Pengembangan Buku Pengayaan Jurnal Penyesuaian Berorientasi Berfikir Analitik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Muhamad Arifin Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Dewi Apriani Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Muntoha Nasucha Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1564

Keywords:

Buku Pengayaan, Jurnal Penyesuaian, Berfikir Analitik, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Pengembangan buku pengayaan jurnal penyesuaian berorientasi berfikir analitik bermuatan profil pelajar pancasila didasarkan pada hasil pengamatan dilapangan bahwa materi jurnal penyesuaian pada buku yang sudah beredar masih kurang mendalam. Disisi lain jurnal penyesuaian masih menjadi bahasan yang dirasa sulit bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe buku pengayaan jurnal penyesuaian berorientasi berfikir analitik bermuatan profil pelajar pancasila. Metode penelitian menggunakan jenis Research and Development (R&D) Borg & Gall dimana peneliti hanya melaksanakan sampai dengan tahap ke 5 yakni tahap revisi desain. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Tegal sejumlah 67 peserta didik dan 5 pendidik dari lima sekolah negeri di kota Tegal. Validasi buku pengayaan jurnal penyesuaian dilakukan oleh ahli materi akuntansi, ahli perbukuan dan ahli pancasila. Hasil uji validasi menunjukkan perolehan skor secara keseluruhan penilaian oleh ahli memperoleh rerata 90,1 dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Buku Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 3,” pp. 106–114, 2008.

N. Zuriah, H. Sunaryo, and N. Yusuf, “IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal,” Dedikasi, vol. 13, p. 39, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136/3774

M. Energi et al., “Nomor 75 , Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5530 );,” 2018.

M. Idris and I. Zulaeha, “Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Keefektifan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi Bermuatan Multikultural Berbasis Proyek Baca Tulis untuk Peserta Didik SMP Abstrak,” Seloka, vol. 6, no. 73, pp. 187–199, 2017.

A. Mutiara, W. Wagiran, and R. Pristiwati, “Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2419–2429, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2455.

D. Syahputra, “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan,” At-Tawassuth, vol. 2, no. 2, pp. 368–388, 2017.

M. Wulandari, S. Djaja, and P. Suharso, “Analysis of Learning Difficulty of Accounting on The Material AdjustmentJournal (Case Studies on The Students of Class XI IPS at SMA 1 PakusariAcademic Year 2013-2014),” J. Edukasi UNEJ, vol. 1, no. 2, pp. 23–27, 2014.

A. Manasikana and A. Listiadi, “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 1 Surabaya,” J. Pendidik. Akunt., vol. 5, no. 2, pp. 1–8, 2017.

L. F. Masitoh and W. G. Aedi, “Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 886–897, 2020, doi: 10.31004/cendekia.v4i2.328.

Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.

E. Ad’hiya and E. W. Laksono, “Development and validation of an integrated assessment instrument to assess students’ analytical thinking skills in chemical literacy,” Int. J. Instr., vol. 11, no. 4, pp. 241–256, 2018, doi: 10.12973/iji.2018.11416a.

D. I. Lestari and A. K. Projosantoso, “Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, p. 145, 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i2.7280.

Kemendikbud, “Rencana Strategis Kemendikbud 2020-2024,” pp. 1–23, 2016.

D. Irawati, A. M. Iqbal, A. Hasanah, and B. S. Arifin, “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 1224–1238, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.

R. Sundari, T. Karyono, and Z. Soeteja, “Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa Pgsd,” Muallimuna J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.31602/muallimuna.v6i1.3334.

T. Turap, T. B. Merupakan, T. B. Lebih, and T. D. Turap, “No itle,” pp. 1–17.

S. Sufyadi, T. Y. Harjatanaya, P. Adiprima, M. R. Satria, A. Andiarti, and I. et al Herutami, “Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA),” Kemendikbudristek, pp. 1–108, 2021, [Online]. Available: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Arifin, M., Apriani , D., & Nasucha, M. (2024). Pengembangan Buku Pengayaan Jurnal Penyesuaian Berorientasi Berfikir Analitik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila . Journal of Education Research, 5(3), 4099–4114. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1564

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check