Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik dengan Penggunaan Mind Map pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.979Keywords:
Mind Map, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik mind mapping pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Dan penelitian ini juga bertujuan menemukan model mind mapping yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu, pertama bahwa praktek penerapan mind mapping dalam pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan meliputi pertama, penentuan terhadap topik di mana topik dalam hal ini berupa materi yang tengah dipelajara itu sendiri. Kedua penulisan poin penting dari topik itu sendiri, di mana poin penting yang dimaksud adalah seluruh gagasan yang menyangkut topik tersebut. Ketiga, penulisan terhadap kata kunci yang relevan. Keempat persiapan akan media maupun peralatan. Kelima, mulai membuat mind mapping dengan menghubungkan setiap poin. Keenam, pemberian gambar ilustrasi. Dan ketujuh, pemberian catatan kecil yang diperlukan. Praktek mind mapping yang diterapkan di MTs. Sa’adatul Mahabbah juga diiringi ataupun dibersamai dengan metode-metode lainnya. Sehingga dalam hal ini praktek mind mapping yang dijalankan tidak berdiri sendiri, metode-metode yang lain turut mendukung dalam praktek ini agar terlaksana. Kedua, bahwa penerapan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan. Model mind mapping yang meningkatkan motivasi belajar peserta didik meliputi model silabus, model bab, dan model paragaraf. Ketiga model tersebut sama-sama mengantarkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Sa’adatul Mahabbah Pamulang Tangerang Selatan.
Downloads
References
A.M., Sardiman. (2018) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali Pers.
Casmini, Ni Luh. (2020). “Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas XII MIPA 1 SMAN 2 Busungbiu.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 192-201.
Dewi, Nova Christina. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Mind Map Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Pada Materi Pokok Operasi Hitung Bilangan Bulat”. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 2(2), 95-102.
Kardi, Soeparman dan Mohamad Nur. (2001). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Kustian, Nina Gantina. (2021). “Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik 1(1), 30-37.
Nazir Mohammad. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Olivia, Femi. (2008). Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sudjana, Nana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiarto, Muh. dan Ahmad Abdullah. (2019). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Syekh Yusuf Sungguminasa”. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 10(2), 24-34.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syafaah, Darisy. (2020). “Strategi Mind mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bagi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Tulungagung”. Prosiding konferensi Nasional Bahasa Arab 4, 157-168.
Widodo, Setiyo. (2011). Smart Parenting Technology. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Widura, Sutanto. (2013). 1st Mind Map: Teknik Berpikir & Belajar sesuai Cara Kerja Alami Otak, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Wulandari, Fitriana Ayu et.al. (2019). “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Anita Handayani, Akhmad Shunhaji, Abd.Muid.N Muid.N

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).