Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan

Authors

  • Melia Eka Daryati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Devi Yunita Sari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Riyanto Riyanto Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia
  • Muhammad Hatta Kesehatan Masyarakat, Universitas Ratu Samban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.985

Keywords:

Konsep Bilangan, Media Pembelajaran, Media Flash Card, Media Poster

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kemampuan anak usia empat sampai enam tahun yang masih tertukar dan belum mengingat konsep bilangan. Tujuan penelitian untuk membedakan pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok B di TK Negeri enam Bengkulu Selatan. Desain penelitian yang digunakan Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas B satu dab B dua berjumlah dua puluh satu orang anak terdiri dari sembilan laki-laki dan sebelas perempuan. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara intact group. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ada perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan antara siswa yang belajar dengan media flash card dan poster angka kelompok B di TK Negeri enam Bengkulu Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heri, M., & Ariana, P. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di Tpa Yayasan Pantisila Paud Santo Rafael Singaraja. Jurnal Kesehatan Midwinerslion, 3(2), 3–4.

Inggrida, P., & Christiana, E. (2014). Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Di Kelompok a Tk Islam Insan Al-Firdaus. 3(3), 1–7.

Khairani, M. (2016). Media Flashcaed Braille terhadap Kemammpuan Membaca Permulaan Anak Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus Unesa, 1–5.

Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar. Getsempena English Education Journal, 4(2), 101–117.

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Palupi, G. D., & Dewi, D. K. (2013). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Tk Aba Iv Kota Kediri. 2(3).

Safitri, W., Chairilsyah, D., & Febrialismanto. (2017). Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Ummi Kamaliyah. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1–13.

Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 190–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9359

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Daryati, M. E., Sari, D. Y., Riyanto , R., & Hatta , M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Journal of Education Research, 5(3), 2474–2480. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.985

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)