The Role of the School Principal in Managing Teacher Human Resources for Merdeka Curriculum Implementation: Case Study at SDN Sugihwaras 01

Authors

  • Mustiko Setyaning Budi STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peran kepala sekolah dalam mengelola SDM untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Peneliti berusaha memahami makna peristiwa serta interaksi dengan melibatkan kepala sekolah dan guru, sehingga peneliti dapat memahami konsep serta peran kepala sekolah dalam mengelola SDM guru untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan kegiatan home visit sebagai upaya untuk membina hubungan kekeluargaan dengan guru. Kepala sekolah menjadi figur inspiratif dengan berbekal pengalaman melalui partisipasi dalam lomba kepala sekolah inspiratif. Kepala sekolah bersama guru menciptakan iklim kerja yang kondusif dengan menumbuhkembangkan rasa memiliki terhadap sekolah. Kepala sekolah melibatkan guru dalam menciptakan program Sugih Waras yang mendukung implementasi kurikulum merdeka. Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka membuat guru lebih professional melalui berbagai macam kegiatan pembinaan maupun pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abrori, M., & Muali, C. (2020). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–16. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jumpa

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947–9957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Kemendikbudristek. (2022, Februari 12). Luncurkan Kurikulum Merdeka. 12 februari. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Malaikosa, Y. M. L. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20270

Megayanti, W., & Asri, K. H. (2022). Transformasi Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Penerapan Merdeka Belajar. Research and Development Journal of Education, 8(2), 771. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14072

Mulyasa. (2023). Konsep-Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah. Universitas Terbuka.

Ritonga, N. A., & Fadhli, M. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Iklim Kerja Yang Kondusif di SD IT Ummi Aida Medan. In Continuous Education : Journal of Science and Research (Vol. 1, Nomor 1). http://pusdikra-publishing.com/

Saputra, A. Y., & Ramadan, Z. H. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3946–3954. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5114

Siregar, M. (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Climator Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam …, 2(2). http://repository.uinsu.ac.id/

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Waty, S. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SD Negeri 1 Mata Ie Aceh Besar PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala Jurnal Ilmiah Mahasiswa : Elementary Education Research Pendahuluan Pendidikan sekola. 7(4), 149–153. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Mustiko Setyaning Budi. (2024). The Role of the School Principal in Managing Teacher Human Resources for Merdeka Curriculum Implementation: Case Study at SDN Sugihwaras 01. Journal of Education Research, 5(2), 1974–1980. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1104

Issue

Section

Articles