Strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.556Keywords:
Strategi Sweet Love, Kompetensi PedagogikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi Sweet Love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan mendeskripsikan strategi Sweet Love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di lingkungan sekolah dasar Kabupaten Tegal. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan untuk strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kab.Tegal. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Uji Coba instrumen melibatkan tujuh puluh responden yang terdiri dari enam puluh guru kelas dan sepuluh Kepala Sekolah Dasar di lingkungan Kabupaten Tegal. Strategi Sweet Love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di lingkungan sekolah dasar Kabupaten Tegal pada indikator membangun kolaborasi lintas generasi dengan kategori baik, pada indikator memotivasi penerapan sweet learning dengan kategori baik, pada indikator menciptakan student wellbeing dengan kategori baik, pada indikator membangun kerjasama dalam kekuatan cinta memperoleh kategori baik, dan pada indikator menciptakan iklim sekolah yang kondusif memperoleh kategori baik. Sedangkan rata-rata strategi sweet love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi kurikulum merdeka di lingkungan sekolah dasar Kabupaten Tegal memperoleh kategori baik.
Downloads
References
Arikunto. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani Makmur Jamal. (2009) .7 Kompetensi Guru Menyenangkan:Power books (IHDINA), Jogjakarta.
Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bryan Jensen (2023) “Becoming Equitable Educators: Practical Measures to Support Teachers’ Dispositional Growth” Reseach article. Journal of teaher Educational. https://doi.org/10.1177/00224871231183090 First published online June 30, 2023.
David. (2016). Strategi pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Yogyakarta: Media Wacana Press.
Ekawati, (2013). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: PT.Remaja Rosda Karya,Bandung
Hartinah, Sitti, (2018). Perkembangan Peserta Didik: Replika Aditama, Bandung.
Hatta,Hm. 2016. Empat Kompetensi untuk Membangun Profesionalisme Guru, Nizamia Learning Centre, Sidoarjo
Hendarman. (2015). Persepsi Guru Tentang Peran Kepala Sekolah
Henry (2014). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.
Julian Burger (Juli 2023) “Constructivist and Transmissive Mentoring”. Reseach article. Journal of teaher Educational. https://doi.org/10.1177/00224871231185371 First published online July 11, 2023.
Karwati,W, 2019, Strategi Sweet Love Membangun Komunitas Belajar Profesional, Bandung.
Kemendiknas, 2001. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Jakarta
Lestari karni & Aenah Siti., (2022).Guru PIJ Siap Hadapi Problematika pendidikan, Mazda Media. Tegal.
Mahgfiroh. (2020). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Mulyani (2020). Belajar & Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Karwati,Wawat & Prawiyogi (2019),Guru dan Membeljarkan Guru:FBIS Publising,Karawang
Munir (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Nana Sudjana (2016). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M) CEQM. Jakarta: Penebar Swadaya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2016). Satistika Dasar Untuk Penelitian, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Nawawi. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam PembelajaranTematik Di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal), 10 (2).
Nurianna. (2019). MPMBS, Konsep & Pelaksanaan, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Rachmaniza. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Bandung: Cipta Cekas Grafika.
Rahmat. (2019). Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS
Sadiyah (2020). Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah: Yogyakarta,CV Budi Utama.
Sanjaya, wina, (2016). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan : Kencana Prenada Media Group,Jakarta
Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana
Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantutatif dan Kualitatif Teori, Penerapan dan Riset Nyata: Quadrant. Yogyakarta.
Suparlan (2016). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tania. (2018). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Zamroni. (2021). Mensiasati Manajemen Berbasis Sekolah Di Era Krisis Yang Berkepanjangan, Jakarta: ICW.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Siti Aenah, Sitti Hartinah, Suriswo Suriswo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).