Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Pemanfaatan Sarana Laboratorium, dan Komitmen terhadap Kinerja Guru IPA SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.689Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Sarana Laboratorium, Komitmen, Kinerja PraktikAbstract
Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses pendidikan atau pembelajaran di lembaga pendidikan sekolah. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif deskriptif dengan metode survei. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik, pemanfaatan sarana laboratorium dan komitmen secara simultan terhadap kinerja praktik IPA guru SMP Negeri se-Kabupaten Tegal. Analisa data menggunakan analisis deskriptif regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja praktik guru signifikan dipengaruhi oleh kompetesi pedagogik guru, komitmen guru dan sarana laboratorium itu sendiri
Downloads
References
Agustina, M; H.J. Apko. (2021). Kompetensi Guru: Metode Praktik dalam Pembelajaran IPA. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, Volume 8 Nomor 1, hlm. 55-70.
Bafadal,I. (2013). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar: Dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Elik Y.M. (2018). Pengaruh Pembiayaan, Pengelolaan Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kupang. Jurnal Profesi Keguruan, Volume 4, Nomor 2, hlm. 77-81.
Fadilah, I; R.I. Sari; V. Ramadhani; F.R. Basuki; O. Fitaloka. (2019). Ethnoscience Study of the Application and Delivery Procession of Adat Melayu Jambi as Science Learning Resources. Scientiae Educatia. Volume 8, Number 2, page 141.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal of Engineering And Science (IJES), Volume 4, Pages 01-12
Hasibuan,M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Buki Aksara
Hartinah D.S; R.A Nugraha; A.W.T Ardyanti. (2018). Seamanship Human Resource Development Management Strategy Based on Global Competitiveness at Maritime Secondary School-A Case Study in National Maritime Secondary School Purwokerto. European Journal of Education Studies, Volume 4, Number 2.
Sedarmayanti.( 2018). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.
Simatupang A.C; A.F. Sitompul. (2018). Analisis Sarana dan Prasarana Laboratorium Biologi dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, Volume 6, Nomor 2, hlm. 109-115.
Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi.
Sudaryo Y; A Aribowo; N.A Sofiati. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Kompensasi Tidak Langsung dan Lingkungan Kerja Fisik. Yogyakarta: Andi
Suharjanti.(2014). Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Yogyakarta
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Endang Farhiati, Sitti Hartinah, Dewi Apriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).