Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

Herlinda Herlinda(1Mail), Happy Fitria(2), Yenny Puspita(3),
(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Plakat Tinggi Kab. Musi Banyuasin, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Herlinda Herlinda, Happy Fitria, Yenny Puspita

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.11

Download Full Text:   [File Size  : 159KB]  Language : id
Received : 2020-10-30  |  Published : 2020-09-30

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pengetahuan guru terhadap media berbasis TIK di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, 2) Untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam menggunakan media berbasis TIK di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengetahuan dan keterampilan guru di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi terhadap media TIK dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013, sudah cukup sebesar 30% (3 orang) dan baik sebesar 70% (7 orang), dan 2) Keterampilan guru di SMP Negeri 3 Plakat Tinggi dalam menggunakan media berbasis TIK menunjukkan bahwa guru sudah menguasai keterampilan komputer, khususnya pada program Microsoft Office sebesar 100% (10 orang).

Keywords


Implementasi; TIK; Kualitas Guru

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani. (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Jakarta: Diva Press.

Asnawir, U. B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi dan Pengembangan Profesional.

Hamzah, B., & Lamatenggo, N. (2013). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Cet. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jardiknas. (2010). Modul Jardiknas: Pemenafaatan TIK dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction. Global Journal of Human-Social Science Research.

Kristiawan, M., & Muhaimin, M. (2019). Teachers’ Obstacles In Utilizing Information and Communication Technology. International Journal of Educational Review, 1(2), 56-61.

Mulyasa, E. (2014). Standar Kompetensi Guru dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komonikasi (TIK) di SD Negeri 01 Ledok Kecematan Sambong Kabupaten Blora. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Prawiradilaga, D. S. (2007). Prinsip Desain Pembelajaran Iinstrucsional Design Principles. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2015). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sa’ud, U. S. (2008). Inovasi Pendidikan. Cet. Ke-1. Bandung: Alfabeta.

Sudijono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Article Metrics

 Abstract Views : 90 times
 PDF Downloaded : 60 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.