Peningkatan Motivasi dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Think Pair and Share Terintegrasi STEM Muatan IPA

Authors

  • Dwi Annisa Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Muhsinah Annisa Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1389

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan karakter WASAKA siswa pada pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi, aktivitas, karakter WASAKA dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Telawang empat Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru Sembilan puluh tujuh persen sangat baik, hasil belajar emosional siswa terbudaya seratus persen, dan hasil belajar psikomotorik siswa Sembilan puluh tujuh persen sangat baik. Sembilan puluh persen keterlibatan siswa masuk dalam kelompok sangat aktif, dan serratus persen motivasi belajarnya masuk dalam kategori sangat tinggi. Disimpulkan bahwa motivasi dan karakter siswa kelas V WASAKA pada materi IPA dapat ditingkatkan dengan penerapan metodologi gabungan STEM PBL dan TPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afani, A. D., Wahyuningtiyas, A. S., Pramudhita, E. N., & Dayu, D. P. K. (2022). Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar 2 (SENSASEDA) 2 STKIP PGRI BANJARMASIN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITAL. 2(20), 89–95.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80–86.

Annisa, M., Hamid, H., & -, K. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Wilayah Pedalaman. Jurnal Widya Laksana, 5(2), 81. https://doi.org/10.23887/jwl.v5i2.9054

Annisa, M., Nanna, A. W. I., Sofyan, A., & Kusnadi, D. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Tes, Konstruksi Dan Analisis Butir Soal Di Wilayah 2T. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 46–51. https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.63

Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda di Sekitar Kita Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(1), 1–10. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/795

Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 76-87.

Astuti, D. P., Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(2), 185–192. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3676

Cindrakasih, R. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Kuliah PIK dalam Pandangan Mahasiswa. Jurnal Public Relations-JPR, 1(1), 1–4. http://eprints.bsi.ac.id/index.php/jpr/article/view/165

Damanik, R. (2019). Hubungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 1–8. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/170

Desember, N., Ayun, Q., & Suriansyah, A. (2023). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Memecahkan Masalah Menggunakan Model LEARN GREAT Pada Muatan IPA. 2(4).

Effendi, A. (2021). Nilai Kerja Keras dan Kerja Sama dalam Film Animasi Zootopia dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Peduli Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Skripsi. http://etheses.iainponorogo.ac.id/17285/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/17285/1/SKRIPSI 210617163 ARDY EFFENDI.pdf

Erikasari, E., Agustin, A., & Hidayat, D. (2021). Peranan Refleksi Guru dalam Upaya Meningkatkan Manajemen Kelas (The Role of Teacher’s Reflection in Effort to Improve Class Management). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 96–113. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/rt/metadata/2124/0

Fahri, F., Lubis, M. J., & Darwin. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364–3372. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2616

Fitriani Eka, S., Annisa, M. & Dedi, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Widyagogik, 6(1), 57–72. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/download/4562/3172

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.

Hidayat, Sukmawarti, & Fadilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD dengan Menggunakan Chip Bilangan. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 6(4), 160–167. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/38854

Jannah, Fathul; Fahlevi, R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Dikombinasikan dengan Group Investigation dalam Hasil Belajar Siswa pada Materi Organisasi Pemerintahan Pusat di Kelas IV SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 1–8.

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370

Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678

Maulana, M. F., & Annisa, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dan Team Games Tournament Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1535-1544.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.

Noorhapizah, Sukma, M. R., Agusta, A. R., & Pratiwi, D. A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Menemukan Informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas IVB SDN Gambut 2 Kabupate. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 95– 106.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik menggunakan pbl. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 320-329.

Prastitasari, H., Annisa, M., Sari, R., Prasetyo, A. R., Jannah, F., & Habibi. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Lahan Basah Bagi Guru SD Negeri Pemurus 2 Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. ESJ (Elementary School Journal), 11(3), 266–274. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/26938/17708

Prastitasari, H., Fitria, M., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Pbl , Sr , Dan Qod Increasing Elementary School Students ’ Mathematics Achie. 11(December), 1792–1804

Primayana, K. H. (2022). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 50-54.

Putri, T. D. Z., Irwandi, I., & Mursal, M. (2023). Constructivism theory in the ISLE-based STEM approach model for wave topics in middle and high school students. Journal of Aceh Physics Society, 12(2), 19–24. https://doi.org/10.24815/jacps.v12i2.32021

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110-121.

Shofina, N., & Annisa, M. (2023). Kombinasi Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Pemaknaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Wasaka Siswa Sekolah Dasar. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 63–73.

Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif.

Sirojuddin, Holis, Moh., & Fathullah. (2020). Peran Guru sebagai Konselor dalam Kegiatan Belajar Siswa. Al-Miftah: Jurnal Sosial dan Dakwah, 1(1), 1–14. http://ejournal.iaimu.ac.id/index.php/almiftah/article/view/85

Syifa, S. A., & Annisa, M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning, Numbered Head Together, STEM Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2773-2782.

Yulanda, & Annisa, M. (2023). Meningkatkan aktivitas belajar, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar di sekolah dasar. 1(5), 757–769.

Yusuf, I., & Ma’rufi, N. (2022). Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 26-40.

Zulfa, F. I. (2020). PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SMART CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Wonosari Bulu, Kabupaten Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Zulfida, Yasmina & Aslamiah. (2023). Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Model DIRAUT Pada Anak Kelompok B. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini, Vol. 3, No.2.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Annisa, D., & Annisa, M. (2024). Peningkatan Motivasi dan Karakter WASAKA Menggunakan Model Problem Based Learning dan Think Pair and Share Terintegrasi STEM Muatan IPA. Journal of Education Research, 5(3), 3449–3459. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1389

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check