Pengembangan Penilaian untuk Mengukur Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik SMP dengan Standar PISA 2018
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1472Keywords:
Pengembangan, Literasi Membaca, SMP, PISAAbstract
Kemampuan Literasi membaca peserta didik di UPTD SPF SMP N 10 Tegal masih rendah. Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik SMP berstandar PISA. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau Research and Development (R & D) dan dilaksanakan di UPTD SPF SMP N 10 Tegal. Peneliti menganalisis kebutuhan, konstruksi tes, validitas aspek isi, aspek psikometri butir-butir, dan validitas kontrak tes literasi membaca untuk peserta didik UPTD SPF SMP N 10 Tegal. Kesimpulan penelitian menunjukan (1) adanya kebutuhan pengembangan tes literasi membaca bagi Guru dan Peserta Didik di UPTD SPF SMP N 10 Tegal; (2) Konstruksi tes telah mengacu pada indikator standar PISA; (3) Instrumen tes telah memenuhi validitas dari aspek isi; (4) instrumen tes telah memenuhi validitas aspek psikometrik; dan (5) terdapat 1 butir soal tidak terpakai dan 29 butir soal layak sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengukur kemampuan literasi membaca
Downloads
References
Adawiyah, R., & Wisudawati, A. W. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains : Menilai Pemahaman Fenomena Ilmiah Mengenai Energi. Indonesian Journal of Curriculum, 5(2).
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah. In CV Pilar Nusantara.
Ardiyanti, D., & Dinni, S. M. (2018). Aplikasi Model Rasch dalam Pengembangan Instrumen Deteksi Dini Postpartum Depression. Jurnal Psikologi, 45(2). https://doi.org/10.22146/jpsi.29818
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.
Arikunto, Suharsimi. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 - Google Books. In Bumi Aksara (p.334).https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Dasar_Evaluasi_Pendidikan_Edisi_3/j5EmEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=&dq=suharsimi+arikunto+dasardasar+evaluasi+pendidikan&printsec=frontcover
Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2). https://doi.org/ 0.2 83 /pep.v22i2. 9590
Berti, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Dengan Metode P2R dan Berpikir-Berpasangan-Berbagi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6).
Dilla, R. F. (2019). Penilaian Aspek Pengetahuan Melalui Jenis Penialian Tes Di TK lL-Fadhilah Kabupaten Sleman DIY. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), (0 ). https://doi.org/ 0.24 27/j-sanak.v i0 . 3
Diputera, A. M. (20 9). Teori penilaian tes essai atau uraian. Journal Reseapedia, ( ).
Farahiba, A. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Peserta Didik Pada Materi Teks Anekdot. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 0(2). https://doi.org/ 0.24269/dpp.v 0i2.4554
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4( ). https://doi.org/ 0.2096 /jdc.v4i .43937
Gall, M. D., & Borg, W. R. ( 989). Educational Research an Introduction fourth edition. In Longman Inc.
Kemendikbud Dirjen Diksar dan Menengah . (2017). Pengembangan butir soal Higher-Order Thinking Skills Higher-Order Thinking Skills(HOTS). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Maryani,Ika (2022). Pengembangan Pembelajaran IPA Model Mishe (Metacognition in Science for Higher Education) Untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Mahasiswa.
Melly Elvia, S. H. (2015). Karakter BUtir Soal Ujian Semester dan Kemampuan Siswa SMA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Evaluasi Pendidikan Vol. 4. NO.1, Maret 2015, 58-68.
PISA Governing Board Indonesia. (2019). Pendidikan Di Indonesia Belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta : Pusat pengembangan pendidikan bidang penelitian dan pendidikan Kmendikbud.
Retnawati, H. (2014). TEORI RESPONS BUTIR DAN PENERAPANNYA Untuk Peneliti, Praktisi Pengukuran dan PengujianJ Mahasiswa Pascasarjana. Yogyakarta: Nuha Madika.
Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran Matematika SD. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 4 Nomor 4, November 2019, 436-446.
Sainuddin, S. (2018). Analisis Karakter Butir Tes Matematika Pada Tes Buatan MGMP Matematika KOta Makassar Berdasarkan Teori MOderen (Rasch Model ). PROXIMA: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1-164.
Sugiharto. (2016). Perbedaan Ketidakwajaran Skor Berdasarkan Rasch Model Ditinjau Dari Model Penskoran Jawaban Siswa Smp Se Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, Volume 16 Nomor 1, Desember 2016 , 28–39.
Supriadi, G. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sleman: Aswaja Pressindo.
Susongko,P.(2016).Aplikasi Model Rasch dalam Pengukuran Pendidikan Berbasis Program R. Tegal:Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal (BPUPS)
Susongko,P.(2017).Penilaian Hasil Belajar. Tegal:Badan Penerbitan Universitas Pancasakti Tegal (BPUPS)
Winaryati. E., M. M. (2021). Cercular Model of RD&D (Model RD&D Pendidikan dan Sosial). Bantul: Penerbit KBM Indonesia
Wiwik Setiawati, d. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Wahid, A. H. (2018). Integrasi higher order thinking skill (hots) dengan model creative problem solving. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI Volume 5, Nomor 1, Maret 2018, 82-98.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nunung Chasanah, Purwo Susongko, Suriswo Suriswo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).