Pengembangan Media Game Adventure of Blood Berbasis Role Play Peredaran Darah Manusia

Authors

  • Alviatul Munawaroh Pendidikan Magister Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1179

Keywords:

Game Adventure of Blood, Role Play, Peredaran Darah

Abstract

Pelaksanaan metode role play pada materi sistem peredaran darah menggunakan media kertas memiliki kekurangan yaitu efisiensi waktu, kondusifitas, dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi. Maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan permainan role play tradisional menjadi media game adventure of blood berbasis role play modern dengan gadget dan komputer. Tujuan penelitian yaitu mengukur validitas dan efektifitas media game adventure of blood berbasis role play. Jenis penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian dua puluh tiga siswa kelas lima SDN Barurambat Kota lima Pamekasan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, Pretest Posttest, dan dokumentasi. Uji coba desain One Group kepada dua puluh tiga siswa. Hasil penelitian menunjukkan skor persentase ahli materi sembilan puluh satu, ahli media delapan puluh sembilan persen, praktisi pembelajaran delapan puluh enam persen, dan ahli Bahasa delapan puluh lima persen kategori sangat layak. Nilai kepraktisan media sembilan puluh lima persen sangat praktis. Rerata penilaian pakar delapan puluh delapan persen kategori sangat layak. Hasil belajar  efektif meningkatkan hasil belajar. Media pembelajaran interaktif valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas lima SDN Barurambat Kota lima Pamekasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Aly dan Eny Rahma. 2022. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alif Agung Wicaksono, Lola Depra, Silva Maharani, Syahrial, Silvina Noviyanti. 2022. “Media Digital Dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, May. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4290.

Fatkhil Azizatunnisa, dkk. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 6. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1071.

Fitra, Julsyam, and Hasan Maksum. 2021. “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Powntoon Pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4 (1): 1. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.31524.

Halim, Amar. 2023. “Pemanfaatan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MIN 19 Bireuen Dengan Materi Sumber Daya Alam.” Jurnal Pendidikan Indonesia 4 (05): 416–27. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1762.

Hamid, Solihin Ichas, Dinie Anggraeni Dewi, Andika Rizky Nugraha, Wahdini Rohmah Jaelani, and Yessi Vichaully. 2021. “Implementasi Nilai Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dengan Model Pembelajaran Role Playing Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (6): 5731–38. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1602.

Hardiyanti, Hardiyanti, Muh Khalifah Mustami, and Andi Mu’nisa. 2020. “PENGEMBANGAN GAME PUZZLE BERBASIS CONSTRUCT 2 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SELAYAR.” Biolearning Journal 7 (1): 6–11. https://doi.org/10.36232/jurnalbiolearning.v7i1.503.

Hasan, Susanti H., and Laroma Larumbia. 2021. “Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial.” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika 5 (2): 271–77. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139.

Hasrian Rudi Setiawan dan Achmad Bahtiar. 2023. Monograf Metode Role Play (Upaya Peningkatan Motivasi & Hasil Belajar Peserta Didik. Medan: Umsu Press.

Hendra, dkk. 2023. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktek). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hendriani, Maifit, and Meria Ultra Gusteti. 2021. “Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri Untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital.” Jurnal Basicedu 5 (4): 2430–39. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243.

Izza, Mar’atul, Sukamti Sukamti, and Sri Estu Winahyu. 2021. “Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tema 4 Pada Siswa Kelas V SD.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 1 (8): 660–64. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p660-664.

Kadek Ikken Ayu Sadewi, I Ketut Ardana, I Komang Ngurah Wiyasa. 2020. “Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.” Journal for Lesson and Learning Studies 3.

Magdalena, Ina, Aan Nurchayati, Defitriana Pramesti Suhirman, and Nisrina Nur Fathya. 2023. “Implementasi Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” ANWARUL 3 (5): 960–69. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1431.

Mita Fitria. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Di MTsN 1 Banda Aceh.” Banda Aceh: Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Salvator Sewi Sangi. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11153.

Salvator Sewi Sangi dan Julius Bata. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas V Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11153.

Sri Adhi Endaryati, Sri Adhi Endaryati. 2023. “PENGEMBANGAN MEDIA KONKRET BERBENTUK VELG RUJI ENERGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR.” Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), October, 31–40. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v9i1.111.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, DanR&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti Susanti, Tatat Hartati, Pupun Nuryani. 2021. “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 6 (April):1–12.

Su’udi. 2022. Pembelajaran Kontruktivistik PAI Dan Budi Pekerti Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Syukur Ghazali. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Pendekatan Komunikatif – Interaktif . Bandung: PT. Refika Aditama.

Tariza Fairuz. 2021. Teori Dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Tawaffani Muslimah dan An Nuril Maulida Fauziah. 2021. “Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.” PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains 9 (July):234–41.

Winangsih, Eka, and Risma Delima Harahap. 2023. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7 (1): 452–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4433.

Yusnarti, Mulya, and Lili Suryaningsih. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2 (3): 253–61. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Munawaroh, A. (2024). Pengembangan Media Game Adventure of Blood Berbasis Role Play Peredaran Darah Manusia. Journal of Education Research, 5(2), 2431–2441. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1179

Issue

Section

Articles

Categories