Hubungan Supervisi Akademik, Pengalaman Mengajar, dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru

Authors

  • Sri Mulyanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dewie Tri Wijayati Wardoyo Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Mohammad Syaidul Haq Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1061

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara supervisi akademik, pengalaman mengajar, kompetensi profesional terhadap kinerja guru, metode Penelitian ini termasuk dalam penelitian non eksperimen atau penelitian ex-post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif, sementara itu jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. populasi penelitian pada seribu satu guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Teknik Sampling yang digunakan ini menggunakan metode Cluster Random Sampling. Populasi dari Cluster merupakan sub populasi dari tolal populasi sehingga menjadi tiga ratus sembilan puluh sembilan responden. alat pengumpul data yang digunakan adalah non tes, yaitu berupa angket dan kuesioner. Hasil berdasarkan pengujian korelasi menunjukkan bahwa dilihat dari nilai signifikansi punya hubungan supervisi akademik terhadap kinerja guru, dan untuk korelasi antara pengalaman mengajar dengan kinerja guru menunjukkan ada hubungan berdasarkan dengan nilai signifikan, sedangan untuk kompetensi profesional berdasarkan nilai signifikansi ada hubungan, sehingga kesimpulan bisa di jelaskan dari hasil peneltian rata – rata dari variabel tersebut ada hubungan dengan kinerja guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alpian, A., Harapan, E., & Kesumawati, N. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kelengkapan Administrasi Mengajar Terhadap Kualitas Mengajar Guru. Cahaya Pendidikan, 6(1), 25–37. https://doi.org/10.33373/chypend.v6i1.2357

Atmuji, S., & Suking, A. (2015). Pengaruh kecerdasan sosial, kompetensi profesional dan perilaku guru dalam mengajar terhadap efektivitas pembelajaran pada sma negeri di kecamatan luwuk kabupaten banggai. Jurnal Kependidikan, 12(1), 1–12.

Bado, B., & Adimuntja, R. (2021). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Frater Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 89. https://doi.org/10.26858/jekpend.v4i1.16557

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Eliyanto, E., & Wibowo, U. B. (2013). Pengaruh Jenjang Pendidikan, Pelatihan, Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2321

Husaini, & Muhammad. (2021). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan. Jurnal Dedikasi Pendiidkan, 5(1), 197–208.

Khoeriyah, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Smp It Yaspida Sukabumi. Ta’dibi, 5(2), 34–38.

Kusumawati, G. A., Kecamatan, U., & Gianyar, B. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 226–231.

Murniasih, Y., Djuniadi, & Rahardjo, T. J. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Guru Di Jepara. Educational Management, 5(2), 148–155.

Paida, A. (2020). Profesional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Jurnal Manajemen, 2(1), 9–16.

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.834

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALITAS GURU (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi). Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2574

Ramadhanti, N. (2019). Pengaruh Pengalaman Mengajar Dan Banyaknya Pelatihan Yang Pernah Diikuti Terhadap Kinerja Guru Sd Se- Sekbin 1 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Joyful Learning Journal, 2(2).

Sancoko Cahyo H, sugiarti R. (2022). Kinerja Guru dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Rokania, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1531

Tengko, F., Limbong, M., & Kailola, L. G. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Tondon Kabupaten Toraja Utara. Attractive : Innovative Education Journal, 3(1), 13. https://doi.org/10.51278/aj.v3i1.203

Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi Akademik Dan Kompetensi Pedagogik Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261

Wiranti, R. (2021). Pengaruh pengalaman mengajar dan motivasi mengajar terhadap profesionalisme guru taman kanak-kanak se-kecamatan Way Jepara. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 27–37. https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.297

Zulfika, Yusrizal, & Ibrahim, S. (2017). Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SD Negeri 2 Calang Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 7(3), 192–198.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Mulyanti, S., Hariyati, N., Wardoyo, D. T. W., Khamidi, A., Karwanto, K., & Haq, M. S. (2024). Hubungan Supervisi Akademik, Pengalaman Mengajar, dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru . Journal of Education Research, 5(3), 3346–3342. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1061

Issue

Section

Articles

Categories

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>