Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru

Authors

  • Herlina Herlina Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lais, Indonesia
  • Happy Fitria Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Yenny Puspita Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.32

Keywords:

Kemampuan Kepala Sekolah, Hubungan, Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Teknik analisi yang digunakan adalah uji t dan anava dengan bantuan program komputer SPSS versi 23. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru t_hitung = 19,303 > t_tabel = 1,685 dengan taraf signifikan α = 0,05; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kompensasi terhadap kinerja guru dengan t_hitung = 3,128 > t_tabel = 1,685 dengan taraf signifikan α = 0,05, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin dengan f_hitung = 181,407 > f_tabel = 4,090 dengan taraf signifikan α = 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/693

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.

Darmiati, D., Kristiawan, M., & Rohana, R. (2020). The Influence of School Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Discipline. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 32-44. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/8

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Hartini, A.L. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.

Kesumawati, N. & Ariadanu, I. (2017). Statistik Parametrik. Palembang: NoerFikri.

Khasanah, U., Kristiawan, M., & Tobari. (2019). The Implementation of Principals’ Academic Supervision in Improving Teachers’ Professionalism in the State Primary Schools. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Komalasari, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 181-193. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/47

Kristiawan, M. (2013). The Implementation of Cooperative Learning in English Class of Favorite School of Secondary High School 5 Batusangkar, West Sumatera. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 5(6), 85-90.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373 - 390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Murtiningsih, Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication with Work Ethos of The Teacher. European Jurnal of Education Studies 6(1). Retrieved from http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2398

Pangabean, S. M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaroni. (2007). Pengaruh Kinerja Kepemimpinan dan Manajemen Kepala SekolahTerhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kabupaten Brebes. (Tesis tidak dipublikasikan). Semarang : PPS UNNES Prod MP.

Tilaar, H.A.R. (2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabet.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Herlina, H., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 276–282. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.32

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>