Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Perbatasan Jawa Sunda

Authors

  • Teguh Wiyono Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah D. S. Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1440

Keywords:

Pengembangan, Website, Prestasi

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMAN 1 Losari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik, untuk mengetahui efektifitas penggunaan Website dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SMAN 1 Losari Losari. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada Metode Penelitian dan Pengembangan yang bisasa disebut  dengan R&D atau Research and Development dengan model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model procedural yang prosesnya bersifat deskriptif mengikuti penelitian model ADDIE dengan menerapkan tiga langkah yaitu (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implement (implementasi), dan (5) Evaluatie (evaluasi). Teknik analisis dta yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung kelayakan dan efektifitas media yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah Media Pembelajaran berbasis Website pada mata pelajaran Bahasa Jawa serta efektif digunakan sebagai media untuk menunjang pembelajaran dalam rangka meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, Ike; KALIJAGA, Keguruan UIN Sunan. Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sman 9 Bandar Lampung. 2021. PhD mtaThesis. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning (4th ed.). Hoboken, NJ: Wiley.

Inzani, D. A., Ar, A., Halisa, N., Fauzi, L. A., Rahmat, M., Syukur, M., ... & Najamuddin, F. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran di masa pandemi covid-19. Journal Lepa-Lepa Open, 1(1), 143-151.

Siahaan, P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Wilayah Perbatasan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2), 157-167.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer. me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86-97.

Susilowati, Evi. Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2022, 1.1: 115-132.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Wiyono, T., Hartinah D. S., S., & Suriswo, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Perbatasan Jawa Sunda . Journal of Education Research, 5(3), 3233–3237. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1440

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>