Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IIS Berbasis Pragmatik

Authors

  • Setianik Setianik Universitas PGRI Jombang, Indonesia
  • Susi Darihastining Universitas PGRI Jombang, Indonesia
  • Eva Eri Dia Universitas PGRI Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa guru dan peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI IIS dua MAN lima JOMBANG pada materi drama, berdasarkan maksim prinsip kesantunan berbahasa Geoffrey Leech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas XI IIS dua MAN lima JOMBANG. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan rekaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI IIS dua MAN lima JOMBANG pada materi drama terdapat tuturan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan yang dituturkan oleh guru dan peserta didik. Tuturan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa juga ditemukan pada maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatisan yang dituturkan oleh peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah. 2019. “Kesantunan Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa Madrasah Diniyah AlAkbar Bungbungan Bluto Sumenep”. AL-IMAN: Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. Vol. 3 No.2 2019.

Asdar, Hamsiah, A. Vivit Angreani. 2019. “Kesantunan Bahasa Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Negeri 35 Makassar”. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science. 1. 1.

Alfa, Yunanfathur. 2021. “Pelanggaran Maksim Percakapan pada Prinsip Kerjasama Grice dalam Film Ballon Tahun 2018 Karya Michael Herbig”. E-Journal Identitaet, Volume 10, Nomor 02, Tahun 2021.

Desy, Fathur. 2017. “Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Seloka 6 (1) (2017).

Halliday, M.A.K; Ruqaiya Hasan. (1994). Bahasa Konteks dan Teks: Aspek-aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial. (Terjemahan Asruddin Barori Tou). Yogyakarta: UGM Press. (Buku asli tahun terbit 1985).

Harun Muhammad. 2021. “Kesantunan Berbahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar”. Tesis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hilmy. 2021. “Kesantunan Berbahasa Siswa Dalam Media Sosial Pada Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah NU Gondang Sragen Tahun 2020/2021”. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 2021.

Mahsun, M.S. 2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Moeleong, Lexi J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Novia dkk. 2019. Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, Volume III, Nomor I, April 2019.

Paulus Wirotomo, 2004. Konstruksi Jaring Pranata Sosial Untuk Penguatan Ketahanan Sosial (Kerangka Konseptual), Makalah Diskusi Pakar tentang Membangun Jaring Pranata Sosial Dalam Penguatan Ketahanan Sosial Masyarakat. Jakarta: Pusat Pengembangan Ketahanan Sosial Masyarakat. Balatbang Depsos RI.

Searle, J. 1969. Speech act: an essay in the phylosophy of language. London: Cambridge University Press.

Sudaryanto. 1992. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Jayanti, Mey, and Subyantoro Subyantoro. 2019. “Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Pada Teks Di Media Sosial.” Jurnal Sastra Indonesia 8(2).

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Setianik, S., Darihastining, S., & Dia, E. E. (2024). Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IIS Berbasis Pragmatik. Journal of Education Research, 5(2), 2421–2430. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1291

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)