Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru

Herlina Herlina(1Mail), Happy Fitria(2), Yenny Puspita(3),
(1) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lais, Indonesia
(2) Universitas PGRI Palembang, Indonesia
(3) Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Herlina Herlina, Happy Fitria, Yenny Puspita

DOI : https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.32

Download Full Text:   [File Size  : 168KB]  Language : id
Received : 2020-12-10  |  Published : 2020-12-11

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Populasi penelitian adalah guru SMA Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Teknik analisi yang digunakan adalah uji t dan anava dengan bantuan program komputer SPSS versi 23. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru t_hitung = 19,303 > t_tabel = 1,685 dengan taraf signifikan α = 0,05; 2) terdapat pengaruh yang signifikan kompensasi terhadap kinerja guru dengan t_hitung = 3,128 > t_tabel = 1,685 dengan taraf signifikan α = 0,05, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Lais Kabupaten Musi Banyuasin dengan f_hitung = 181,407 > f_tabel = 4,090 dengan taraf signifikan α = 0,05

Keywords


Kemampuan Kepala Sekolah; Hubungan; Mutu Pendidikan

References


Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/693

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Asvio, N., Yamin, M., & Risnita. (2019). Influence of Leadership Style, Emotional Intelligence and Job Satisfaction toward Organizational Commitment (Survey at SMA Muhammadiyah South Sumatera). International Journal of Scientific & Technology Research 8 (8).

Budiyono, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal Supervision and Organizational Climate toward Teacher’s Performance. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities Vol 2: Issue II, Apr - Jun 2020.

Darmiati, D., Kristiawan, M., & Rohana, R. (2020). The Influence of School Leadership and Work Motivation toward Teacher’s Discipline. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 32-44. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/8

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1).

Hartini, A.L. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang.

Kesumawati, N. & Ariadanu, I. (2017). Statistik Parametrik. Palembang: NoerFikri.

Khasanah, U., Kristiawan, M., & Tobari. (2019). The Implementation of Principals’ Academic Supervision in Improving Teachers’ Professionalism in the State Primary Schools. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Komalasari, K., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2020). Principal’s Management Competencies in Improving the Quality of Education. Journal of Social Work and Science Education, 1(2), 181-193. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/47

Kristiawan, M. (2013). The Implementation of Cooperative Learning in English Class of Favorite School of Secondary High School 5 Batusangkar, West Sumatera. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 5(6), 85-90.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373 - 390. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348

Murtiningsih, Kristiawan, M., & Lian, B. (2019). The Correlation Between Supervision of Headmaster and Interpersonal Communication with Work Ethos of The Teacher. European Jurnal of Education Studies 6(1). Retrieved from http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v0i0.2398

Pangabean, S. M. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahmadoni, J. (2018). Isu Global Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan 3(2), Juli-Desember 2018.

Rahmadoni, J. (2018). Perancangan Simulasi Pembelajaran Kriptografi Klasik Menggunakan Metode Web Based Learning. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1), 34-43. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v1i1.160

Ruslan, Lian, B., & Fitria, H. (2020). The Influence of Principal’s Situational Leadership and Teacher’s Professionalism on Teacher’s Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 20(1). Retrieved from https://ijpsat.ijsht-journals.org/index.php/ijpsat/article/view/1733

Sedarmayanti. (2001). Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaroni. (2007). Pengaruh Kinerja Kepemimpinan dan Manajemen Kepala SekolahTerhadap Kinerja Guru SMP Negeri Di Kabupaten Brebes. (Tesis tidak dipublikasikan). Semarang : PPS UNNES Prod MP.

Tilaar, H.A.R. (2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabet.


Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 76 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.