Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru

Era Kurnia Ningsih(1Mail), Happy Fitria(2), Yessi Fitriani(3),
(1) SD Negeri 1 Kemang, Sanga Desa, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Era Kurnia Ningsih, Happy Fitria, Yessi Fitriani

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7

Download Full Text:   [File Size  : 101KB]  Language : id
Received : 2020-10-28  |  Published : 2020-10-28

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri terhadap kinerja guru SMP/MTs Negeri dan Swasta di kecamatan Sanga Desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 132 orang yaitu guru PNS, guru tidak tetap, dan guru honorer di SMP/MTs negeri dan swasta di Kecamatan Sanga Desa. Sampel penelitian sebanyak 99 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP/MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; (2) konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP/MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; dan (3) kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP/MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa

Keywords


Kepemimpinan kepala sekolah; konsep diri; kompetensi profesional

References


Abdullah, A. (2020). Relationship the Work Culture and Training Programs Within Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1).

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Amalia, D. (2019). Promoting Just Culture For Enhancing Safety Culture In Aerodrome Airside Operation. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (10)

Apriani, N., Fatonah, F., & Oka, I. A. M. (2020). Rancangan Sistem Pengolahan Sertifikat Berbasis Website Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Evaluasi Kompetensi Safety Personil Di Lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero). Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 17-28.

Gunawan, I., & Benty, N. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hartiwi, H., Kozlova, A. Y., & Masitoh, F. (2020). The Effect of Certified Teachers and Principal Leadership toward Teachers’ Performance. International Journal of Educational Review, 2(1), 70-88.

Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154-159.

Kartini, D., Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Leadership, Academic Supervision, and Professional Competence toward Teachers’ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 156-164.

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.

Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.

Nugraha, W. (2019) Safety Documentation: A Communication Approach For Safety Management System In Aerodrome Operator. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (11), 1705-1711

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005

Purwanto. M. N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja

Sagala, S. (2010). Supervisi Pendidikan dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Soleh, A. M., Tobari., Kesumawati, N. (2019). Development of The Practical Manual As A Learning Media For Simulator Aircraft Rescue And Fire Fighting. International Journal of Scientific & Technology Research 8(10).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, B. H. (2011). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Cetakan pertama. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara


Article Metrics

 Abstract Views : 99 times
 PDF Downloaded : 77 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.