Penerapan Metode Talqiyan Fikriyan dalam Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fiqih di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Medan
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1090Keywords:
Talqiyan Fikriyan, Fiqih, BerpikirAbstract
Jika dilihat dari sudut pandang Islam, Pendidikan hari ini masih sangat jauh dari harapan. Misalnya dalam kepribadian Islam, banyak sekali anak didik yang perilakunya jauh dari ajaran Islam, seperti pergaulan bebas, sampai melakukan aborsi, bullying hingga tawuran dan kekerasan yang merenggut nyawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: metode talqiyan fikriyan dalam pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di STP SMP Khoiru Ummah Medan. penerapan metode talqiyan fikriyan pada mata pelajaran Fiqih di STP SMP Khoiru Ummah Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dan wawancara mendalam. Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa: pertama, STP SMP Khoiru Ummah Medan merupakan pendidikan berbasis akidah Islam yang menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah sebagai sumber utama ilmu yang diajarkan pada anak didik. Kedua, metode talqiyan fikriyan sebagai metode pembelajaran untuk membangun kemampuan berpikir anak, dengan melibatkan fakta yang terindera olehnya, kemudian anak memahami ilmu tersebut dan terdorong untuk mengamalkannya dalam kehidupan. Ketiga, Penerapan metode talqiyan fikriyan diyakini mampu meningkatkan kemampuan berpikir anak, karena dalam proses penyampaian ilmu mengajak anak berpikir sesuai realita bukan opini, hingga melahirkan pemahaman yang benar dan membangun berpikir solutif yang Islami.
Downloads
References
Aziz, Fikri, and Ferli Septi Irwansyah. 2019. “Implementasi Metode Talqiyan Fikriyan Pada Pembelajaran Tsaqofah Islam.” Jurnal Perspektif 3(2): 177.
Bahrudin, H E. “Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam Di STP MI Khoiru Ummah Bogor.” : 93–108.
Erlisa, Anita, and Nurussakinah Daulay. 2022. “The Effectiveness of Group Guidance Services in Minimizing Smartphone Addiction.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3): 3852–58.
Mufida, Ariani. 2020. “Guru Menulis : Apa Sih Talaqiyyan Fikriyyan?” artikel, guru menulis. https://khoiruummah.id/apa-sih-talaqiyan-fikriyan/.
Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas. 2023. 2 IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS AQIDAH ISLAM DI STP SMP KHOIRU UMMAH MEDAN Safira Achmad Pane * 1.
News, Muslimah. 2023. “UIY: Dari Sudut Pandang Islam, Keberhasilan Pendidikan Saat Ini Masih Jauh Dari Harapan.” MNews. https://muslimahnews.net/2023/05/13/20007/ (May 13, 2024).
Nurhayati. 2016. “Metode Pembelajaran Talaqqiyan Fikriyan Dalam Mata Pelajaran Saqafah Santri Putri Tingkat Wusta (SMP) Pesantren Panatagama Yogyakarta.”
Rahmah Amini, Nur, Nadlrah Naimi, and Said Ahmad Sarhan Lubis. 2019. “Implementasi Kurikulum Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 11(2): 359–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rita Rahimania, Nadlrah Naimi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).