Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

Authors

  • Lestari Hidayat Magister Pedagogik ,Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.909

Abstract

Media belajar alat bantu mengajar digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi. Perkembangan zaman media pembelajaran mengalami perkembangan. Pengembangan media belajar yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa dapat memanfaatkan aplikasi Augmenteg Reality. Guru di era digital harus memiliki kualitas yang mumpuni agar menjadi seorang pendididk inspiratif. Tujuan penelitian mengetahui analisis kebutuhan menggunakan teknologi aplikasi Augmenteg Reality untuk siswa, mengetahui desain pengembangan media belajar IPA pada materi tata surya menggunakan teknologi aplikasi Augmenteg Reality. Mengetahui efektifitas media belajar IPA   berbasis aplikasi Augmenteg Reality. Jenis penelitian penelitian ini adalah Research and Development  Model pengembangan yang digunakan model pengembangan ADD di ambil model pengembangan ADDIE. Kemajuan teknologi untuk mengenal media belajar berbasis pada teknologi. Aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran berbasis teknologi yang aman untuk anak. Aplikasi Augmented Reality media sebagai pengenalan objek tanpa harus membawa anak pada objek itu, hanya dengan scan flashcard objek akan terlihat seperti nyata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akrama Ananda, Takhta dkk. (2015). “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Planet-Planet Di Tata Surya”. Jurnal

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Asyar, R. (2017). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Bayong. (2013). Ilmu Kebumian dan Antariksa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Budiaji, Weksi. (2013). “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert”. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2 Desember 2013.

Chotimah, Chusnul dan Fathurrohman. 2018. Paradigma Baru Sistem Pembelajaran Dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darmawan, Deni. (2016). Mobile Learning Sebuah Aplikasi Teknologi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Daryanto. (2017). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2014. Metode Pengembangan Bahasa Edisi 1 / 4 SKS / Modul 1 – 12. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dimyanti (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dwi Yulianti Kusuma, Susanna. 2018. “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based” Jurnal Buana Informatika, Volume 8, Nomor, 9 Mei 2018.

Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.424

Femando, Mario. (2016). Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vufuria SDK dan Unity. Solo: Buku AR Online.

Hamdani. (2015). Strategi belajar mengajar. Bandung: CV. Pustaka setia

Hamdani., (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Hanafi. (2017). “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan”. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman. Vol. 4 No. 2, Juli – Desember 2017.

Hisbullah dan Nurhayati Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Semarang: Penerbit Aksara Timur.

I Made Tegeh dan I Made Kirna. “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model”. Jurnal IKA ISSN 1829-5282.

Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget”. Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015.

Irmanto. 2018. Skripsi: “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3D Untuk Platform Android Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: UNY.

Kamelia, Lia. (2015). “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar”. ISSN 1979-8911 Volume IX No. 1 Edisi Juni 2015.

Karitas, Diana dkk. 2018. TEMA 9 : Menjelajah Angkasa Luar, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Guru SD Kelas VI 2018. (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan).

Kosasih. E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kusniyati, Harni. (2016). “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android”. Jurnal Teknik Informatika Vol. 9 No. 1, April 2016.

Mahendra Sudirman Putra, Dawang. 2017. “Pemanfaatan Engine Vuforia untuk Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Metode Pembelajaran IPA Berbasis Mobile”. J-Intech Journal of Information and Technology Vol.05 No.02, Desember 2017.

Munadi, Y. (2016). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi GP Press Group.

Sadiman. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Samatowa. (2014). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sanjaya, W. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Saputro Eko (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Susunan Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality”. Jurnal Buana Informatika, Volume 6, Nomor, 2, April 2015.

Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Penerbit Informatika

Susilana, R. & Riyana, C. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Yusuf L.N, (2018) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zaid Rahman, Ahmad, dkk. (2017). “Media Pembelajaran IPA Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android”, STMIK Amikom Yogyakarta ISSN : 2302-3805 2017.

Downloads

Published

2024-03-09

How to Cite

Hidayat, L. (2024). Pengembangan Media Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Aplikasi Augmented Reality untuk Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri di Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal . Journal of Education Research, 5(1), 781–794. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.909

Issue

Section

Articles