Hubungan Supervisi Akademik, Pengalaman Mengajar, dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1061Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara supervisi akademik, pengalaman mengajar, kompetensi profesional terhadap kinerja guru, metode Penelitian ini termasuk dalam penelitian non eksperimen atau penelitian ex-post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif, sementara itu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. populasi penelitian pada seribu satu guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Teknik Sampling yang digunakan ini menggunakan metode Cluster Random Sampling. Populasi dari Cluster merupakan sub populasi dari tolal populasi sehingga menjadi tiga ratus sembilan puluh sembilan responden. alat pengumpul data yang digunakan adalah non tes, yaitu berupa angket dan kuesioner. Hasil berdasarkan pengujian korelasi menunjukkan bahwa dilihat dari nilai signifikansi punya hubungan supervisi akademik terhadap kinerja guru, dan untuk korelasi antara pengalaman mengajar dengan kinerja guru menunjukkan ada hubungan berdasarkan dengan nilai signifikan, sedangan untuk kompetensi profesional berdasarkan nilai signifikansi ada hubungan, sehingga kesimpulan bisa di jelaskan dari hasil peneltian rata – rata dari variabel tersebut ada hubungan dengan kinerja guru.
Downloads
References
Alpian, A., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kelengkapan Administrasi Mengajar Terhadap Kualitas Mengajar Guru. Cahaya Pendidikan, 6(1), 25–37. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2357
Atmuji, S., & Suking, A. (2015). Pengaruh kecerdasan sosial, kompetensi profesional dan perilaku guru dalam mengajar terhadap efektivitas pembelajaran pada sma negeri di kecamatan luwuk kabupaten banggai. Jurnal Kependidikan, 12(1), 1–12.
Bado, B., & Adimuntja, R. (2021). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Frater Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 89. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.16557
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02
Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321
Husaini, & Muhammad. (2021). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan. Jurnal Dedikasi Pendiidkan, 5(1), 197–208.
Khoeriyah, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Smp It Yaspida Sukabumi. Ta’dibi, 5(2), 34–38.
Kusumawati, G. A., Kecamatan, U., & Gianyar, B. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 226–231.
Murniasih, Y., Djuniadi, & Rahardjo, T. J. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Guru Di Jepara. Educational Management, 5(2), 148–155.
Paida, A. (2020). Profesional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen, 2(1), 9–16.
Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.834
Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.
Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791
Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALITAS GURU (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi). Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2574
Ramadhanti, N. (2019). Pengaruh Pengalaman Mengajar Dan Banyaknya Pelatihan Yang Pernah Diikuti Terhadap Kinerja Guru Sd Se- Sekbin 1 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Joyful Learning Journal, 2(2).
Sancoko Cahyo H, sugiarti R. (2022). Kinerja Guru dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1531
Tengko, F., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 13. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.203
Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi Akademik Dan Kompetensi Pedagogik Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261
Wiranti, R. (2021). Pengaruh pengalaman mengajar dan motivasi mengajar terhadap profesionalisme guru taman kanak-kanak se-kecamatan Way Jepara. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.297
Zulfika, Yusrizal, & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(3), 192–198.
Downloads
Published
How to Cite
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Sri Mulyanti, Nunuk Hariyati, Dewie Tri Wijayati Wardoyo, Amrozi Khamidi, Karwanto Karwanto, Mohammad Syaidul Haq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).