The Role of the School Principal in Managing Teacher Human Resources for Merdeka Curriculum Implementation: Case Study at SDN Sugihwaras 01
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1104Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peran kepala sekolah dalam mengelola SDM untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti berusaha memahami makna peristiwa serta interaksi dengan melibatkan kepala sekolah dan guru, sehingga peneliti dapat memahami konsep serta peran kepala sekolah dalam mengelola SDM guru untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kegiatan home visit sebagai upaya untuk membina hubungan kekeluargaan dengan guru. Kepala sekolah menjadi figur inspiratif dengan berbekal pengalaman melalui partisipasi dalam lomba kepala sekolah inspiratif. Kepala sekolah bersama guru menciptakan iklim kerja yang kondusif dengan menumbuhkembangkan rasa memiliki terhadap sekolah. Kepala sekolah melibatkan guru dalam menciptakan program Sugih Waras yang mendukung implementasi kurikulum merdeka. Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka membuat guru lebih professional melalui berbagai macam kegiatan pembinaan maupun pelatihan.
Downloads
References
Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–16. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175
Kemendikbudristek. (2022, Februari 12). Luncurkan Kurikulum Merdeka. 12 februari. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/
Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270
Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Merdeka Belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072
Mulyasa. (2023). Konsep-Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah. Universitas Terbuka.
Ritonga, N. A., & Fadhli, M. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Yang Kondusif di SD IT Ummi Aida Medan. In Continuous Education : Journal of Science and Research (Vol. 1, Nomor 1). http://pusdikra-publishing.com/
Saputra, A. Y., & Ramadan, Z. H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3946–3954. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114
Siregar, M. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Climator Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam …, 2(2). http://repository.uinsu.ac.id/
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Waty, S. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SD Negeri 1 Mata Ie Aceh Besar PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala Jurnal Ilmiah Mahasiswa : Elementary Education Research Pendahuluan Pendidikan sekola. 7(4), 149–153. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mustiko Setyaning Budi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).