Pengembangan Modul Ajar Alur MERDEKA Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Kelas V SD

Authors

  • Wiharti Wiharti Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Dewi Apriani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2073

Keywords:

Pengembangan Modul Ajar, Alur Merdeka, Outdoor Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA di kelas V SD. Tujuan ini dasarkan pada hasil analisis yang menunjukkan bahwa belum optimalnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE dengan tiga tahap yaitu Anaysis, Design, Development. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan masalah yang dihadapi dalam pembelajaran IPA. Tahap desain melibatkan perencanaan modul pembelajaran yang mengintegrasikan aktivitas outdoor learning dengan alur MERDEKA. Pengembangan modul dilakukan dengan merancang materi dan aktivitas yang interaktif dan menarik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan modul ajar alur MERDEKA berbasis outdoor learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri Sekolah Binaan I Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Hal ini terlihat dari pemerolehan N Gain  skor rata-rata yaitu 0,806498609 dengan kategori sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164

Heliwasnimar, H., Basri, H. H., & Fadriati. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Journal on Educatio, 6(4), 20835–20842.

Ihsan, M. Al, Syamsuyurnita, Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL SISWA DI KELAS V. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 463–472. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1042

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., Zahara, G., & Abstract, A. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710–716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852

Judijanto, L., Muhammadiah, M., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., Laksono, R. D., Mars, & Yunus, M. (2024). Metodologi Research And Developmet (Teori dan Penerapan Teori RnD) (Sepriano & Efitra, Eds.; Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mahful, Madjid, M. I., & Suharli, L. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR BELAJAR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN GURU GUGUS SATU TARANO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN INOVASI, 7(1), 133–142. https://conference.uts.ac.id/index.php/semai

Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP COMPLEX PROBLEM SOLVING SKILLS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 56 PEKANBARU. Jurnal PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 22–32.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Owon, O. A. S., Sastraatmadja, A. H. M., Prasetyo, E., Nasa, R., Amaludin, R., Sani, Y. S. Y. M., & Ndori, V. H. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan “ Teori dan Inovasi Peningkatan SDM” (N. Mayasari & A. H. M. Sastraamadja, Eds.; Pertama (2024)). WIDINA MEDIA UTAMA.

Pribadi, R. A., Azizah, M., & Efendi, R. S. (2023). Kinerja Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5495/http

Ramadan, D., & Khaeruddin. (2024). Implementasi Alur Merdeka dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Implementation of the Merdeka Flow in Improving Student Achievement. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(2), 67–75. https://doi.org/10.61227

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Restian, A., Deviana, T., Nanda, Y., & Saputri, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91.

Windansari, S. N. R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SD KELAS IV. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 641–653.

Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1165

Boang Manalu, J., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Cholilah, M., Gratia Putri Tatuwo, A., Prima Rosdiana, S., & Noor Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164

Heliwasnimar, H., Basri, H. H., & Fadriati. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di SD. Journal on Educatio, 6(4), 20835–20842.

Ihsan, M. Al, Syamsuyurnita, Sari, S. P., & Nasution, I. S. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL SISWA DI KELAS V. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 463–472. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1042

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., Zahara, G., & Abstract, A. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 710–716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852

Judijanto, L., Muhammadiah, M., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., Lembang, S. T., Wattimena, F. Y., Astriawati, N., Laksono, R. D., Mars, & Yunus, M. (2024). Metodologi Research And Developmet (Teori dan Penerapan Teori RnD) (Sepriano & Efitra, Eds.; Pertama). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Mahful, Madjid, M. I., & Suharli, L. (2024). PENGARUH PENERAPAN ALUR BELAJAR MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN GURU GUGUS SATU TARANO DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN INOVASI, 7(1), 133–142. https://conference.uts.ac.id/index.php/semai

Maisya, R., Hermita, N., Noviana, E., & Alpusari, M. (2020). IMPLEMENTASI METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP COMPLEX PROBLEM SOLVING SKILLS PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 56 PEKANBARU. Jurnal PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 3(1), 22–32.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Owon, O. A. S., Sastraatmadja, A. H. M., Prasetyo, E., Nasa, R., Amaludin, R., Sani, Y. S. Y. M., & Ndori, V. H. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan “ Teori dan Inovasi Peningkatan SDM” (N. Mayasari & A. H. M. Sastraamadja, Eds.; Pertama (2024)). WIDINA MEDIA UTAMA.

Pribadi, R. A., Azizah, M., & Efendi, R. S. (2023). Kinerja Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5495/http

Ramadan, D., & Khaeruddin. (2024). Implementasi Alur Merdeka dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Implementation of the Merdeka Flow in Improving Student Achievement. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(2), 67–75. https://doi.org/10.61227

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Restian, A., Deviana, T., Nanda, Y., & Saputri, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85–91.

Windansari, S. N. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Outdoor Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Kelas IV. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 641–653.

Downloads

Published

2024-12-22

How to Cite

Wiharti, W., Apriani, D., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Modul Ajar Alur MERDEKA Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Kelas V SD . Journal of Education Research, 5(4), 6526–6534. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2073

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2