Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919Keywords:
Kemandirian belajar, Model Discovery Learning, PTKAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan sampai bulan Agustus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN seratus sembilan puluh dua Pekanbaru berjumlah lima belas orang yang terdiri dari delapan siswa laki-laki dan tujuh siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Discovery Learning harus terus dilakukan untuk meningkatan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Guru perlu pendampingan berkelanjutan agar dapat menerapkan model pembelajaran Discovery Learning sesuai langkah-langkah yang disarankan.
Downloads
References
Firdaus,F.,M.,Pratiwi,N.,A.,Riyani,S.,&Utomo,J.(2021).Meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sekolah dasar menggunkan Model SOLE saat pandemi covid 19.jurnal Foundasia.
H. Sujati. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: FIP UNY
Joolingen,Wouter Van .(1999). “Cognitive tools for Discovery Learning.” Internasional Journal of Artifical Intelligence in Education.
Larasati, I.,Joharman,&Salimi,M.(2020). Hubungan Kemandirian Belajar dan hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Buluspesantren.Edubasic Journal:Jurnal Pendidikan Dasar.
Lavine,R.A.(2005).Guided Discovery Learning with Videotaped case Presentation in Neurobiology.Jurnal Medical Science Educator.
Lewis,P.(2010).40Cara Mengarahkan Anak.Bandung :Yayasan Kalam Hidup
Lie,A.&Prasasti,S.(2005).101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak.Jakarta :PT.Elex Media Komputindo
Lie,E.&Ong,M.(2005).Strategi Praktis Mendidik Anak dengan Jenius.Jakarta:Prestasi Pustakaraya
Muthamainnah,A.,&Lestari,T.(2021).Pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran jarak jauh.Jurnal Elementary.
Nurhayati ,E.(2017).Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa.jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika.
Parker,D.,K.(2006).Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak,Jakarta:Anak Prestasi Pustaka
Rafika ,Israwati,&Bachtiar,(2017). Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian Belajar Siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh.Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Rifky,(2020).Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar .Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan.
Samsu Sumadayo. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suhandi,A.&Kurniasri,D.(2009).Meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas IV Sekolah Dasar.jurnal Gentala Pendidikan Dasar.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryosubroto,B.2002.Proses Belajar Mengajar di Sekolah.Jakarta:PT Rineka Cipta.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Jestiwi Arrahmah, Yanti Yandri Kusuma, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).