Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.909Abstract
Media belajar alat bantu mengajar digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi. Perkembangan zaman media pembelajaran mengalami perkembangan. Pengembangan media belajar yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dapat memanfaatkan aplikasi Augmenteg Reality. Guru di era digital harus memiliki kualitas yang mumpuni agar menjadi seorang pendididk inspiratif. Tujuan penelitian mengetahui analisis kebutuhan menggunakan teknologi aplikasi Augmenteg Reality untuk siswa, mengetahui desain pengembangan media belajar IPA pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Augmenteg Reality. Mengetahui efektifitas media belajar IPA berbasis aplikasi Augmenteg Reality. Jenis penelitian penelitian ini adalah Research and Development Model pengembangan yang digunakan model pengembangan ADD di ambil model pengembangan ADDIE. Kemajuan teknologi untuk mengenal media belajar berbasis pada teknologi. Aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran berbasis teknologi yang aman untuk anak. Aplikasi Augmented Reality media sebagai pengenalan objek tanpa harus membawa anak pada objek itu, hanya dengan scan flashcard objek akan terlihat seperti nyata
Downloads
References
Akrama Ananda, Takhta dkk. (2015). “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet Di Tata Surya”. Jurnal
Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo
Asyar, R. (2017). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.
Bayong. (2013). Ilmu Kebumian dan Antariksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Budiaji, Weksi. (2013). “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert”. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 Desember 2013.
Chotimah, Chusnul dan Fathurrohman. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Darmawan, Deni. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa Edisi 1 / 4 SKS / Modul 1 – 12. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Dimyanti (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dwi Yulianti Kusuma, Susanna. 2018. “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based” Jurnal Buana Informatika, Volume 8, Nomor, 9 Mei 2018.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.424
Femando, Mario. (2016). Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vufuria SDK dan Unity. Solo: Buku AR Online.
Hamdani. (2015). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV. Pustaka setia
Hamdani., (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Hanafi. (2017). “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4 No. 2, Juli – Desember 2017.
Hisbullah dan Nurhayati Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Semarang: Penerbit Aksara Timur.
I Made Tegeh dan I Made Kirna. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model”. Jurnal IKA ISSN 1829-5282.
Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget”. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015.
Irmanto. 2018. Skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk Platform Android Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: UNY.
Kamelia, Lia. (2015). “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar”. ISSN 1979-8911 Volume IX No. 1 Edisi Juni 2015.
Karitas, Diana dkk. 2018. TEMA 9 : Menjelajah Angkasa Luar, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD Kelas VI 2018. (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).
Kosasih. E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kusniyati, Harni. (2016). “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android”. Jurnal Teknik Informatika Vol. 9 No. 1, April 2016.
Mahendra Sudirman Putra, Dawang. 2017. “Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Metode Pembelajaran IPA Berbasis Mobile”. J-Intech Journal of Information and Technology Vol.05 No.02, Desember 2017.
Munadi, Y. (2016). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi GP Press Group.
Sadiman. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Samatowa. (2014). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sanjaya, W. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Saputro Eko (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Susunan Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality”. Jurnal Buana Informatika, Volume 6, Nomor, 2, April 2015.
Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika
Susilana, R. & Riyana, C. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Yusuf L.N, (2018) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Zaid Rahman, Ahmad, dkk. (2017). “Media Pembelajaran IPA Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android”, STMIK Amikom Yogyakarta ISSN : 2302-3805 2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lestari Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).