisasi Pemerintahan Pusat di Kelas IV SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 1–8.
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370
Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678
Maulana, M. F., & Annisa, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Team Games Tournament Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1535-1544.
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Noorhapizah, Sukma, M. R., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Menemukan Informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IVB SDN Gambut 2 Kabupate. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 95– 106.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik menggunakan pbl. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320-329.
Prastitasari, H., Annisa, M., Sari, R., Prasetyo, A. R., Jannah, F., & Habibi. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Lahan Basah Bagi Guru SD Negeri Pemurus 2 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 266–274. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/26938/17708
Prastitasari, H., Fitria, M., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Pbl , Sr , Dan Qod Increasing Elementary School Students ’ Mathematics Achie. 11(December), 1792–1804
Primayana, K. H. (2022). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 50-54.
Putri, T. D. Z., Irwandi, I., & Mursal, M. (2023). Constructivism theory in the ISLE-based STEM approach model for wave topics in middle and high school students. Journal of Aceh Physics Society, 12(2), 19–24. https://doi.org/10.24815/jacps.v12i2.32021
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110-121.
Shofina, N., & Annisa, M. (2023). Kombinasi Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 63–73.
Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif.
Sirojuddin, Holis, Moh., & Fathullah. (2020). Peran Guru sebagai Konselor dalam Kegiatan Belajar Siswa. Al-Miftah: Jurnal Sosial dan Dakwah, 1(1), 1–14. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/almiftah/article/view/85
Syifa, S. A., & Annisa, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2773-2782.
Yulanda, & Annisa, M. (2023). Meningkatkan aktivitas belajar, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar di sekolah dasar. 1(5), 757–769.
Yusuf, I., & Ma’rufi, N. (2022). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 26-40.
Zulfa, F. I. (2020). PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SMART CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Wonosari Bulu, Kabupaten Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Zulfida, Yasmina & Aslamiah. (2023). Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Model DIRAUT Pada Anak Kelompok B. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini, Vol. 3, No.2.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dwi Annisa, Muhsinah Annisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).