Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Sistem Among dan Kemampuan Pedagogi Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Nur Kartiningsih Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Sitti Hartinah Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Hanung Sudibyo Program Studi Magister Pedagogi Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.362

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri dua Kramat serta hasil wawancara dengan sepuluh guru dapat diperoleh beberapa informasi antara lain sebagai berikut ; Pola kepemimpinan kepala sekolah mayoritas masih menggunakan pola konvensional ini akan menghambat sebuah perannya di sekolah Pola kepemimpinan kepala sekolah yang berorientasi dengan sistem among jarang ditemui. Kemampuan Pedagogi seorang  kepala  sekolah kurang juga terkuasai dengan baik, Kemampuan profesionalitas seorang kepala sekolah sebagai seorang pemimpin juga masih belum banyak terkuasai. Kemampuan profesionalitas Kepala Sekolah dalam kategori cukup, sehingga akan menimbulkan berbagai masalah dalam memimpin. Dengan profesionalitas yang rendah berdampak pada perolehan prestasi belajar anak rendah. Penguasaan profesionalitas guru sebagai  sebagai role  model, memberi motivasi dan dorongan  masih dalam kategori rendah. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan tingkat pola  kepemimpinan berbasis sistem among guru di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal, Mendeskripsikan  tingkat kemampuan pedagogi  kepala sekolah  di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal, Mendeskripsikan  tingkat kemampuan profesionalitas guru di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal dan Mendeskripsikan  pengaruh yang signifikan  antara Pola Kepemimpinan  Kepala Sekolah Berbasis Sistem Among, Kompetensi Pedagogi Kepala Sekolah terhadap  Profesionalitas Guru di SMP Negeri dua Kramat. Guru yang profesional adalah mereka yang menguasai substansi pekerjaannya secara profesional, yaitu : menguasai substansi mata pelajaran secara sistematis, Memahami dan dapat menerapkan psikologi perkembangan. Mengembangkan program-program secara khusus dengan tingkat perkembangan peserta didik yang akan diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliian ini adalah kuantitatif, lokasi penelitian ini adalah di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal yang meliputi lima puluh empat orang yang terdiiri atas lima belas guru PNS, empat guru PPPK dan lima guru Wiyata dan sampel siswanya sejumlah tiga belas anak. Rencana pelaksanaan penelitian lima penyebaran kuesioner adalah selama sebulan yaitu pada bulan April dua ribu dua puluh tiga dan analisi bulan Juni dua ribu dua puluh tiga . Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap profesionalitas guru dibuktikan dari hasil analisis analisis PLS diperoleh nilai original sample. Hasil penelitian ini membuktikan kepemimpinan kepala sekolah berbasis sistem among berpengaruh pada profesionalitas guru dikarenakan guru SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal melaksanakan tugasnya dalam proses belajar berupa pelaksanaan perencanaan pembelajaran, pengelolaam pembelajaran, pelaksanaan evaluasi, pelaksanaan analisis hasil belajar pelaksanaan tindak lanjut dan pelaksanaan tugas lain yang terkait dengan proses bimbingan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola kepemimpinan kepala sekolah berbasis sistem among dan kemampuan pedagogi kepala sekolah terhadap profesionalitas guru di SMP Negeri dua Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran dua ribu dua puluh dua sampai dua ribu dua puluh tiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardlani Y. Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Guru Bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 22, Tahun Ke-5, 2016.

Elik Y.M. Pengaruh Pembiayaan, Pengelolaan Pendidikan terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kupang. Jurnal Profesi Keguruan, Volume 4, Nomor 2, 2018, hlm. 77-81.

Fadilah, I; R.I. Sari; V. Ramadhani; F.R. Basuki; O. Fitaloka. Ethnoscience Study of the Application and Delivery Procession of Adat Melayu Jambi as Science Learning Resources. Scientiae Educatia. Volume 8, Number 2, 2019, page 141.

Fauzan, M; A Gani; M. Syukri; D.B Aceh; D. Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), Volume 5, Nomor 1, 2017, hlm. 27-35.

Forefry, N. 2017. Strategi Pemberdayaan Guru oleh Sekolah (Studi Kasus di SMAN 5 dan SMA Darul Hikam Kota Bandung). Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume XXIV, Nomor 1, 2017, hlm. 47-59.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Hartinah D.S; R.A Nugraha; A.W.T Ardyanti. Seamanship Human Resource Development Management Strategy Based on Global Competitiveness at Maritime Secondary School-A Case Study in National Maritime Secondary School Purwokerto. European Journal of Education Studies, Volume 4, Number 2, 2018.

Husna, H. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Arias Disertai Tugas Awal terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 Padang. Jurnal Pelangi, Volume 3, Nomor 2, 2011.

Jalil, M. The Effectiveness of Simulation Methods on Prospective Teacher’s Professionalism in Science Learning. Scientiae Educatia, Volume 7, Number 2, 2019, page 129.

Liu, P. Chinese Teachers’ Perspectives on Teachers’ Commitment to Change. International Journal of Comparative Education and Development, Volume 18, Number 1, 2016, page 2-18.

Mulyadi dan Fahriana, A.S, 2018. Supervisi Akademik Konsep, Teori, Model Perencanaan, dan Implikasinya. Malang: Madani

Nafiah, Y.N; W. Suyanto. Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 4, Nomor 1, 2014. hlm. 125-143.

Nainggolan N.T; R. Siahaan; L.E Nainggolan. Dampak Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Panei. Maker: Jurnal Manajemen, Volume 6, Nomor 1, Juni 2020, hlm. 1-12.

Ningrum K.S.C. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), Volume 7, Nomor 2, Tahun 2016.

Priansa dan Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Putro P.U.W. Etika Kerja Islam, Komitmen Organisasi, Sikap pada Perubahan Organisasi terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen Indonesia, Volume 18, Nomor 2, 2018, hlm. 116–125.

Sahir, S.H. et al. 2020. Keterampilan Manajerial Efektif. Cetakan 1. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sedarmayanti. 2018. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharjanti. Analisis Validitas dan Reliabilitas dengan Skala Likert terhadap Pengembangan SI/TI dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning pada Industri Garmen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014, Yogyakarta, 15 November 2014.

Suwarjo. (1999). Pendidikan Among Sistem. (1st ed.) Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wangid, Muhammad Nur. 2009. Sistem Among Pada Masa Kini Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Kependidikan 39(2), 129-140.

Wardani, Kristi. 2010. Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceeding of the 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference yang diselenggarakan oleh UPI dan UPSI, tanggal 8-10 November 2010.

Widyastono, Heri. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Yanuarti, Eka. 2017. Pemikiran pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal Penelitian, Vol.2. No. 2 Agustus.

Wahyudi. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Bandung: Alfabeta.

Yusup F. Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 7, Nomor 2, Januari-Juni 2018, hal. 17-23.

Zahara Mustika, Nasrun, & Yasaratodo Wao. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Komitmen Kerja, terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Banda Aceh. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 13 (1) (2021): 149-158

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri sipil

Arief Furchan, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004).

Burhanuddin, Analisis Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, (Malang : Bumi Aksara, 1994).

M. Ngalim Purwanto, Administrasi Pendidikan, (Jakarta : Mutiara Sumber2 Benih Kecerdasan, 1981). Maman Suherman, Pengembangan Sarana Belajar, (Jakarta : Karunia, 1986).

Maman Ukas, Manajemen Konsep, Prinsip, dan Aplikasi, (Bandung : Ossa Promo, 1999).

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1995.

Mujiono, Imam. 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian. Yogyakarta: UII Press.

Mulyasa, E. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Fattah DR. Nanang 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Kartiningsih, N., Hartinah, S., & Sudibyo, H. (2023). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Sistem Among dan Kemampuan Pedagogi Kepala Sekolah terhadap Profesionalitas Guru di SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Education Research, 4(3), 1581–1595. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.362

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>