Pengaruh Media Sticky Magnetic Board terhadap Kemampuan Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Bunda

Authors

  • Tatiana Tatiana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Rizki Amalia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Joni Joni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Musnar Indra Daulay Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia
  • Melvi Lesmana Alim Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.547

Keywords:

Bentuk Geometri, Media Sticky Magnetic Board

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda belum berkembang secara optimal. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan media sticky magnetic board terhadap kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota?”. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media sticky magnetic board terhadap kemampuan pengenalan geometri anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota. Metode penelitian ini adalah Quasy Eksperimen yang dilaksanakan dalam 4x pertemuan. Waktu penelitian dilaksanakan mulai 10 Maret hingga 18 Maret 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil hitung 0,000 kecil dari 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media sticky magnetic board terhadap kemampuan pengenalan bentuk geometri anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bangkinang Kota. Teknik pengambilan data menggunakan SPSS versi 26 dengan uji paired sample test.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. i(2017). iPengaruh iModel iPembelajaran iCooperative iTipe iGroup iInvestigation iTerhadap iKemampuan iBerpikir iKritis iMatematika iSiswa iKelas iXI iSMA iNegeri i1 iBangkinang iKota. iUniversitas iPahlawan iTuanku iTambusai. iRiau i: iskripsi itidak idipublikasikan.

Abidin, iZ., idkk. i(2020). iEdugames iN-Ram iUntuk iPembelajaran iGeometri iPada iAnak iUsia iDini. iJurnal iTeknoinfo, iXIV(2), i89-94.

Agung, iS., i& iHasanah, iL. i(2020). iKemampuan iPengenalan iGeometri iMelalui iKegiatan iBermain iBalok iAnak iUsia i5-6 iTahun. iJurnal iPaud iAgapedia, iII(2), i115-124.

Anggraini, iI. iA., idkk. i(2020). iTeori iVan iHiele idalam iPembelajaran iBangun iDatar. iNusantara i: iJurnal iPendidikan idan iIlmu iSosial, iII(2), i365-374.

Aulina, iC. iN., i& iHamida, iA. iI. i(2021). iPengaruh iMedia iTangram iterhadap iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri iAnak iUsia iDini. iJurnal iPendidikan iAnak iUsia iDini, iIV(2), i8-16.

Amanda, iR. iS., i& iHasni, iU. i(2022). iPengembangan iModel iPembelajaran iProject iBased iLearning iUntuk iMeningkatkan iKemampuan iGeometri iAnak iUsia i5-6 iTahun. iPG-PAUD iTrunojoyo i: iJurnal iPendidikan idan iPembelajaran iAnak iUsia iDini,, iIX(1), i1-11.

Cania, iS. idkk. i(2020). iPengaruh iMedia iGlowing iCity iterhadap iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri ipada iAnak iUsia iDini. iAulad i: iJournal ion iEarly iChildhood, iIII(1), i53-60.

Dwans, iR. iM., idkk. i(2017). iPengenalan iGeometri iAnak iUsia iDini iMelalui iMedia iManipulatif. iJurnal iPendidikan iAnak, i2-9.

Fransiska, iJ., idkk. i(2019). iMetode iPembelajaran iAnak iUsia iDini iDalam iGenerasi iUnggul iDan iSukses. iParamurobi: iJurnal iPendidikan iAgama iIslam, iII(2), i35-44.

Heriyanti, iV. i(2014). iMeningkatkan iPerkembangan iKognitif iAnak iMelalui iPermainan iTradisional i(Congklak). iUniversitas iBengkulu, iII(1), i22.

Hijriati. i(2017). iTahapan iPerkembangan iKognitif iPada iMasa iEarly iChildhood. iBunayya i: iJurnal iPendidikan iAnak, iI(2), i33.

Ibda, iF. i(2015). iPerkembangan iKognitif: iTeori iJean iPiaget. iintelektualita, iIII(1), i27-38.

Mahdi, iN. iI., i& iRamadhini, iF. i(2020). iPeningkatan iPemahaman iBentuk iGeometri iAnak iUsia i5-6 iTahun iMelalui iKegiatan iSeni iDan iKerajinan iTangan i(Art iand iCraft). iForum iPaedagogik, iXI(1), i1-11.

Mu’min, iS. iA. i(2013). iTeori iPengembangan iKognitif iJian iPiaget. iJurnal iAL-Ta'dib, iVI(1), i89-99.

Nofialdi i, i& iSriwahyuni i, iE. i(2017). iMetode iPembelajaran iYang iDigunakan iPaud i(Pendidikan iAnak iUsia iDini) iPermata iBunda. iThufuLA: iJurnal iInovasi iPendidikan iGuru iRaudhatul iAthfal, iIV(1), i44.

Oktamarina, iL., i& iSari, iF. iK. i(2022). iPengaruh imedia irealia iterhadap ipemahaman igeometri ianak iusia i5-6 itahun idi iTK iNurul iIman iBeringin iMakmur iI iKabupaten iMusi iRawas iUtara iTahun i2021. iJurnal iIlmiah iPotensia, iVII(1), i11-22.

Pahrul, iY. i(2016). iEfektivitas iPermainan iGlass iPainting idalam iMengembangkan iMotorik iHalus iAnak idi iTaman iKanak-Kanak iMutiara iAnanda iPadang. iUniversitas iNegeri iPadang. iPadang i: iskripsi itidak idipublikasikan.

Rustiyanti, iD.W. i(2014). iPeningkatan iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri iAnak iUsia iMelalui iPermainan iDakon iGeometri iPada iAnak iKelompok iA idi iTK iArum iPuspita iTriharjo iPandak iBantul. iUniversitas iNegeri iYogyakarta. iDiakses ipada i16 iJuni i2022. ijam i22.07 iwib.

Sumartini, iS. i(2018). iPenerapan iPermainan iPindah iKamar iDalam iMenumbuh iKembangkan iKemampuan iMengenal iBentuk iGeometri iPada iAnak iUsia iDini. iComm-Edu i(Community iEducation iJournal), iI(2), i88-93.

Tafonao, iT. i(2018). iPeranan iMedia iPembelajaran iDalam iMeningkatkan iMinat iBelajar iMahasiswa. iJurnal iKomunikasi iPendidikan, iII(2), i103.

Wahyuningsih. i(2021). iPengenalan iWarna idan iBentuk iGeometri iDengan iMedia iBalok iPada iAnak iUsia i5-6 iTahun idi iTK iPertiwi i2 iJeron iNogosari iBoyolali. iJurnal iEducatio iFKIP iUNMA, iVII(2), i410-418.

Zega, iB. iK. i(2021). iPengaruh iPerkembangan iKognitif iPada iAnak. iJurnal iTeologi idan iPendidikan iKristen, iIII(1), i17-24.

Zurlita, iL. idkk. i(2022). iPengembangan iMedia iRoda iPutmetri iPada iAnak iUsia iDini. iJurnal iIlmiah iMahasiswa iPendidikan iAnak iUsia iDini i(JIM iPAUD), iVII(2), i57-68.

ar iUntuk iMeningkatkan iKemampuan iMengenal iBentuk iGeo

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Tatiana, T., Amalia, R., Joni, J., Daulay, M. I., & Alim, M. L. (2024). Pengaruh Media Sticky Magnetic Board terhadap Kemampuan Pengenalan Bentuk Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Bunda . Journal of Education Research, 5(2), 2214–2221. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.547

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check