Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7Keywords:
Kepemimpinan kepala sekolah, konsep diri, kompetensi profesionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri terhadap kinerja guru SMP atau MTs Negeri dan Swasta di kecamatan Sanga Desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak seratus tiga puluh dua orang yaitu guru PNS, guru tidak tetap, dan guru honorer di SMP atau MTs negeri dan swasta di Kecamatan Sanga Desa. Sampel penelitian sebanyak sembilan puluh sembilan orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data analisis menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP atau MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP atau MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa; dan kepemimpinan kepala sekolah dan konsep diri secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kompetensi profesional guru SMP atau MTs negeri dan swasta di kecamatan Sanga Desa
Downloads
References
Abdullah, A. (2020). Relationship the Work Culture and Training Programs Within Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1).
Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).
Amalia, D. (2019). Promoting Just Culture For Enhancing Safety Culture In Aerodrome Airside Operation. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (10)
Apriani, N., Fatonah, F., & Oka, I. A. M. (2020). Rancangan Sistem Pengolahan Sertifikat Berbasis Website Sebagai Upaya Untuk Peningkatan Evaluasi Kompetensi Safety Personil Di Lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero). Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 17-28.
Gunawan, I., & Benty, N. (2017). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hartiwi, H., Kozlova, A. Y., & Masitoh, F. (2020). The Effect of Certified Teachers and Principal Leadership toward Teachers’ Performance. International Journal of Educational Review, 2(1), 70-88.
Ivanova, T., Gubanova, N., Shakirova, I., & Masitoh, F. (2020). Educational technology as one of the terms for enhancing public speaking skills. Universidad y Sociedad, 12(2), 154-159.
Kartini, D., Kristiawan, M., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Leadership, Academic Supervision, and Professional Competence toward Teachers’ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1), 156-164.
Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.
Noor, J. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Nugraha, W. (2019) Safety Documentation: A Communication Approach For Safety Management System In Aerodrome Operator. International Journal of Scientific & Technology Research 8 (11), 1705-1711
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
Purwanto. M. N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Remaja
Sagala, S. (2010). Supervisi Pendidikan dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Soleh, A. M., Tobari., Kesumawati, N. (2019). Development of The Practical Manual As A Learning Media For Simulator Aircraft Rescue And Fire Fighting. International Journal of Scientific & Technology Research 8(10).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uno, B. H. (2011). Teori Kinerja dan Pengukurannya. Cetakan pertama. Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2020 Era Kurnia Ningsih, Happy Fitria, Yessi Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).