Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1067Abstract
Lingkungan fisik sekolah memegang peran sangat penting untuk mewujudkan budaya sekolah. Lingkungan fisik sekolah dan profesionalitas guru dapat membentuk budaya sekolah yang kondusif yang mampu memberikan pengalaman bagi tumbuh kembangnya perilaku berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan fisik sekolah dan profesionalitas guru terhadap budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah dua ratus enam puluh siswa, yang berasal dari empat SMP Negeri di Kab. Magetan, dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan Variabel Lingkungan Fisik Sekola terdapat pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Budaya Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Magetan, sedangkan pada Variabel Profesionalitas Guru menunjukkan terdapat pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Magetan.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Kuru, N. K., & Tabancalı, E. (2023). The Relationship between Teachers’ Professional Learning, School Culture, and Teachers’ Demographic Characteristics. International Journal of Educational Research Review, 8(3), 682–696.
Neprializa, N. (2015). Manajemen budaya sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).
Nugraha, A. P. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 221. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4905
Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 43–50.
Rejeki, S., & Supeni, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smk Tunas Nusantara Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan.
Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.
Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: The Urgency of School Organizational Culture Management Against Character Building Students. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121.
Rovika, D. (2019). Hubungan Budaya Sekolah Dan Lingkungan Sekolah Dengan Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.
Sari, D., Dalimunthe, A., & Studies, O. I. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Budaya Sekolah. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 1527–1539.
Sennen, E. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017, 16–21.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.
Suherman, A., & Saondi, O. (2010). Etika Profesi Keguruan Bandung: PT. Refika Aditama.
Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.
Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(2), 47–51.
Downloads
Published
Check index
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Yuli Ariani, Neni Mariana, Sri Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).