Manajemen Pendampingan Pengawas Sekolah Terhadap Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.596Abstract
Uji Kompetensi Kepala Sekolah yang menunjukkan nilai rata-rata tertinggi lima puluh lima koma sembilan puluh dan nilai terendah empat puluh lima koma sembilan puluh dua pada tahun dua ribu lima belas adalah refleksi dari kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan di sekolah-sekolah. Dalam menghadapi tantangan ini, diperlukan tindakan yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja kepala sekolah, salah satu pendekatan yang diperlukan adalah pendampingan oleh Pengawas Sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan serta evaluasi manajemen pendampingan pengawas sekolah terhadap kepala sekolah Penelitan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory dengan subjek penelitian para pengawas sekolah jenjang SMA yang ada di KCD Wilayah XI Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendampingan pengawas sekolah terhadap kepala sekolah masih memiliki sejumlah kekurangan yang perlu diperbaiki. Secara khusus, tahap perencanaan menunjukkan kurangnya optimalitas yang dapat menghambat efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pendampingan. Di samping itu, pada tahap pengorganisasian dan pelaksanaan, adanya kecenderungan penggunaan strategi dan metode yang seragam untuk semua sekolah binaan tentunya tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan unik yang dihadapi oleh setiap kepala sekolah. Oleh karena itu, evaluasi berkelanjutan menjadi krusial untuk menilai dampak dari pendampingan yang telah dilakukan.
Downloads
References
Ade R, Deti R, Khalifaturohman, dkk (2023) Peran Pengawas PAI Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tingkat Sekolah Dasar Dikecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan :Community Development Journal Vol.4 No.2 Juni 2023, Hal.5081-508 https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/16334/12542
Aisyafarda, Julina, and Alit Sarino. (2019) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4.2
Cohen, L., Manion, L., dan Morrison, K. (2007). Research Methods in Education.New York: Routledge
Diwiyani, Dini, and Alit Sarino.(2018) Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai determinan kinerja guru. Jurnal Manajerial 17.1 (2018): 83-94
Divisi Dilkat UNM (2023) Diklat Penguatan Kepala Sekolah (PKS) Https://Diklat.Um.Ac.Id/ Diakses Tgl 31/10/2023 Jam 19.19
Fadhli, Muhammad, and Binti Maunah. (2019) Model Kepemimpinan Pendidikan Islam: Transformasional, Visioner dan Situasional. Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam 1.1
Fitri (2022) Analisis Data Penelitian Kualitatif Manajemen Pendidikan Berbantuan Software Atlas.Ti 8 .Yogyakarta : UAD Press
Jamiatul (2023) Pendampingan Pengawas Pembina Sekolah Penggerak Dalam Memfasilitasi Kebutuhan Belajar Dan Berbagi Praktik Baik. JPMJurnal Pengabdian MandiriVol.2, No.6, Juni 2023 https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/5940/4453
Lexy, J Moleong. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Musakirawati,dkk (2023) Pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan Indonesia Terhadap Perencanaan Berbasis Data. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) Volume 7, Nomor 2, April 2023, hlm. 201-208 ISSN: E-ISSN : 2540-7880 DOI : 10.26740/jdmp.v7n2.p201-10
Norman K. Denzin, Yvonna S. Lincoln. (2017). Handbook of Qualitative Research.Fifth Edition .London: Sage Publications Ltd.
Northouse, Peter, G. (2020). Kepemimpinan: Teori dan Praktik (Edisi Keenam, Bahasa Indonesia). PTIndeks Permata Puri Medi
OECD. (2019). OECD Skills Strategy 2019: Skills to Shape a Better Future.Paris, France: OECD.
OECD. (2019). OECD Future of Education and Skills 2030: Curriculum Analysis. Paris,France: OECD.
Praptono (2023) Dokumen Operasional Siklus Pendampingan Pengawas Sekolah:Kemendikbud : Direktorat KSPS TK.
Rijali (2018) Analsisis data Kualitatif .UIN Antasari Banjarmasin Journal AlhadharahVol. 17 No. 33
Riksa, Zidan (2023) Pendekatan Situasional . Jurnal Manajemen Kreatif dan Inovasi Vol.1, No.3 Juli 2023 e-ISSN: 2986-3260; p-ISSN: 2986-4402, Hal 123-136 DOI : https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v1i3.700
Ritonga, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2023). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal JPPMI, 2(April), 1–12
Zulaihah, Ifatun. (2017) Contingency Leadership Theory/Pendekatan Situasional. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://doi. org/10.33650/altanzim. v1i1 29.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Hanafiah Hanafiah, Endah Saadah, Suparman Suparman, Muhamad Heri Hadian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).