Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII Berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Andi Paida Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.375

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar. Masalah yang terdapat pada penelitian ini yakni bagaimana kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di VII SMP Muhammadiyah Makassar. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis yaitu menulis teks tanggapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan pada bab sebelumnya maka disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis struktur teks tanggapan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar dalam menganalisis struktur teks tanggapan sesuai ketiga aspek tersebut kategori mampu.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 4(2), 161-174.

Bahri, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks, 3(2), 93-102.

FAUZIAH, Q. (2023). Penerapan Metode Wawancara Narasumber Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 77-83.

Ikhsan, M. A., Septyanti, E., & Zulhafizh, Z. (2022). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 13-18.

Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 53-63.

Marisca, P. A., & Samhati, S. (2016). Kemampuan Menulis Tanggapan Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN I WAY JEPARA. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(3 Jul).

Mustadi, A., Dwidarti, F., Ariestina, H., Elitasari, H. T., Darusuprapti, F., Asip, M., & Ibda, H. (2021). Bahasa dan Sastra Indonesia SD berorientasi kurikulum merdeka. UNY Press.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166-177.

Permanasari, D. (2017). Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2).

Saleh, M. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi komplek melalui model STAD pada siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 95-101.

Setyowati, E. (2021). Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar). Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 121-127.

Simamora, C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sijamapolang Tahun Pembelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32.

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144.

Widarsih, O., Hamzah, S., & Yulistio, D. (2018). Perbedaan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Kritis Siwa Kelas Ix Smpn 3 Bengkulu Utara Dengan Siswa Kelas Ix Smpn 10 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 83-92.

Wahyuni, S., Yusuf, Y., & Subhayni, S. (2017). Kemampuan Menulis Tanggapan Deskripsi Berdasarkan Media Gambar Pada Siswa Kelas Vii MTsN Tungkop. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 429-437.

Waruwu, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167-173.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Andi Paida. (2023). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII Berbasis Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 4(3), 1320–1325. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.375

Issue

Section

Articles

Citation Check