Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa

Rina Meiliyani(1Mail), Happy Fitria(2), Yenny Puspita(3),
(1) Sekolah Menengah Atas Negeri Kecamatan Lais, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Rina Meiliyani, Happy Fitria, Yenny Puspita

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.39

Download Full Text:   [File Size  : 175KB]  Language : id
Received : 2021-01-13  |  Published : 2021-01-13

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh sertifikasi dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Sampel penelitian terdiri dari 26 guru yang bersertifikat. Teknik pengumpulan data: 1) angket; 2) dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi software SPSS For Windows Version 21. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh yang signifikan sertifikasi terhadap prestasi belajar siswa di SMA Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa di SMA Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin; 3) Ada pengaruh yang signifikan sertifikasi dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di SMA Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin

Keywords


Sertifikasi; Kinerja Guru; Prestasi Siswa

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Z. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya. Departemen Pendidikan Nasional

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2004. Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Hasibuan, M. S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara. (2011). Jurnal: Kinerja Guru dan Upaya Meningkatkannya. Jakarta: www.emaskuwinggo-mangkunegara.html. (Diakses pada 20 November 2019).

Muslich, M. (2016). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarata: Bumi Aksara

Mulyasa. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang. (2013.) Strategi Pendidikan. Jakarta: Raja Graffindo Persada.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Rusyan. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sani, B. (2017). Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.

Sardiman. (2013). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sarimaya, F. (2018). Sertifikasi Guru Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Bandung: Yrama Widya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih N. (2010). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Soekarno, P. R. (2009). Kinerja Guru dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. http://cindoprameswari.com/2009/02/kinerja-guru-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhinya.html (20 November 2019).

UU No. 14 tahun 2004 tentang Guru dan Dosen. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas RI.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas RI

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Uno, H. B. (2008). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

 Abstract Views : 85 times
 PDF Downloaded : 70 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.