Pengembangan Modul Ajar Alur MERDEKA Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2073Keywords:
Pengembangan Modul Ajar, Alur Merdeka, Outdoor Learning, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di kelas V SD. Tujuan ini dasarkan pada hasil analisis yang menunjukkan bahwa belum optimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE dengan tiga tahap yaitu Anaysis, Design, Development. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA. Tahap desain melibatkan perencanaan modul pembelajaran yang mengintegrasikan aktivitas outdoor learning dengan alur MERDEKA. Pengembangan modul dilakukan dengan merancang materi dan aktivitas yang interaktif dan menarik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri Sekolah Binaan I Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Hal ini terlihat dari pemerolehan N Gain skor rata-rata yaitu 0,806498609 dengan kategori sangat efektif.
Downloads
References
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165
Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164
Heliwasnimar, H., Basri, H. H., & Fadriati. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Journal on Educatio, 6(4), 20835–20842.
Ihsan, M. Al, Syamsuyurnita, Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL SISWA DI KELAS V. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 463–472. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1042
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., Zahara, G., & Abstract, A. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710–716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852
Judijanto, L., Muhammadiah, M., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., Laksono, R. D., Mars, & Yunus, M. (2024). Metodologi Research And Developmet (Teori dan Penerapan Teori RnD) (Sepriano & Efitra, Eds.; Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mahful, Madjid, M. I., & Suharli, L. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR BELAJAR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN GURU GUGUS SATU TARANO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN INOVASI, 7(1), 133–142. https://conference.uts.ac.id/index.php/semai
Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP COMPLEX PROBLEM SOLVING SKILLS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 56 PEKANBARU. Jurnal PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 22–32.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Owon, O. A. S., Sastraatmadja, A. H. M., Prasetyo, E., Nasa, R., Amaludin, R., Sani, Y. S. Y. M., & Ndori, V. H. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan “ Teori dan Inovasi Peningkatan SDM” (N. Mayasari & A. H. M. Sastraamadja, Eds.; Pertama (2024)). WIDINA MEDIA UTAMA.
Pribadi, R. A., Azizah, M., & Efendi, R. S. (2023). Kinerja Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5495/http
Ramadan, D., & Khaeruddin. (2024). Implementasi Alur Merdeka dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Implementation of the Merdeka Flow in Improving Student Achievement. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(2), 67–75. https://doi.org/10.61227
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Restian, A., Deviana, T., Nanda, Y., & Saputri, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91.
Windansari, S. N. R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD KELAS IV. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 641–653.
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165
Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02
Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164
Heliwasnimar, H., Basri, H. H., & Fadriati. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Journal on Educatio, 6(4), 20835–20842.
Ihsan, M. Al, Syamsuyurnita, Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL SISWA DI KELAS V. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 463–472. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1042
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., Zahara, G., & Abstract, A. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710–716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852
Judijanto, L., Muhammadiah, M., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., Laksono, R. D., Mars, & Yunus, M. (2024). Metodologi Research And Developmet (Teori dan Penerapan Teori RnD) (Sepriano & Efitra, Eds.; Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mahful, Madjid, M. I., & Suharli, L. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR BELAJAR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN GURU GUGUS SATU TARANO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN INOVASI, 7(1), 133–142. https://conference.uts.ac.id/index.php/semai
Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP COMPLEX PROBLEM SOLVING SKILLS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 56 PEKANBARU. Jurnal PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 22–32.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Owon, O. A. S., Sastraatmadja, A. H. M., Prasetyo, E., Nasa, R., Amaludin, R., Sani, Y. S. Y. M., & Ndori, V. H. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan “ Teori dan Inovasi Peningkatan SDM” (N. Mayasari & A. H. M. Sastraamadja, Eds.; Pertama (2024)). WIDINA MEDIA UTAMA.
Pribadi, R. A., Azizah, M., & Efendi, R. S. (2023). Kinerja Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5495/http
Ramadan, D., & Khaeruddin. (2024). Implementasi Alur Merdeka dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Implementation of the Merdeka Flow in Improving Student Achievement. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(2), 67–75. https://doi.org/10.61227
Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388
Restian, A., Deviana, T., Nanda, Y., & Saputri, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91.
Windansari, S. N. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Outdoor Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Kelas IV. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 641–653.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Wiharti Wiharti, Dewi Apriani, Suriswo Suriswo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).