Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Siswa Kelas VII Berbasis Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.375Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks tanggapan berdasarkan film pendek siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar. Masalah yang terdapat pada penelitian ini yakni bagaimana kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas VII berbasis kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di VII SMP Muhammadiyah Makassar. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis yaitu menulis teks tanggapan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes tertulis. Data yang terkumpul dalam penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasaan pada bab sebelumnya maka disimpulkan bahwa kemampuan menganalisis struktur teks tanggapan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar dalam menganalisis struktur teks tanggapan sesuai ketiga aspek tersebut kategori mampu.
Downloads
References
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audiovisual pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 4(2), 161-174.
Bahri, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dengan Menggunakan Metode Cush Word. Jurnal Konfiks, 3(2), 93-102.
FAUZIAH, Q. (2023). Penerapan Metode Wawancara Narasumber Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 77-83.
Ikhsan, M. A., Septyanti, E., & Zulhafizh, Z. (2022). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Pancasila Kecamatan Tanjung Beringin. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 4(1), 13-18.
Imawati, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Teks Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 53-63.
Marisca, P. A., & Samhati, S. (2016). Kemampuan Menulis Tanggapan Deskripsi Siswa Kelas VII SMPN I WAY JEPARA. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(3 Jul).
Mustadi, A., Dwidarti, F., Ariestina, H., Elitasari, H. T., Darusuprapti, F., Asip, M., & Ibda, H. (2021). Bahasa dan Sastra Indonesia SD berorientasi kurikulum merdeka. UNY Press.
Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166-177.
Permanasari, D. (2017). Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumber jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2).
Saleh, M. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi komplek melalui model STAD pada siswa SMA. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 95-101.
Setyowati, E. (2021). Bahan Ajar Menulis Esay dengan Media Herbarium Berbasis Kearifan Lokal (Studi Pengembangan pada Kurikulum Merdeka Belajar). Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 121-127.
Simamora, C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Deskriptif Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Sijamapolang Tahun Pembelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Suprianto, E. (2020). Implementasi Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 22-32.
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(1), 128-144.
Widarsih, O., Hamzah, S., & Yulistio, D. (2018). Perbedaan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan Kritis Siwa Kelas Ix Smpn 3 Bengkulu Utara Dengan Siswa Kelas Ix Smpn 10 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 83-92.
Wahyuni, S., Yusuf, Y., & Subhayni, S. (2017). Kemampuan Menulis Tanggapan Deskripsi Berdasarkan Media Gambar Pada Siswa Kelas Vii MTsN Tungkop. JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(4), 429-437.
Waruwu, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167-173.
Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2022). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Andi Paida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).