Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada lembaga Pendidikan

Authors

  • Leny Hartati Manajemen Pendidikan, Universitas Pakuan
  • Nurhayati Nurhayati Manajemen Pendidikan, Universitas Pakuan
  • Nandang Hidayat Manajemen Pendidikan, Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1080

Keywords:

HRM, Keunggulan Bersaing, Lembaga Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan keunggulan bersaing di lembaga pendidikan. Fokusnya terletak pada strategi dan praktik manajemen yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan sumber daya manusia dalam mencapai keunggulan kompetitif. Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Manajemen sumber daya manusia yang didalamnya menggunakan teori Deming yaitu perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), evaluasi (check), tindak lanjut (action), 2) Keunggulan bersaing, 3) Manajemen Sumber daya manusia dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kepustakaan dengan memanfaatkan sumber-sumber perpustakaan yang relevan. Hasilnya diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana manajemen sumber daya manusia dapat menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas dan daya saing di lembaga pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfeinia, R. (2020). Penerapan TQM Pada Lembaga Pendidikan Islam Dalam Perspektif Konsep Edward Deming Dan Joseph Juran. Institute PTIQ.

Bashori, B. (2017). Strategi kompetitif dalam lembaga pendidkan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2).

Firmansyah, Hamdan, dkk, 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan ke-1 cirebon Penerbit Insania

Hadi, S. (2020). Model Pengembangan Mutu Di Lembaga Pendidikan. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 321–347. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Kasmawati, K. (2018). Sumber Daya Manusia Sebagai Sumber Keunggulan Kompetitif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2 (2), 229.

Kholik, A., & Laeli, S. (2020). Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Sekolah Alam Berbasis Model Resource-Based View. Tadbir Muwahhid, 4(1), 73-97.

Khuroidah, A., & Maunah, B. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Dalam Meningkatkan Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing) Pada Lembaga Pendidikan Islam (LPI). Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 4(2), 156-167.

M. M. M. Jagtap and S. N. Teli, “PDCA Cycle As TQM Tool-continuous improvement of warranty,” Int. J. Recent Technol. Mech. Electr. Eng., vol. 2, no. 4, pp. 1–5, 2015, available: http://www.ijrmee.org/index.php/ijrmee/article/view/210

Octavia, Shilphy Afiattresna. 2019. Sikap dan Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: CV Budu Utama Deepublish

Saul, E. Y., & Susilo, Y. S. (2015). Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Bakpia Pathok di Kecamatan Ngampilan Yogyakarta Tahun 2015. Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Sedarmayanti. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi dan Dinamikanya. Bandung: CV Pustaka Setia.

Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17-29.

Susan, Eri. 2019. Manajemen Penididikan Islam. ADAARA; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, volume 9 Volume. 9, No. 2.

Tilman, A. D. A. T. (2023). PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PDCA TERHADAP SEKOLAH EBC FILIAL MAUBISSE. Satya Widya, 39(2), 97-105.

Zaini, M. (2021). Manajemen kepemimpinan profetik upaya meningkatkan kinerja dan tanggung jawab guru di lembaga pendidikan islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 74-85.

Downloads

Published

2024-05-29

How to Cite

Hartati, L., Nurhayati, N., & Hidayat, N. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada lembaga Pendidikan. Journal of Education Research, 5(2), 1980–1987. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1080

Issue

Section

Articles