Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru

Yopi Aprida(1Mail), Happy Fitria(2), Nurkhalis Nurkhalis(3),
(1) Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Prabumulih, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Yopi Aprida, Happy Fitria, Nurkhalis Nurkhalis

DOI : https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.16

Download Full Text:   [File Size  : 111KB]  Language : id
Received : 2020-10-31  |  Published : 2020-10-31

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat. Populasi penelitian ini adalah guru pada SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat sebanyak 104 orang yang digunakan untuk sampel. Data dikumpulkan dengan kuesioner menggunakan skala likert, dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan menggunakan program Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 22.0 dan Manual. Penelitian ini menemukan bahwa 1) ada pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Prabumulih Barat sebesar 52,6% sisanya 47,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel dalam penelitian ini. 2) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se Kecamatan Prabumulih Barat sebesar 46,2% sisanya 53,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang bukan menjadi variabel dalam penelitian ini 3) ada pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Prabumulih Barat, sebesar 58,5% sisanya 41,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak termaksud variable variabel pada penelitian ini.

Keywords


Supervisi Kepala Sekolah; Motivasi Kerja; Kinerja Guru

References


Anoraga, P. (2006). Psikologi Kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitria, H. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 5, No. 2, Juli-Desember 2020

Harapan, E. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 5, No. 2, Juli-Desember 2020

Lian, B. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Disiplin Kerja, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Volume 6, No. 1, Januari-Juni 2021

Mathis, R. L. & Jackson, J. H. (2006). Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Dian Angelia. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Sahertian, P. A. (2002). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. Rineka Cipta.

Saondi, O., & Suherman, A. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumadi. (2001). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wilis. (2001). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Woodworth. (2001). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Andi Offset.


Article Metrics

 Abstract Views : 635 times
 PDF Downloaded : 529 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.