Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IIS Berbasis Pragmatik
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1291Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa guru dan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI IIS dua MAN lima JOMBANG pada materi drama, berdasarkan maksim prinsip kesantunan berbahasa Geoffrey Leech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI IIS dua MAN lima JOMBANG. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan rekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI IIS dua MAN lima JOMBANG pada materi drama terdapat tuturan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan yang dituturkan oleh guru dan peserta didik. Tuturan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa juga ditemukan pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan yang dituturkan oleh peserta didik.
Downloads
References
Arifah. 2019. “Kesantunan Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa Madrasah Diniyah AlAkbar Bungbungan Bluto Sumenep”. AL-IMAN: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol. 3 No.2 2019.
Asdar, Hamsiah, A. Vivit Angreani. 2019. “Kesantunan Bahasa Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Negeri 35 Makassar”. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science. 1. 1.
Alfa, Yunanfathur. 2021. “Pelanggaran Maksim Percakapan pada Prinsip Kerjasama Grice dalam Film Ballon Tahun 2018 Karya Michael Herbig”. E-Journal Identitaet, Volume 10, Nomor 02, Tahun 2021.
Desy, Fathur. 2017. “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka 6 (1) (2017).
Halliday, M.A.K; Ruqaiya Hasan. (1994). Bahasa Konteks dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. (Terjemahan Asruddin Barori Tou). Yogyakarta: UGM Press. (Buku asli tahun terbit 1985).
Harun Muhammad. 2021. “Kesantunan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar”. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hilmy. 2021. “Kesantunan Berbahasa Siswa Dalam Media Sosial Pada Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah NU Gondang Sragen Tahun 2020/2021”. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 2021.
Mahsun, M.S. 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Moeleong, Lexi J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novia dkk. 2019. Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume III, Nomor I, April 2019.
Paulus Wirotomo, 2004. Konstruksi Jaring Pranata Sosial Untuk Penguatan Ketahanan Sosial (Kerangka Konseptual), Makalah Diskusi Pakar tentang Membangun Jaring Pranata Sosial Dalam Penguatan Ketahanan Sosial Masyarakat. Jakarta: Pusat Pengembangan Ketahanan Sosial Masyarakat. Balatbang Depsos RI.
Searle, J. 1969. Speech act: an essay in the phylosophy of language. London: Cambridge University Press.
Sudaryanto. 1992. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Jayanti, Mey, and Subyantoro Subyantoro. 2019. “Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Teks Di Media Sosial.” Jurnal Sastra Indonesia 8(2).
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Setianik Setianik, Susi Darihastining, Eva Eri Dia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).