Pengembangan Buku Pengayaan Jurnal Penyesuaian Berorientasi Berfikir Analitik Bermuatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1564Keywords:
Buku Pengayaan, Jurnal Penyesuaian, Berfikir Analitik, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Pengembangan buku pengayaan jurnal penyesuaian berorientasi berfikir analitik bermuatan profil pelajar pancasila didasarkan pada hasil pengamatan dilapangan bahwa materi jurnal penyesuaian pada buku yang sudah beredar masih kurang mendalam. Disisi lain jurnal penyesuaian masih menjadi bahasan yang dirasa sulit bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe buku pengayaan jurnal penyesuaian berorientasi berfikir analitik bermuatan profil pelajar pancasila. Metode penelitian menggunakan jenis Research and Development (R&D) Borg & Gall dimana peneliti hanya melaksanakan sampai dengan tahap ke 5 yakni tahap revisi desain. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 Tegal sejumlah 67 peserta didik dan 5 pendidik dari lima sekolah negeri di kota Tegal. Validasi buku pengayaan jurnal penyesuaian dilakukan oleh ahli materi akuntansi, ahli perbukuan dan ahli pancasila. Hasil uji validasi menunjukkan perolehan skor secara keseluruhan penilaian oleh ahli memperoleh rerata 90,1 dengan kategori sangat baik.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Buku Nomor 2 Tahun 2008 Pasal 1 Ayat 3,” pp. 106–114, 2008.
N. Zuriah, H. Sunaryo, and N. Yusuf, “IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal,” Dedikasi, vol. 13, p. 39, 2016, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/3136/3774
M. Energi et al., “Nomor 75 , Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5530 );,” 2018.
M. Idris and I. Zulaeha, “Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Keefektifan Buku Pengayaan Menulis Teks Hasil Observasi Bermuatan Multikultural Berbasis Proyek Baca Tulis untuk Peserta Didik SMP Abstrak,” Seloka, vol. 6, no. 73, pp. 187–199, 2017.
A. Mutiara, W. Wagiran, and R. Pristiwati, “Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 2, pp. 2419–2429, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2455.
D. Syahputra, “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan,” At-Tawassuth, vol. 2, no. 2, pp. 368–388, 2017.
M. Wulandari, S. Djaja, and P. Suharso, “Analysis of Learning Difficulty of Accounting on The Material AdjustmentJournal (Case Studies on The Students of Class XI IPS at SMA 1 PakusariAcademic Year 2013-2014),” J. Edukasi UNEJ, vol. 1, no. 2, pp. 23–27, 2014.
A. Manasikana and A. Listiadi, “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 1 Surabaya,” J. Pendidik. Akunt., vol. 5, no. 2, pp. 1–8, 2017.
L. F. Masitoh and W. G. Aedi, “Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika di SMP Kelas VII,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 886–897, 2020, doi: 10.31004/cendekia.v4i2.328.
Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
E. Ad’hiya and E. W. Laksono, “Development and validation of an integrated assessment instrument to assess students’ analytical thinking skills in chemical literacy,” Int. J. Instr., vol. 11, no. 4, pp. 241–256, 2018, doi: 10.12973/iji.2018.11416a.
D. I. Lestari and A. K. Projosantoso, “Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 2, no. 2, p. 145, 2016, doi: 10.21831/jipi.v2i2.7280.
Kemendikbud, “Rencana Strategis Kemendikbud 2020-2024,” pp. 1–23, 2016.
D. Irawati, A. M. Iqbal, A. Hasanah, and B. S. Arifin, “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 6, no. 1, pp. 1224–1238, 2022, doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
R. Sundari, T. Karyono, and Z. Soeteja, “Pengembangan Buku Pengayaan Bermuatan Lokal Bagi Mahasiswa Pgsd,” Muallimuna J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.31602/muallimuna.v6i1.3334.
T. Turap, T. B. Merupakan, T. B. Lebih, and T. D. Turap, “No itle,” pp. 1–17.
S. Sufyadi, T. Y. Harjatanaya, P. Adiprima, M. R. Satria, A. Andiarti, and I. et al Herutami, “Panduan pengembangan projek peguatan profil pelajar pancasila jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA),” Kemendikbudristek, pp. 1–108, 2021, [Online]. Available: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Arifin, Dewi Apriani , Muntoha Nasucha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).