Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.985Keywords:
Konsep Bilangan, Media Pembelajaran, Media Flash Card, Media PosterAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari kemampuan anak usia empat sampai enam tahun yang masih tertukar dan belum mengingat konsep bilangan. Tujuan penelitian untuk membedakan pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok B di TK Negeri enam Bengkulu Selatan. Desain penelitian yang digunakan Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas B satu dab B dua berjumlah dua puluh satu orang anak terdiri dari sembilan laki-laki dan sebelas perempuan. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara intact group. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ada perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara siswa yang belajar dengan media flash card dan poster angka kelompok B di TK Negeri enam Bengkulu Selatan.
Downloads
References
Heri, M., & Ariana, P. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di Tpa Yayasan Pantisila Paud Santo Rafael Singaraja. Jurnal Kesehatan Midwinerslion, 3(2), 3–4.
Inggrida, P., & Christiana, E. (2014). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Di Kelompok a Tk Islam Insan Al-Firdaus. 3(3), 1–7.
Khairani, M. (2016). Media Flashcaed Braille terhadap Kemammpuan Membaca Permulaan Anak Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus Unesa, 1–5.
Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar. Getsempena English Education Journal, 4(2), 101–117.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640
Palupi, G. D., & Dewi, D. K. (2013). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Iv Kota Kediri. 2(3).
Safitri, W., Chairilsyah, D., & Febrialismanto. (2017). Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Ummi Kamaliyah. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1–13.
Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Melia Daryati, Devi Yunita Sari, Riyanto Riyanto , Muhammad Hatta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).