Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Era Kurnia Ningsih SD Negeri 1 Kemang, Sanga Desa, Indonesia
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yessi Fitriani Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7

Keywords:

Kepemimpinan kepala sekolah, konsep diri, kompetensi profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri terhadap kinerja guru SMP atau MTs Negeri dan Swasta di kecamatan Sanga Desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak seratus tiga puluh dua orang yaitu guru PNS, guru tidak tetap, dan guru honorer di SMP atau MTs negeri dan swasta di Kecamatan Sanga Desa. Sampel penelitian sebanyak sembilan puluh sembilan orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP atau MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa;  konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP atau MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; dan kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP atau MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. (2020). Relationship the Work Culture and Training Programs Within Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1).

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Amalia, D. (2019). Promoting Just Culture For Enhancing Safety Culture In Aerodrome Airside Operation. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (10)

Apriani, N., Fatonah, F., & Oka, I. A. M. (2020). Rancangan Sistem Pengolahan Sertifikat Berbasis Website Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Evaluasi Kompetensi Safety Personil Di Lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero). Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 17-28.

Gunawan, I., & Benty, N. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hartiwi, H., Kozlova, A. Y., & Masitoh, F. (2020). The Effect of Certified Teachers and Principal Leadership toward Teachers’ Performance. International Journal of Educational Review, 2(1), 70-88.

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154-159.

Kartini, D., Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Leadership, Academic Supervision, and Professional Competence toward Teachers’ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 156-164.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Nugraha, W. (2019) Safety Documentation: A Communication Approach For Safety Management System In Aerodrome Operator. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (11), 1705-1711

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

Purwanto. M. N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja

Sagala, S. (2010). Supervisi Pendidikan dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Soleh, A. M., Tobari., Kesumawati, N. (2019). Development of The Practical Manual As A Learning Media For Simulator Aircraft Rescue And Fire Fighting. International Journal of Scientific & Technology Research 8(10).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, B. H. (2011). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Cetakan pertama. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Ningsih, E. K., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>