Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Sistem Among dan Kemampuan Pedagogi Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.362Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri dua Kramat serta hasil wawancara dengan sepuluh guru dapat diperoleh beberapa informasi antara lain sebagai berikut ; Pola kepemimpinan kepala sekolah mayoritas masih menggunakan pola konvensional ini akan menghambat sebuah perannya di sekolah Pola kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi dengan sistem among jarang ditemui. Kemampuan Pedagogi seorang kepala sekolah kurang juga terkuasai dengan baik, Kemampuan profesionalitas seorang kepala sekolah sebagai seorang pemimpin juga masih belum banyak terkuasai. Kemampuan profesionalitas Kepala Sekolah dalam kategori cukup, sehingga akan menimbulkan berbagai masalah dalam memimpin. Dengan profesionalitas yang rendah berdampak pada perolehan prestasi belajar anak rendah. Penguasaan profesionalitas guru sebagai sebagai role model, memberi motivasi dan dorongan masih dalam kategori rendah. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat pola kepemimpinan berbasis sistem among guru di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal, Mendeskripsikan tingkat kemampuan pedagogi kepala sekolah di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal, Mendeskripsikan tingkat kemampuan profesionalitas guru di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal dan Mendeskripsikan pengaruh yang signifikan antara Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Sistem Among, Kompetensi Pedagogi Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru di SMP Negeri dua Kramat. Guru yang profesional adalah mereka yang menguasai substansi pekerjaannya secara profesional, yaitu : menguasai substansi mata pelajaran secara sistematis, Memahami dan dapat menerapkan psikologi perkembangan. Mengembangkan program-program secara khusus dengan tingkat perkembangan peserta didik yang akan diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliian ini adalah kuantitatif, lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal yang meliputi lima puluh empat orang yang terdiiri atas lima belas guru PNS, empat guru PPPK dan lima guru Wiyata dan sampel siswanya sejumlah tiga belas anak. Rencana pelaksanaan penelitian lima penyebaran kuesioner adalah selama sebulan yaitu pada bulan April dua ribu dua puluh tiga dan analisi bulan Juni dua ribu dua puluh tiga . Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap profesionalitas guru dibuktikan dari hasil analisis analisis PLS diperoleh nilai original sample. Hasil penelitian ini membuktikan kepemimpinan kepala sekolah berbasis sistem among berpengaruh pada profesionalitas guru dikarenakan guru SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal melaksanakan tugasnya dalam proses belajar berupa pelaksanaan perencanaan pembelajaran, pengelolaam pembelajaran, pelaksanaan evaluasi, pelaksanaan analisis hasil belajar pelaksanaan tindak lanjut dan pelaksanaan tugas lain yang terkait dengan proses bimbingan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola kepemimpinan kepala sekolah berbasis sistem among dan kemampuan pedagogi kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga.
Downloads
References
Ardlani Y. Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 22, Tahun Ke-5, 2016.
Elik Y.M. Pengaruh Pembiayaan, Pengelolaan Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kupang. Jurnal Profesi Keguruan, Volume 4, Nomor 2, 2018, hlm. 77-81.
Fadilah, I; R.I. Sari; V. Ramadhani; F.R. Basuki; O. Fitaloka. Ethnoscience Study of the Application and Delivery Procession of Adat Melayu Jambi as Science Learning Resources. Scientiae Educatia. Volume 8, Number 2, 2019, page 141.
Fauzan, M; A Gani; M. Syukri; D.B Aceh; D. Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Volume 5, Nomor 1, 2017, hlm. 27-35.
Forefry, N. 2017. Strategi Pemberdayaan Guru oleh Sekolah (Studi Kasus di SMAN 5 dan SMA Darul Hikam Kota Bandung). Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume XXIV, Nomor 1, 2017, hlm. 47-59.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hartinah D.S; R.A Nugraha; A.W.T Ardyanti. Seamanship Human Resource Development Management Strategy Based on Global Competitiveness at Maritime Secondary School-A Case Study in National Maritime Secondary School Purwokerto. European Journal of Education Studies, Volume 4, Number 2, 2018.
Husna, H. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Arias Disertai Tugas Awal terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Padang. Jurnal Pelangi, Volume 3, Nomor 2, 2011.
Jalil, M. The Effectiveness of Simulation Methods on Prospective Teacher’s Professionalism in Science Learning. Scientiae Educatia, Volume 7, Number 2, 2019, page 129.
Liu, P. Chinese Teachers’ Perspectives on Teachers’ Commitment to Change. International Journal of Comparative Education and Development, Volume 18, Number 1, 2016, page 2-18.
Mulyadi dan Fahriana, A.S, 2018. Supervisi Akademik Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya. Malang: Madani
Nafiah, Y.N; W. Suyanto. Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 4, Nomor 1, 2014. hlm. 125-143.
Nainggolan N.T; R. Siahaan; L.E Nainggolan. Dampak Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Panei. Maker: Jurnal Manajemen, Volume 6, Nomor 1, Juni 2020, hlm. 1-12.
Ningrum K.S.C. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), Volume 7, Nomor 2, Tahun 2016.
Priansa dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Putro P.U.W. Etika Kerja Islam, Komitmen Organisasi, Sikap pada Perubahan Organisasi terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen Indonesia, Volume 18, Nomor 2, 2018, hlm. 116–125.
Sahir, S.H. et al. 2020. Keterampilan Manajerial Efektif. Cetakan 1. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sedarmayanti. 2018. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharjanti. Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014, Yogyakarta, 15 November 2014.
Suwarjo. (1999). Pendidikan Among Sistem. (1st ed.) Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wangid, Muhammad Nur. 2009. Sistem Among Pada Masa Kini Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan 39(2), 129-140.
Wardani, Kristi. 2010. Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceeding of the 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference yang diselenggarakan oleh UPI dan UPSI, tanggal 8-10 November 2010.
Widyastono, Heri. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Yanuarti, Eka. 2017. Pemikiran pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal Penelitian, Vol.2. No. 2 Agustus.
Wahyudi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.
Yusup F. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 7, Nomor 2, Januari-Juni 2018, hal. 17-23.
Zahara Mustika, Nasrun, & Yasaratodo Wao. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Komitmen Kerja, terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Banda Aceh. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 13 (1) (2021): 149-158
Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri sipil
Arief Furchan, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004).
Burhanuddin, Analisis Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, (Malang : Bumi Aksara, 1994).
M. Ngalim Purwanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta : Mutiara Sumber2 Benih Kecerdasan, 1981). Maman Suherman, Pengembangan Sarana Belajar, (Jakarta : Karunia, 1986).
Maman Ukas, Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, (Bandung : Ossa Promo, 1999).
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1995.
Mujiono, Imam. 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Press.
Mulyasa, E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Fattah DR. Nanang 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Nur Kartiningsih, Sitti Hartinah, Hanung Sudibyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).