Pengaruh Media Sticky Magnetic Board terhadap Kemampuan Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Bunda
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.547Keywords:
Bentuk Geometri, Media Sticky Magnetic BoardAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengenalan geometri anak usia lima sampai enam tahun di TK Mutiara Bunda belum berkembang secara optimal. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penggunaan media sticky magnetic board terhadap kemampuan pengenalan geometri anak usia lima sampai enam tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media sticky magnetic board terhadap kemampuan pengenalan geometri anak usia lima sampai enam tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota. Metode penelitian ini adalah Quasy Eksperimen yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Waktu penelitian dilaksanakan mulai sepuluh Maret hingga delapan belas Maret dua ribu dua puluh tiga. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh media sticky magnetic board terhadap kemampuan pengenalan bentuk geometri anak usia lima sampai enam tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota. Teknik pengambilan data menggunakan SPSS versi dua puluh enam dengan uji paired sample test.
Downloads
References
Abdurrahman. i(2017). iPengaruh iModel iPembelajaran iCooperative iTipe iGroup iInvestigation iTerhadap iKemampuan iBerpikir iKritis iMatematika iSiswa iKelas iXI iSMA iNegeri i1 iBangkinang iKota. iUniversitas iPahlawan iTuanku iTambusai. iRiau i: iskripsi itidak idipublikasikan.
Abidin, iZ., idkk. i(2020). iEdugames iN-Ram iUntuk iPembelajaran iGeometri iPada iAnak iUsia iDini. iJurnal iTeknoinfo, iXIV(2), i89-94.
Agung, iS., i& iHasanah, iL. i(2020). iKemampuan iPengenalan iGeometri iMelalui iKegiatan iBermain iBalok iAnak iUsia i5-6 iTahun. iJurnal iPaud iAgapedia, iII(2), i115-124.
Anggraini, iI. iA., idkk. i(2020). iTeori iVan iHiele idalam iPembelajaran iBangun iDatar. iNusantara i: iJurnal iPendidikan idan iIlmu iSosial, iII(2), i365-374.
Aulina, iC. iN., i& iHamida, iA. iI. i(2021). iPengaruh iMedia iTangram iterhadap iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri iAnak iUsia iDini. iJurnal iPendidikan iAnak iUsia iDini, iIV(2), i8-16.
Amanda, iR. iS., i& iHasni, iU. i(2022). iPengembangan iModel iPembelajaran iProject iBased iLearning iUntuk iMeningkatkan iKemampuan iGeometri iAnak iUsia i5-6 iTahun. iPG-PAUD iTrunojoyo i: iJurnal iPendidikan idan iPembelajaran iAnak iUsia iDini,, iIX(1), i1-11.
Cania, iS. idkk. i(2020). iPengaruh iMedia iGlowing iCity iterhadap iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri ipada iAnak iUsia iDini. iAulad i: iJournal ion iEarly iChildhood, iIII(1), i53-60.
Dwans, iR. iM., idkk. i(2017). iPengenalan iGeometri iAnak iUsia iDini iMelalui iMedia iManipulatif. iJurnal iPendidikan iAnak, i2-9.
Fransiska, iJ., idkk. i(2019). iMetode iPembelajaran iAnak iUsia iDini iDalam iGenerasi iUnggul iDan iSukses. iParamurobi: iJurnal iPendidikan iAgama iIslam, iII(2), i35-44.
Heriyanti, iV. i(2014). iMeningkatkan iPerkembangan iKognitif iAnak iMelalui iPermainan iTradisional i(Congklak). iUniversitas iBengkulu, iII(1), i22.
Hijriati. i(2017). iTahapan iPerkembangan iKognitif iPada iMasa iEarly iChildhood. iBunayya i: iJurnal iPendidikan iAnak, iI(2), i33.
Ibda, iF. i(2015). iPerkembangan iKognitif: iTeori iJean iPiaget. iintelektualita, iIII(1), i27-38.
Mahdi, iN. iI., i& iRamadhini, iF. i(2020). iPeningkatan iPemahaman iBentuk iGeometri iAnak iUsia i5-6 iTahun iMelalui iKegiatan iSeni iDan iKerajinan iTangan i(Art iand iCraft). iForum iPaedagogik, iXI(1), i1-11.
Mu’min, iS. iA. i(2013). iTeori iPengembangan iKognitif iJian iPiaget. iJurnal iAL-Ta'dib, iVI(1), i89-99.
Nofialdi i, i& iSriwahyuni i, iE. i(2017). iMetode iPembelajaran iYang iDigunakan iPaud i(Pendidikan iAnak iUsia iDini) iPermata iBunda. iThufuLA: iJurnal iInovasi iPendidikan iGuru iRaudhatul iAthfal, iIV(1), i44.
Oktamarina, iL., i& iSari, iF. iK. i(2022). iPengaruh imedia irealia iterhadap ipemahaman igeometri ianak iusia i5-6 itahun idi iTK iNurul iIman iBeringin iMakmur iI iKabupaten iMusi iRawas iUtara iTahun i2021. iJurnal iIlmiah iPotensia, iVII(1), i11-22.
Pahrul, iY. i(2016). iEfektivitas iPermainan iGlass iPainting idalam iMengembangkan iMotorik iHalus iAnak idi iTaman iKanak-Kanak iMutiara iAnanda iPadang. iUniversitas iNegeri iPadang. iPadang i: iskripsi itidak idipublikasikan.
Rustiyanti, iD.W. i(2014). iPeningkatan iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri iAnak iUsia iMelalui iPermainan iDakon iGeometri iPada iAnak iKelompok iA idi iTK iArum iPuspita iTriharjo iPandak iBantul. iUniversitas iNegeri iYogyakarta. iDiakses ipada i16 iJuni i2022. ijam i22.07 iwib.
Sumartini, iS. i(2018). iPenerapan iPermainan iPindah iKamar iDalam iMenumbuh iKembangkan iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri iPada iAnak iUsia iDini. iComm-Edu i(Community iEducation iJournal), iI(2), i88-93.
Tafonao, iT. i(2018). iPeranan iMedia iPembelajaran iDalam iMeningkatkan iMinat iBelajar iMahasiswa. iJurnal iKomunikasi iPendidikan, iII(2), i103.
Wahyuningsih. i(2021). iPengenalan iWarna idan iBentuk iGeometri iDengan iMedia iBalok iPada iAnak iUsia i5-6 iTahun idi iTK iPertiwi i2 iJeron iNogosari iBoyolali. iJurnal iEducatio iFKIP iUNMA, iVII(2), i410-418.
Zega, iB. iK. i(2021). iPengaruh iPerkembangan iKognitif iPada iAnak. iJurnal iTeologi idan iPendidikan iKristen, iIII(1), i17-24.
Zurlita, iL. idkk. i(2022). iPengembangan iMedia iRoda iPutmetri iPada iAnak iUsia iDini. iJurnal iIlmiah iMahasiswa iPendidikan iAnak iUsia iDini i(JIM iPAUD), iVII(2), i57-68.
ar iUntuk iMeningkatkan iKemampuan iMengenal iBentuk iGeo
Downloads
Published
How to Cite
License
Copyright (c) 2024 Tatiana Tatiana, Rizki Amalia, Joni Joni, Musnar Indra Daulay, Melvi Lesmana Alim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).