Pengaruh Kompetensi Bidang Managerial Supervisi dan Pembinaan Teknis Pendidikan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1482Keywords:
Pengaruh, Kompetensi Managerial, Kompetensi Supervisi, Kompetensi Pembinaan Teknis Pendidikan, Mutu PendidikanAbstract
Peranan kepala sekolah yang mencakup teknik dan praktek untuk kepentingan guru dan personalia pendidikan untuk meningkatkan kemampuan guru dan meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar guna tercapai tujuan pendidikan secara optimal. Tujuan yang dilakukannya penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi bidang managerial kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi bidang supervisi kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan (3)Untuk mengetahui pengaruh kompetensi bidang pembinaan teknis pendidikan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Maarif NU 3 Tarbiyatut Tholibin Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Alasan menggunakan peneliti adalah karena studi ini dapat mencakup populasi dengan sampel yang cukup besar guna memberikan output yang signifikan secara statistik bahkan ketika menganalisis banyak variabel. Selain itu, Penelitian memiliki kapasitas yang kuat guna menghilangkan subjektivitas peneliti. Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah seluruh guru yang ada di SMP SMP Maarif NU 3 Tarbiyatut Tholibin, adapun jumlah guru di SMP Maarif NU 3 Tarbiyatut Tholibin adalah berjumlah 43 guru terdiri dari laki-laki dan perempuan. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, Uji heteroskedastisitas, multikolinearitas dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara kompetensi manajerial, supervisi dan pembinaan teknis pendidikan Kepala Sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Maarif NU 3 Tarbiyatut Tholibin, dalam hal ini variabel X1, X2, X3 terhadap Y adalah positif memberikan pengaruh yang signifikan.
Downloads
References
Abdurrahman, A. (2018). Peningkatan Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini Melalui Pembinaan Akhlak. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1), 64-71.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma'mur. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di. Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Edward Sallis. (2016). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD.
Halawa, A. N., & Mulyanti, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi Pendidikan Dan Pembelajaran. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 57-64.
Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398-419.
Jupri, J., Makhdalena, M., & Nasir, M. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Etos Kerja Guru Terhadap Mutu Mengajar Guru Di Sekolah Dasar Az Zuhra Yayasan Sinar Mulya Sejahtera Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 6(1), 55-69.
Karimulah, A., & Ummah, N. I. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Untuk Memotivasi Belajar Siswa MTs Muqoddimatul Akhlak Curah Wungkal Silo Jember. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 13-34.
Mangunhardjana (2016). Pembinaan Arti Dan Metodenya Grahatma Semesta.Yogyakarta
M. Sobry Sutikno. (2007). Pengelolaan Pendidikan (Tinjauan Umum dan Islami). Bandung: Prospect.
Muspawi, M. (2020). Strategi menjadi kepala sekolah profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402-409.
Nanang Fattah. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Nugraha, M. S. (2014). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 39-68.
Pidarta, Made., (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual.Jakarta : Rineka Cipta,
Purwanto, N. (2007). Administrasi Pendidikan. Bandung: Suka Jaya.
Rusman, 2009, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Wali Pers.
Sagala, Syaiful.(2010). Supervisi Pembelajaran.Bandung : Alfabeta
Sahertian, Piet.A.(2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi.Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.
Selamet, M. (2017). Pengaruh kompetensi supervisi manajerial dan supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru (studi deskriptif kuantitatif pada SMP Negeri di Kota Banjar). Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 73-86.
Sergiovanni, T.J. et al. 1987. Educational Governance and Administration. Second Edition. Englewood Cliffs, NJ: PrenticeHall, Inc.
Sobry, M. (2016). Proses Penjaminan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Melalui Manajemen Mutu Terpadu. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 211-222.
Sudrajat, Akhmad. (2008). 13 Faktor untuk Menjadi Kepala Sekolah yang Efektif. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/03/20/menjadi-kepala-sekolah-yang-efektif/. Diakses: 25-5-2020.
Sukmana, H., & Mulyanti, D. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal EBI, 5(1), 16-20.
Suprihatin, N. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Mengoptimalkan Kinerja Guru Dalam Menyusun Dan Melaksanakan RPP Akademik Berkelanjutan Di SDN 1 Ngudikan. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(2), 107-113.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ruri Romansah, Sitti Hartinah, Hanung Sudibyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).