Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar

Authors

  • Jestiwi Arrahmah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Yanti Yandri Kusuma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919

Keywords:

Kemandirian belajar, Model Discovery Learning, PTK

Abstract

 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan sampai bulan Agustus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru berjumlah lima belas orang yang terdiri dari delapan siswa laki-laki dan tujuh siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Discovery Learning harus terus dilakukan untuk meningkatan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Guru perlu pendampingan berkelanjutan agar dapat menerapkan model pembelajaran Discovery Learning sesuai langkah-langkah yang disarankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firdaus,F.,M.,Pratiwi,N.,A.,Riyani,S.,&Utomo,J.(2021).Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunkan Model SOLE saat pandemi covid 19.jurnal Foundasia.

H. Sujati. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: FIP UNY

Joolingen,Wouter Van .(1999). “Cognitive tools for Discovery Learning.” Internasional Journal of Artifical Intelligence in Education.

Larasati, I.,Joharman,&Salimi,M.(2020). Hubungan Kemandirian Belajar dan hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Buluspesantren.Edubasic Journal:Jurnal Pendidikan Dasar.

Lavine,R.A.(2005).Guided Discovery Learning with Videotaped case Presentation in Neurobiology.Jurnal Medical Science Educator.

Lewis,P.(2010).40Cara Mengarahkan Anak.Bandung :Yayasan Kalam Hidup

Lie,A.&Prasasti,S.(2005).101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak.Jakarta :PT.Elex Media Komputindo

Lie,E.&Ong,M.(2005).Strategi Praktis Mendidik Anak dengan Jenius.Jakarta:Prestasi Pustakaraya

Muthamainnah,A.,&Lestari,T.(2021).Pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh.Jurnal Elementary.

Nurhayati ,E.(2017).Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa.jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.

Parker,D.,K.(2006).Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak,Jakarta:Anak Prestasi Pustaka

Rafika ,Israwati,&Bachtiar,(2017). Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian Belajar Siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rifky,(2020).Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar .Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan.

Samsu Sumadayo. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhandi,A.&Kurniasri,D.(2009).Meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar.jurnal Gentala Pendidikan Dasar.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto,B.2002.Proses Belajar Mengajar di Sekolah.Jakarta:PT Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Downloads

Published

2024-04-22

How to Cite

Arrahmah, J., Kusuma, Y. Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919

Issue

Section

Articles

Citation Check