Implementasi Managemen Mutu dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1493Keywords:
Managemen Mutu, Kompetensi Pedagogik, Guru SMP Negeri 2 TarubAbstract
Manajemen mutu pendidikan merupakan serangkaian aktivitas yang terencana dan terstruktur guna memastikan bahwa proses dan output pendidikan mencapai standar yang telah ditetapkan. Dalam konteks peningkatan kompetensi pedagogik, manajemen mutu pendidikan memainkan peran vital dalam memastikan bahwa para pendidik memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen mutu dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan upaya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru SMP Negeri 2 Tarub. Metode penelitian ini yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif. Subyek pada penelitian ini adalah Guru-guru SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal. Hasil yang di dapat dalam penelitian ini adalah Implementasi manajemen mutu yang baik dalam bidang pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Di SMP Negeri 2 Tarub Kabupaten Tegal, Melalui proses seleksi yang ketat, penempatan yang tepat, kompensasi yang adil, hubungan kepegawaian yang baik, dan program peningkatan kompetensi pedagogik yang berkelanjutan, institusi pendidikan dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi guru untuk terus berkembang
Downloads
References
A. Partanto, Pius dan M Dahlan al-Barry. Kamus llmiah Poputer. Surabaya : Arkola, 2013.
Ahmad Abroza, tesis, PPs, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2015.
Anwar, Arifin. Tinjauan tenteng Undang-undang Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Armansyah. Manajemen Strategis Organisasi Publik. Rajawali Pers. 2014
Bapadal, Ibrahim. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2004.
Biesta, G. Good Education in an Age of Measurement: Ethics, Politics, Democracy. Paradigm Publishers. 2010.
Bertram, R. M., Blase, K., & Fixsen, D. Implementation Drivers: Assessing Best Practices. National Implementation Research Network, University of South Florida. 2014
Deming, W. E. The New Economics for Industry, Government, Education (2nd ed.). MIT Press. 1993
Departeman Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci al-Qur’an, 2002.
Durlak, J. A., & DuPre, E. P. Implementation Matters: A Review of Research on the Influence of Implementation on Program Outcomes and the Factors Affecting Implementation. American Journal of Community Psychology, 2014
E. Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Cet. III; Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya, 2008.
Kamri, Tesis, UIN Allaudin Makkasar, 2017.
Katz, L. G., & D. E. P. (2010). Engaging Children's Minds: The Project Approach (3rd ed.). Praeger
Leavy, P. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches (2nd ed.). Guilford Press.
Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Normawati. Manajemen Mutu Pendidikan. Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Mode Palu). Disertasi, Makassar: PPs UIN Alauddin Makassar, 2015.
Pemerintah RI. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Cet. VI; Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2013.
Suryosubroto, Managemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta; Rineka Cipta, 2004
Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar evaluasi pendidikan, Edisi revisi 3, Jakarta: bumi aksara, 2019.
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Jakarta : PT Rineka Cipta, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Mulyono Mulyono, Yoga Prihatin, Hanung Sudibyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).