Manajemen Pendampingan Pengawas Sekolah Terhadap Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Hanafiah Hanafiah Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia
  • Endah Saadah Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia
  • Suparman Suparman Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia
  • Muhamad Heri Hadian Program Doktoral Ilmu Pendidikan, Uninus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.596

Abstract

Uji Kompetensi Kepala Sekolah yang menunjukkan nilai rata-rata tertinggi lima puluh lima koma sembilan puluh dan nilai terendah empat puluh lima koma sembilan puluh dua pada tahun dua ribu lima belas adalah refleksi dari kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan di sekolah-sekolah.  Dalam menghadapi tantangan ini, diperlukan tindakan yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja kepala sekolah, salah satu pendekatan yang diperlukan adalah pendampingan oleh Pengawas Sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta evaluasi  manajemen pendampingan pengawas sekolah terhadap kepala sekolah Penelitan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory dengan subjek penelitian para pengawas sekolah jenjang SMA yang ada di KCD Wilayah XI Jawa Barat.  Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi.  Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendampingan pengawas sekolah terhadap kepala sekolah masih memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperbaiki. Secara khusus, tahap perencanaan menunjukkan kurangnya optimalitas yang dapat menghambat efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pendampingan. Di samping itu, pada tahap pengorganisasian dan pelaksanaan, adanya kecenderungan penggunaan strategi dan metode yang seragam untuk semua sekolah binaan tentunya tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan unik yang dihadapi oleh setiap kepala sekolah. Oleh karena itu, evaluasi berkelanjutan menjadi krusial untuk menilai dampak dari pendampingan yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade R, Deti R, Khalifaturohman, dkk (2023) Peran Pengawas PAI Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tingkat Sekolah Dasar Dikecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan :Community Development Journal Vol.4 No.2 Juni 2023, Hal.5081-508 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16334/12542

Aisyafarda, Julina, and Alit Sarino. (2019) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4.2

Cohen, L., Manion, L., dan Morrison, K. (2007). Research Methods in Education.New York: Routledge

Diwiyani, Dini, and Alit Sarino.(2018) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Manajerial 17.1 (2018): 83-94

Divisi Dilkat UNM (2023) Diklat Penguatan Kepala Sekolah (PKS) Https://Diklat.Um.Ac.Id/ Diakses Tgl 31/10/2023 Jam 19.19

Fadhli, Muhammad, and Binti Maunah. (2019) Model Kepemimpinan Pendidikan Islam: Transformasional, Visioner dan Situasional. Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam 1.1

Fitri (2022) Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.Ti 8 .Yogyakarta : UAD Press

Jamiatul (2023) Pendampingan Pengawas Pembina Sekolah Penggerak Dalam Memfasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik. JPMJurnal Pengabdian MandiriVol.2, No.6, Juni 2023 https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5940/4453

Lexy, J Moleong. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musakirawati,dkk (2023) Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia Terhadap Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) Volume 7, Nomor 2, April 2023, hlm. 201-208 ISSN: E-ISSN : 2540-7880 DOI : 10.26740/jdmp.v7n2.p201-10

Norman K. Denzin, Yvonna S. Lincoln. (2017). Handbook of Qualitative Research.Fifth Edition .London: Sage Publications Ltd.

Northouse, Peter, G. (2020). Kepemimpinan: Teori dan Praktik (Edisi Keenam, Bahasa Indonesia). PTIndeks Permata Puri Medi

OECD. (2019). OECD Skills Strategy 2019: Skills to Shape a Better Future.Paris, France: OECD.

OECD. (2019). OECD Future of Education and Skills 2030: Curriculum Analysis. Paris,France: OECD.

Praptono (2023) Dokumen Operasional Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah:Kemendikbud : Direktorat KSPS TK.

Rijali (2018) Analsisis data Kualitatif .UIN Antasari Banjarmasin Journal AlhadharahVol. 17 No. 33

Riksa, Zidan (2023) Pendekatan Situasional . Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi Vol.1, No.3 Juli 2023 e-ISSN: 2986-3260; p-ISSN: 2986-4402, Hal 123-136 DOI : https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i3.700

Ritonga, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2023). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal JPPMI, 2(April), 1–12

Zulaihah, Ifatun. (2017) Contingency Leadership Theory/Pendekatan Situasional. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://doi. org/10.33650/altanzim. v1i1 29.

Downloads

Published

2023-12-18

How to Cite

Hanafiah, H., Saadah, E., Suparman, S., & Hadian, M. H. (2023). Manajemen Pendampingan Pengawas Sekolah Terhadap Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka . Journal of Education Research, 4(4), 2219–2227. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.596

Issue

Section

Articles

Citation Check