Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah

Authors

  • Yuli Ariani Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Sri Setyowati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1067

Abstract

Lingkungan fisik sekolah memegang peran sangat penting untuk mewujudkan budaya sekolah. Lingkungan fisik sekolah dan profesionalitas guru dapat membentuk budaya sekolah yang kondusif yang mampu memberikan pengalaman bagi tumbuh kembangnya perilaku berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan fisik sekolah dan profesionalitas guru terhadap budaya sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah dua ratus enam puluh siswa, yang berasal dari empat SMP Negeri di Kab. Magetan, dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Hasil analisis data menunjukkan Variabel Lingkungan Fisik Sekola terdapat pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Budaya Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Magetan, sedangkan pada Variabel Profesionalitas Guru menunjukkan terdapat pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah SMP Negeri di Kabupaten Magetan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Kuru, N. K., & Tabancalı, E. (2023). The Relationship between Teachers’ Professional Learning, School Culture, and Teachers’ Demographic Characteristics. International Journal of Educational Research Review, 8(3), 682–696.

Neprializa, N. (2015). Manajemen budaya sekolah. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Nugraha, A. P. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 221. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4905

Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. (2023). Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas: Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 43–50.

Rejeki, S., & Supeni, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smk Tunas Nusantara Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan.

Rinto Alexandro, M. M., Misnawati, M. P., & Wahidin, M. P. (2021). Profesi Keguruan (Menjadi Guru Profesional). Gue.

Rohman, H. (2020). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 92–102.

Rony, R. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik: The Urgency of School Organizational Culture Management Against Character Building Students. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 98–121.

Rovika, D. (2019). Hubungan Budaya Sekolah Dan Lingkungan Sekolah Dengan Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar.

Sari, D., Dalimunthe, A., & Studies, O. I. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Budaya Sekolah. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 1527–1539.

Sennen, E. (2017). Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017, 16–21.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 15, Issue 2010). Alfabeta.

Suherman, A., & Saondi, O. (2010). Etika Profesi Keguruan Bandung: PT. Refika Aditama.

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.

Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1(2), 47–51.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Ariani, Y., Mariana, N., & Setyowati, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah . Journal of Education Research, 5(2), 2403–2410. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1067

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)