Strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Siti Aenah Program Studi Magister Pedagogi Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Program Studi Magister Pedagogi Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Suriswo Suriswo Program Studi Magister Pedagogi Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.556

Keywords:

Strategi Sweet Love, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi Sweet Love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan mendeskripsikan strategi Sweet Love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di lingkungan sekolah dasar Kabupaten Tegal. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan untuk strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kab.Tegal. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Uji Coba instrumen melibatkan tujuh puluh responden yang terdiri dari enam puluh guru kelas dan sepuluh Kepala Sekolah Dasar di lingkungan Kabupaten Tegal. Strategi Sweet Love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di lingkungan sekolah dasar Kabupaten Tegal pada indikator membangun kolaborasi lintas generasi dengan kategori baik, pada indikator memotivasi penerapan sweet learning  dengan kategori baik, pada indikator menciptakan student wellbeing  dengan kategori baik, pada indikator membangun kerjasama dalam kekuatan cinta memperoleh kategori baik, dan pada indikator menciptakan iklim sekolah yang kondusif memperoleh kategori baik. Sedangkan rata-rata strategi sweet love membangun kompetensi pedagogik guru dalam implementasi kurikulum merdeka di lingkungan sekolah dasar Kabupaten Tegal memperoleh kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani Makmur Jamal. (2009) .7 Kompetensi Guru Menyenangkan:Power books (IHDINA), Jogjakarta.

Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2015). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bryan Jensen (2023) “Becoming Equitable Educators: Practical Measures to Support Teachers’ Dispositional Growth” Reseach article. Journal of teaher Educational. https://doi.org/10.1177/00224871231183090 First published online June 30, 2023.

David. (2016). Strategi pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu: untuk meningkatkan profesionalitas guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Yogyakarta: Media Wacana Press.

Ekawati, (2013). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: PT.Remaja Rosda Karya,Bandung

Hartinah, Sitti, (2018). Perkembangan Peserta Didik: Replika Aditama, Bandung.

Hatta,Hm. 2016. Empat Kompetensi untuk Membangun Profesionalisme Guru, Nizamia Learning Centre, Sidoarjo

Hendarman. (2015). Persepsi Guru Tentang Peran Kepala Sekolah

Henry (2014). Psikologi Belajar. Ponorogo: Wade Group.

Julian Burger (Juli 2023) “Constructivist and Transmissive Mentoring”. Reseach article. Journal of teaher Educational. https://doi.org/10.1177/00224871231185371 First published online July 11, 2023.

Karwati,W, 2019, Strategi Sweet Love Membangun Komunitas Belajar Profesional, Bandung.

Kemendiknas, 2001. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Jakarta

Lestari karni & Aenah Siti., (2022).Guru PIJ Siap Hadapi Problematika pendidikan, Mazda Media. Tegal.

Mahgfiroh. (2020). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyani (2020). Belajar & Pembelajaran, Teori dan Praktik. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Karwati,Wawat & Prawiyogi (2019),Guru dan Membeljarkan Guru:FBIS Publising,Karawang

Munir (2018). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Nana Sudjana (2016). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M) CEQM. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2016). Satistika Dasar Untuk Penelitian, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Nawawi. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam PembelajaranTematik Di Sekolah Dasar. SEJ (School Education Journal), 10 (2).

Nurianna. (2019). MPMBS, Konsep & Pelaksanaan, Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Rachmaniza. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Bandung: Cipta Cekas Grafika.

Rahmat. (2019). Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS

Sadiyah (2020). Strategi Pemimpin dalam Penguatan Iklim Sekolah: Yogyakarta,CV Budi Utama.

Sanjaya, wina, (2016). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan : Kencana Prenada Media Group,Jakarta

Siregar, Syofian. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana

Sugiyono, (2021). Metode Penelitian Kuantutatif dan Kualitatif Teori, Penerapan dan Riset Nyata: Quadrant. Yogyakarta.

Suparlan (2016). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tania. (2018). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Zamroni. (2021). Mensiasati Manajemen Berbasis Sekolah Di Era Krisis Yang Berkepanjangan, Jakarta: ICW.

Downloads

Published

2023-11-19

How to Cite

Aenah, S., Hartinah, S., & Suriswo, S. (2023). Strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 4(4), 1814–1823. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.556

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>