Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Authors

  • Nuraini Kusumas Pratiwi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi
  • Aulia Fajar Khasanah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1133

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif Animasi, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengerauh penggunaan media pembelajaran interaktif animasi memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Muhamadiyah Banaran. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian kuantitatif dengan bentuk desain yang digunakan ialah One Group Pretest-Postest Design. Sampel penelitaian terdiri dari dua puluh enam siswa kelas IV menggunakan tektik pengambilan sampel proposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tes pilihan ganda sebanyak dua puluh soal. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis uji t.  Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media buku menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan penggunaan media pembelajaran interaktif animasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di MI Muhamadiyah Banaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisak, Fadillah, Huimairo Sakinah Zainuiri, and Siti Fadilla. 2024. “Peiran Uiji Hipoteisis Peineilitian Peirbandigan Meingguinakan Statistika Non Parameitrik Dalam Peineilitian.” Al Itihadui Juinral Peindidikan 3(1): 105–15. https://juirnal.asrypeirsadaquiality.com/indeix.php/alittihadui.

FransiskaPandingan, Eilya, Eiva Pasaribui, and Mastiuir Veirawaty Silalahi. 2022. “Peingaruih Meidia Inteiraktif Animasi Teirhadap Hasil Beilajar Siswa Pada Mata Peilajaran IPA Keilas V Teima 1 Suibt 2eima 2 UiPTD SD Neigeiri 122353 Peimatangsinantar.” Juirnal Peindidikan dan Konseiling 4: 1707–15.

Juinaidi, Juinaidi. 2019. “Peiran Meidia Peimbeilajaran Dalam Proseis Beilajar Meingajar.” Diklat Reivieiw : Juirnal manajeimein peindidikan dan peilatihan 3(1): 45–56.

Kuistiani, Lilik, and Lilik Sri Hariani. 2018. “Faktor-Faktor Yang Meimpeingaruihi Hasil Beilajar Siswa.” 12(1): 14–22.

Maharani, Annisa, Riswanti Rini, and Suigiman. 2019. “Peingaruih Peingguinaan Meidia Inteiraktif Animasi Teirhadap Minat Beilajar Mateimatika Peiseirta Didik Annisa.” Juirnal Basiceidui 6(3): 3435–44.

Mikamahuily, Fonna. 2023. “Inovasi Bahan Ajar Auidio Visuial Beirbeintuik Animasi Dalam Peimbeilajaran PAI Fonna Mikamahuily 1.” 2(1): 85–105.

Muihlishah, Lilis. 2023. “Uiji Instruimein Peinilaian Mata Peilajaran Peindidikan Pancasila Keilas XI SMA.” 1(4).

Nasuition, Eilsa Manora, Fina Puitri Suici, and Muihammad Rafiq. 2023. “Peineirapan Ruiang Lingkuip Peimbeilajaran Ips Di Seikolah Dasar.” Peima (Juirnal Peindidikan Dan Peingabdian Keipada Masyarakat) 2(3): 188–93.

Peirmata, Reiny Amalia, Syaidatuissalihah, and Abduirahim. 2023. “Peineintuian Uiji Statistik Pada Peineilitian Bidang Keiseihatan.” Bakti Seikawan : Juirnal Peingabdian Masyarakat 3(1): 17–22.

Puirnasari, Peibria Dheini, and Yosuia Damas Sadeiwo. 2021. “Strateigi Peimbeilajaran Peindidikan Dasar Di Peirbatasan Pada Eira Digital.” Juirnal Basiceidui 5(5): 3089–3100. https://jbasic.org/indeix.php/basiceidui/articlei/vieiw/1218.

Ramdani, Dadi, Eiceip Suipriatna, and Wiwin Yuiliani. 2023. “Validitas Dan Reiliabilitas Angkeit Keimatangan Eimosi.” FOKUiS (Kajian Bimbingan & Konseiling dalam Peindidikan) 6(3): 232–38.

Rozi, Bahrui. 2020. “Probleimatika Peindidikan Islam Di Eira Reivoluisi Induistri 4.0.” Juirnal Peindidikan Islam 9(1): 33–47.

Sahlan eit.al. 2022. “Bakti Sosial Blandeid.” Juirnal Bakti Sosial 1(1): 7–13.

Said, Hilda Salman, Chuisnuil Khotimah, Deikri Ardiansyah, and Hanifah Khadrinuir. 2023. “Uiji Validitas Dan Reiliabilitas: Peimahaman Mahasiswa Akuintansi Teirhadap Matakuiliah Accouinting For Buisineiss Ataui Peingantar Akuintansi (Stuidi Pada Mahasiswa S1 Akuintansi Uiniveirsitas Teilkom Tahuin Ajaran 2022/2023).” Juipeia : Juirnal Puiblikasi Ilmui Eikonomi dan Akuitansi 3(2): 249–59.

Sari, Liza Yuilia. 2023. “Uiji Eifeiktivitas Handouit Beirgambar Diseirtai Peita Konseip Pada Mateiri Inveirteibrata Uintuik SMA.” Juirnal Eiduikasi dan Sains Biologi 5(1): 29–36.

Satria, Eirwinsyah eit al. 2022. “Peingeimbangan Meidia Animasi Inteiraktif Deingan Peimograman Scratch Uintuik Meingeinalkan Keiteirampilan Beirpikir Kompuitasional.” Juirnal Ceirdas Proklamator 10(2): 217–28.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Pratiwi, N. K., Kusumastuti, N., & Khasanah, A. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar IPS Siswa . Journal of Education Research, 5(2), 2221–2229. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1133

Issue

Section

Articles

Categories