Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogi terhadap Kinerja Akademik Guru dengan Disiplin Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Guru TK

Authors

  • Heri Furaida Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Basukiyatno Basukiyatno Pedagogi, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1465

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogi, Kinerja Akademik, Disiplin

Abstract

Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran atau sekarang disebut kompetensi pedagogik harus dimiliki oleh semua guru, atau calon guru dalam mengemban tugasnya agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien serta mencapai hasil yang diharapkan.  Tujuan yang dilakukannya penelitian ini auntuk: (1) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja akademik guru, (2) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja akademik guru, (3) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap kinerja akademik guru, (4) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap disiplin kerja guru, (5) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap disiplin kerja guru, (6) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap disiplin kerja guru, (7) Mengetahui pengaruh disiplin kerja guru terhadap kinerja akademik guru, (8) Mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja akademik dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru, (9) Mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kinerja akademik dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru, dan (10) Mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi terhadap kinerja akademik dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru TK Se Kota Tegal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian guru TK Se Kota Tegal yang berjumlah 314 orang guru. Sampel berjumlah 109 orang. Langkah-langkah dalam pengolahan data variabel adalah melakukan input data hasil rekapitulasi kuesioner. Data selesai dianalisis dengan menjumlahkan butir pernyataan dalam satu variabel, selanjutnya melakukan dua kali model regresi yang dianalisis menggunakan program SPSS: (1) Menghitung Koefisien Jalur (Path Analysis) dan (2) Tahap Uji Hipotesis dan Pembuatan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan, iklim sekolah, kompetensi pedagogi berpengaruh terhadap kinerja akademik guru dengan disiplin kerja sebagai variabel mediasi pada guru TK Se Kota Tegal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Dessi. 2018. “Pengaruh Pembinaan, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Paud Kec. Talang Kelapa.” PERNIK Jurnal Pau 1(1):38–43.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2017. Motivasi Kepemimpinan Dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Dharma, Agus. 2019. Manajemen Supervisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hartinah, Sitti. 2020. Pembumian Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Menyambut Generasi Milenial:Perspektif Penguatan Merdeka Belajar Peserta Didik. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Hartinah, Sitti, Sarwani, Sutoro, and Denok Sunarsi. 2022. Kepemimpinan Publik Dan Visioner. Pasaman: Azka Pustaka.

Karmelia, Rosa, and Muhammad Nasirun. 2019. “Pelaksanaan Kedisiplinan Guru PAUD Di Gugus Asoka.” Jurnal Ilmiah Potensia 4(2). doi: 10.33369/jip.4.2.161-170.

Ruswati, Tri, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, and Noor Miyono. 2022. “Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 5(1):24–43. doi: 10.24176/jpp.v5i1.7985.

Sagala, Syaiful. 2018. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Samsudin, Sadili. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Sardiman. 2019. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sedarmayanti. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: Mandar Maju.

Sentono, Tarto. 2020. Pengembangan Model Kepemimpinan Berbasis Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Klaten: CV Citta Gracia.

Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta.

Supardi. 2019. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno, Edy. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Keenam. Jakarta: Pranada Media Group.

Syafrudin. 2021. “Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di UPT Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Sukamaju.” Pedagogy 6(1).

Syah, Darwyn. 2020. Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.

Tobing, Ester Rumata Chatrina. 2019. “Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Taman Kanak-Kanak Methodist Pematangsiantar.” Pedagogi 2(1).

Wahjosumidjo. 2019. Kepemimpinan Dan Motivasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahyudi, Joko. 2020. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Wursanto. 2018. Manajemen Kepegawaian. Penerbit Kanisius.

Yamin, Martinis, and Maisah. 2019. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Persada Press.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

Furaida, H., Hartinah, S., & Basukiyatno, B. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Iklim Sekolah, Kompetensi Pedagogi terhadap Kinerja Akademik Guru dengan Disiplin Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Guru TK. Journal of Education Research, 5(3), 3688–3699. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1465

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>