Analisis Manajemen Berbasis Sekolah pada Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1456Keywords:
Manajemen berbasis sekolah, sekolah menengah kejuruan, studi literaturAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan penyaringan, review, klasifikasi, dan analisis temuan dari artikel-artikel ilmiah terkait MBS yang dipublikasikan antara 2019 hingga 2023. Data diperoleh dari Google Scholar dan dianalisis dengan tahapan membaca literatur, mengidentifikasi konsep kunci, mengkategorikan konsep, menganalisis metode penelitian, subjek penelitian, serta menyusun kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MBS di SMK memberikan manfaat signifikan seperti fleksibilitas dalam menyusun kurikulum sesuai kebutuhan industri lokal dan peningkatan partisipasi berbagai pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan MBS berpotensi besar untuk meningkatkan mutu pendidikan dan relevansi keterampilan siswa dengan kebutuhan industri. Dengan mengatasi tantangan-tantangan tersebut, MBS dapat menjadi strategi efektif untuk menciptakan pendidikan kejuruan yang lebih responsif dan relevan.
Downloads
References
Akib, M., Natsir, M., & Indrijawati, A. (2023). Akuntabilitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada sekolah menengah pertama di kabupaten kolaka timur. JPEP (Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan), 8(1), 38–51.
Andriyan, A., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi penerapan dan pengelolaan manajemen berbasis sekolah: literatur review. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 14–27.
Asqolani, A. (2022). Mengukur Akuntabilitas Dana Bantuan Operasional Sekolah. Journal of Applied Managerial Accounting, 6(1), 59–80.
Ayeni, A. J., & Bamire, F. B. (2022). The Role of School-Based Management and Students’ Academic Performance in Secondary Schools in Owo Local Government Area of Ondo State, Nigeria. In International Journal of Education, Teaching, and Social Science (Vol. 2, Issue 3).
Firmansyah, F., Nurlaili, N., Gede Mulawarman, W., & Rachmawaty, N. (2024). Evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada Program Praktik Kerja Lapangan di SMK Balikpapan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 453–468.
Fitrisna, H., & Sabandi, A. (2024). Kepuasan Guru Terhadap Aplikasi E-Rapor di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kelompok Bisnis Manajemen Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 2358–2365.
Hasibuan, S. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lempuing Jaya. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, 02(05), 46–52. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Hasibuan, S. M. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. TADRIBUNA: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 1–9.
Hasna, A., & Mardizal, J. (2023). Evaluasi Program Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Negeri 1 Padang. Jurnal Applied Science in Civil Engineering, 4(4), 427–433.
Kenedi, J., & Batulante, A. (2024). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Pada Smk Negeri 3 Sumbawa Besar). In Jurnal Kependidikan (Vol. 8, Issue 2).
Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Daya Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63–80.
Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.
Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi Pemberdayaan Sekolah sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 799–816.
Patriansyah, W., Harianja, N., & Lona, R. T. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Mendukung Pelayanan Administrasi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Padangsidimpuan. 1(1).
Paulina, T., & Patimah, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Manajemen Mutu di SMAN 2 Gading Rejo. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 189–206.
Radhiah, R., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah SMK DI Kecamatan Karangmojo. Media Manajemen Pendidikan, 4(2), 238–247.
Rahmadani, P. N., Arthur, R., & Maulana, A. (2023). Integrasi Konsep Literasi Vokasional untuk Mengembangkan Berpikir Kritis pada Siswa SMK: Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12), 817–826.
Reza, M. F. (2023). Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Komputer dan Jaringan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2).
Ridwan, M. (2021). Pembangunan Sumber Daya Manusia Pada Sekolah Kejuruan Di Indonesia: Tantangan Dan Peluang Di Era Revolusi Industri 4.0. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 1–10.
Rozak, A., & Az-Ziyadah, A. I. (2021). Kebijakan pendidikan di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208.
Setiawati, I. (2023). Pengaruh Peran Kepala Sekolah dan Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu Sekolah. Edum Journal, 6(1), 1–17.
Subagyo, H., & Rahmatullah, A. S. (2023). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 798–812.
Suryana, N., & Rahmat Fadhli, E. M. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah Solusi Wujudkan Sekolah yang Otonom dan Mandiri. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Syhani, M. I., & Ikasari, I. H. (2023). Systematic Litelature Review: Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Kinerja Karyawan. JRIIN: Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 1(1), 141–146.
Tujiyono, T. (2023). Peran Komite bagi Kemajuan Sekolah dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Edukasi, 1(1), 93–102.
Wardhany, F. S., Suwondo, S., Budi, I. F., & Jalinus, N. (2024). Implementasi Program Revitalisasi Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3246–3252.
Wardi, S., & Elisa, E. (2023). Evaluasi Model Cipps (Context, Input, Process, Product) Program Beasiswa Masjid Raya Mujahidin Pontianak Kalimantan Barat Pasca Pandemi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 9224–9243.
Yulfizar, S. (2023). The Influence of School-Based Management on the Quality of Education in Private Vocational High Schools and Its Impact on employment Competitiveness. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 3(1), 7–13.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ilvi Nirma Husni, Muhammad Giatman, Ernawati Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).